Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis Online

Arin
|
August 1, 2022

Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis Online - Meskipun masih sering dianggap remeh, tidak bisa dimungkiri jika kegiatan pemasaran merupakan salah satu alasan mengapa suatu bisnis bisa dikenal banyak orang dan memiliki banyak pelanggan.

Saat ini, pemasaran secara digital jauh lebih diminati oleh para pemilik bisnis online maupun konvensional. Alasannya karena pemasaran secara digital dianggap lebih murah, menarik, dan bisa menjangkau pelanggan di area yang lebih luas jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Apalagi di era digital ini, orang-orang bisa mendapatkan informasi tentang apapun hanya dengan bermodalkan internet. Oleh karena itu, kegiatan pemasaran yang tepat akan memungkinkan pelanggan untuk menemukan bisnis online kamu melalui internet dengan mudah.

Yuk, baca artikel yang satu ini untuk mengetahui cara melakukan pemasaran yang tepat agar penjualan bisnis online kamu terus meningkat!

Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis Online

Seperti yang disebutkan di atas, pemasaran secara digital saat ini banyak diminati karena area jangkauannya yang luas, sehingga bisa menarik pelanggan dari luar kota, luar pulau, bahkan hingga luar negeri, dan akhirnya meningkatkan penjualan.

Akan tetapi, dibutuhkan sejumlah biaya untuk bisa merealisasikan hal tersebut. Maka dari itu, para pemilik bisnis juga harus menyiapkan serta menentukan budget khusus untuk kegiatan pemasaran dari jauh-jauh hari, agar bisnis online yang dimiliki juga bisa berkembang dengan lebih cepat.

Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis Online

Wajib bagi pemilik bisnis, baik bisnis skala kecil maupun skala besar, untuk mengetahui cara menyusun budget untuk kegiatan pemasaran bisnis mereka. Nah, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan guna menentukan budget pemasaran untuk bisnis online milikmu.

Menentukan target pasar

Sebelum kamu bisa menentukan besaran budget untuk kegiatan pemasaran, tentunya kamu sebagai pemilik bisnis harus menentukan target pasar terlebih dahulu agar kamu bisa menyusun strategi pemasaran yang tepat dan sesuai.

Promosi yang dilakukan untuk menarik kalangan anak muda pasti akan berbeda dengan promosi untuk kalangan berumur, baik dari konsep, cara penyampaian, hingga sarana promosinya. 

Misalnya, anak muda lebih sering menggunakan sosial media Instagram dan kalangan berumur lebih memilih Facebook sehingga untuk memasang iklan atau promosi di kedua aplikasi tersebut akan diperlukan biaya yang berbeda.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui target pasar dengan jelas agar bisa mengatur budget yang sesuai dan menyiapkan jumlah biaya yang dibutuhkan.

Susun strategi pemasaran

Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis Online

Setelah itu, kamu bisa mulai menentukan target pemasaran dan menyusun strategi yang sesuai. Tentukan tujuan dari kegiatan pemasaran dalam bisnis milikmu. Apakah tujuannya untuk meningkatkan brand awareness, membangun online community, atau yang lain?

Setiap tujuan pastinya membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda-beda. Misalnya, jika kamu hendak meningkatkan brand awareness, maka kamu harus rajin memasang iklan dan berpromosi di media sosial atau toko online milikmu.

Sementara itu, kamu harus rajin mengunggah konten yang interaktif jika tujuan strategi pemasaran kamu adalah untuk membangun online community. Konten yang interaktif akan memancing pelanggan untuk berkomunikasi di halaman toko online kamu sehingga bisa membangun rasa percaya dan nyaman antara pelanggan dengan penjual serta membangun online community yang erat.

Tentukanlah strategi pemasaran yang sesuai dengan tujuan kebutuhan bisnis kamu agar kamu juga bisa menetapkan biaya pemasaran yang sesuai dan tepat sasaran.

Tentukan anggaran untuk pemasaran

Biasanya, budget pemasaran akan meliputi biaya untuk SEO, iklan berbayar, media sosial, blogging, dan iklan tradisional jika ada. Nah, jika kamu sudah menyelesaikan kedua langkah sebelumnya, maka kamu pasti sudah bisa menentukan kisaran biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan pemasaran bisnis online milikmu. 

Sebagai pemilik bisnis, kamu harus menentukan dan menyiapkan budget pemasaran yang paling ideal serta sesuai dengan strategi bisnis yang sudah direncanakan. Tetapi perlu diingat juga bahwa kamu harus menyesuaikan budget tersebut dengan kondisi keuangan bisnis yang kamu miliki.

Sebagai pemilik bisnis, kamu juga bisa mengecek sistem operasional kegiatan pemasaran secara berkala untuk mengetahui apakah strategi yang diterapkan sudah sesuai. Hal ini juga bisa membantu kamu dalam menentukan elemen mana yang kurang tepat dan bisa dihilangkan, sehingga bisa memangkas biaya namun tetap membuat kegiatan pemasaran berjalan secara maksimal.

Teknik pemasaran serta penentuan budget yang tepat merupakan kunci kesuksesan dari suatu bisnis, baik bisnis online maupun konvensional. Tanpa adanya kegiatan pemasaran, maka bisnis tersebut tidak akan bisa melakukan penjualan dengan maksimal. Alhasil, pendapatan yang diperoleh pun tidak optimal.

Nah, setelah membaca artikel di atas, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis online dari sekarang? Jika iya, ayo segera gabung dengan OY! Bisnis dan nikmati semua manfaatnya!

Optimalkan Penjualan Bisnis Online dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang