Pentingnya Rekonsiliasi dalam Bisnis

Luthfa
|
May 3, 2021

Dalam kegiatan bisnis, Anda mungkin pernah mendapati pencatatan saldo rekening perusahaan berbeda dengan catatan dari bank. Perbedaan ini sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal, tapi yang paling umum disebabkan oleh kesalahan pencatatan perusahaan (human error).

Jika masalah ini terus berlanjut, penting untuk Anda selaku pemilik perusahaan melakukan rekonsiliasi keuangan secara berkala. Dengan rekonsiliasi, Anda bisa mengetahui letak kesalahan yang menyebabkan perbedaan dalam pencatatan arus kas.

Pengertian Rekonsiliasi Bank

pentingnya rekonsiliasi dalam bisnis

Rekonsiliasi bank sendiri adalah proses penyelarasan informasi sebuah catatan kas menurut perusahaan dan bank. Dalam hal ini, bank secara berkala akan mengirimkan laporan yang berbentuk rekening koran dan berisi informasi tentang keseluruhan transaksi nasabah atau perusahaan.

Rekonsiliasi dilakukan dengan cara membandingkan jurnal penerimaan dan pengeluaran kas dengan rekening koran yang diberikan bank. Saldo yang tertera pada masing-masing laporan akan dicek berdasarkan bukti transaksi yang ada, seperti bukti penyetoran maupun bukti pengambilan dalam periode tertentu.

Pentingnya Rekonsiliasi dalam Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa para pemilik bisnis wajib melakukan rekonsiliasi secara berkala. Rekonsiliasi dalam bisnis dilakukan untuk mengkonfirmasi keakuratan pencatatan dalam rekening kas dan catatan bank.

Kegiatan ini juga bisa membantu pebisnis dalam melakukan pengecekan terkait pengeluaran dan penerimaan yang mungkin belum tercatat oleh perusahaan. Fungsi rekonsiliasi sebenarnya tidak hanya sebatas itu, tapi ada fungsi lain yang juga bisa menguntungkan perusahaan.

Berikut beberapa fungsi rekonsiliasi keuangan untuk bisnis Anda:

  • Sebagai kontrol keuangan

Rekonsiliasi keuangan dapat dijadikan sebagai alat kontrol internal terhadap manajemen kas. Dengan pengecekan yang optimal, Anda dapat mengetahui apakah penggunaan dana sudah tepat atau belum.

Jika dilakukan secara berkala, Anda bisa sekalian mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan saat ini, yang kemudian berpengaruh juga pada kegiatan operasional dan proses pengambilan keputusan.

  • Verifikasi ketelitian pencatatan

Dalam hal ini rekonsiliasi menjadi sebuah media dalam memeriksa kesalahan pencatatan yang dilakukan oleh pegawai keuangan perusahaan.

  • Mengantisipasi terjadinya human error

Fungsi rekonsiliasi dalam bisnis adalah untuk mencegah terjadinya human error. Sebagaimana kita tahu kalau kesalahan atau perbedaan pencatatan arus kas sering kali terjadi akibat kesalahan pegawai dalam memasukkan jumlah nominal.  

  • Sebagai alat untuk mendeteksi kecurangan

Kegiatan rekonsiliasi ternyata juga bisa dijadikan alat untuk mendeteksi kecurangan. Kecurangan yang dimaksud dalam hal ini berupa transaksi fiktif, pencatatan yang tidak sesuai, serta bentuk kecurangan lainnya di luar kepentingan perusahaan.

  • Sebagai media verifikasi informasi

Rekonsiliasi bisa menjadi media verifikasi informasi klien atas pembayaran produk yang dipesan maupun piutang usaha.

Kapan Sebaiknya Melakukan Rekonsiliasi?

pentingnya rekonsiliasi dalam bisnis

Kegiatan rekonsiliasi dalam bisnis setidaknya dilakukan paling sedikit satu bulan sekali atau setiap akhir bulan. Proses rekonsiliasi dapat dilakukan ketika pihak bank telah mengirimkan data laporan saldo awal kas, transaksi yang terjadi selama satu bulan dan juga saldo akhir kas.

Namun, alangkah baiknya untuk perusahaan melakukan rekonsiliasi setiap hari jika hal tersebut memungkinkan. Dengan rekonsiliasi yang dilakukan setiap hari, Anda dapat lebih cepat menemukan permasalahan yang terjadi dalam akun bank.

Tingkatkan Bisnis Anda dengan OY! Bisnis, Payment Getaway Indonesia Terlengkap

Supaya memudahkan Anda dalam melakukan rekonsiliasi, Anda bisa memanfaatkan layanan disbursement dari OY! Bisnis. Dengan API dan Bulk Disbursement yang dimiliki OY! Bisnis, laporan transaksi keuangan perusahaan dapat dipantau melalui dashboard berbasis web.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur siapa saja yang menjadi pembuat transaksi (maker) dan siapa saja yang menyetujui transaksi (approver). Tentunya hal ini dapat memudahkan proses rekonsiliasi bisnis Anda serta mencegah terjadinya human error. Untuk itulah, mari daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis dan nikmati kenyamanan saat bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023