Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis

Arin
|
June 29, 2022

Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis - Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan sebagai pemilik bisnis untuk membuat bisnis kamu semakin sukses dan dikenal banyak orang adalah dengan menggunakan teknis pemasaran bisnis yang tepat.

Pemasaran dalam bisnis adalah suatu kegiatan dalam usaha dimana suatu pihak mempromosikan produk ataupun jasa kepada konsumen. Konsumen yang dimaksud sendiri bisa berupa masyarakat umum, target pasar, hingga mitra bisnis. 

Kegiatan yang satu ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan minat konsumen terhadap produk yang dijual sehingga mereka tertarik untuk membeli produk tersebut. 

Sayangnya, masih ada banyak pemilik bisnis yang menyepelekan pengaruh dari pemasaran dalam bisnis. Padahal, dengan teknik pemasaran bisnis yang tepat, maka tingkat penjualan bisnis mereka bisa meningkat dengan pesat.

Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pemasaran dalam bisnis merupakan suatu kegiatan untuk mempromosikan atau menawarkan produk yang dijual ke kalangan konsumen guna menumbuhkan minat mereka untuk membeli produk tersebut.

Pemasaran bisnis juga perlu diperhatikan dan dilakukan dengan sebaik mungkin agar pemilik bisnis bisa mengenal calon konsumen sehingga produk yang dijual bisa dipasarkan ke kalangan pelanggan yang tepat. 

Selain hal-hal tersebut, berikut adalah beberapa alasan mengapa pemasaran dalam bisnis merupakan suatu hal yang penting dan harus diperhatikan oleh semua pemilik bisnis agar usaha mereka sukses.

Memberikan info produk secara lengkap

Saat melakukan kegiatan pemasaran dalam bisnis dan menawarkan produk ke konsumen, kamu harus memberikan informasi yang detail mengenai produk yang akan dijual. Maka dari itu, kamu harus menyajikan informasi ini dengan semenarik mungkin.

Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis

Baik informasi mengenai manfaat dari produk, harga, kelebihan, hingga komposisi, semuanya merupakan hal-hal yang mempengaruhi keputusan konsumen sebelum membeli suatu produk.

Biasanya saat melakukan kegiatan pemasaran bisnis, pihak yang menjual produk akan menyampaikan informasi detail mengenai barang yang dijual melalui teks sederhana ataupun secara langsung. 

Akan tetapi, saat ini sudah ada banyak sekali brand yang menyampaikan informasi produk mereka dengan menggunakan berbagai macam media seperti poster hingga video dengan tema yang unik.

Meningkatkan brand awareness

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemasaran dalam bisnis merupakan kegiatan untuk memperkenalkan produk yang kamu jual kepada konsumen. Oleh karena itu, kegiatan ini merupakan kegiatan yang bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness bisnis milik kamu.

Brand awareness akan membantu konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat produk yang kamu tawarkan sehingga akan membawa pengaruh yang signifikan pada keputusan akhir mereka sebelum membeli suatu barang.

Branding yang positif serta unik juga bisa membuat produk semakin banyak dilirik oleh masyarakat dan mendatangkan banyak pelanggan baru sehingga target pasar kamu pun menjadi semakin luas.

Membangun loyalitas dengan konsumen

Pelanggan yang setia bisa mendatangkan banyak keuntungan di bisnis kamu. Oleh karena itu, kegiatan pemasaran bisnis juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam membangun loyalitas pelanggan.

Walaupun semua bisnis pasti memerlukan pelanggan baru, tetapi tidak bisa dimungkiri bahwa loyalitas dari pelanggan lama yang setia merupakan suatu penentu keberhasilan untuk strategi bisnis jangka panjang.

Pentingnya Pemasaran dalam Bisnis

Pelanggan setia bisa memberikan feedback serta promosi secara tidak langsung dengan cara merekomendasikan produk yang kamu jual ke orang-orang di sekitarnya. 

Feedback yang ada bisa digunakan untuk meningkatkan layanan pada bisnis dan promosi tidak langsung yang mereka lakukan akan mengundang semakin banyak orang untuk membeli produk tersebut sehingga penjualan pada bisnis kamu pun akan semakin meningkat.

Membuat bisnis menjadi lebih unggul

Selain membantu dalam memahami konsumen, kegiatan pemasaran dalam bisnis juga akan membuat kamu lebih mengenali strategi yang digunakan kompetitor bisnis sehingga kamu pun bisa mencari cara untuk meningkatkan kualitas bisnis kamu.

Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa terus meningkatkan kualitas produk maupun layanan dengan berbagai macam cara. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan layanan dalam bisnis adalah dengan menyediakan sistem pembayaran yang praktis bagi pelanggan sehingga memudahkan mereka saat melakukan transaksi.

Nah, setelah membaca artikel mengenai pentingnya kegiatan pemasaran dalam  bisnis, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Tingkatkan Transaksi Penjualan Bisnis dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi penjualan secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

OY! Bisnis melalui produk OY! Payment Link memungkinkan kamu untuk bisa menyediakan berbagai macam metode pembayaran online serta menerima pembayaran dari berbagai sumber pembayaran seperti transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

Dengan OY! Payment Link, pemilik bisnis bisa membuat sebuah link pembayaran berisi berbagai macam metode pembayaran yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis mereka. Pebisnis pun bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia untuk mengatur masa berlaku link tersebut.

Pelanggan yang menerima link akan diarahkan ke halaman pembayaran untuk membayar sesuai nominal harga barang yang mereka beli. Pemilik bisnis lalu akan menerima notifikasi secara otomatis yang bisa dicek melalui dashboard OY! Bisnis sehingga baik pemilik bisnis maupun pelanggan bisa mendapatkan kenyamanan dalam bertransaksi.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Payment Link agar transaksi bisnis kamu makin meningkat? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023