Pentingnya Brand Identity dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

Arin
|
August 5, 2022

Pentingnya Brand Identity dan Manfaatnya untuk Bisnis Online - Pandangan serta pendapat orang lain mengenai bisnis online maupun konvensional yang kamu jalankan memiliki peranan penting dalam perkembangan bisnis tersebut, loh. Pandangan yang baik dan positif tentunya akan meningkatkan value bisnis milik kamu, sementara pandangan yang buruk pasti akan menyebabkan kesulitan dalam menarik pelanggan.

Nah, disinilah brand identity masuk. Brand identity berguna sebagai alat atau konsep yang digunakan oleh para pemilik bisnis online untuk bisa menciptakan citra bisnis yang baik sehingga akhirnya bisa memikat pelanggan untuk membeli produk yang mereka jual.

Brand identity, selain digunakan untuk menarik pelanggan dengan cara memberikan citra yang baik pada bisnis, juga memiliki banyak manfaat lain bagi bisnis online. Pemilik bisnis bisa menggunakan brand identity untuk bisa membangun brand yang kuat dan unik, sehingga brand akan tampak lebih menonjol dari para pesaing.

Berdasarkan penjelasan di atas, tentu kamu sudah mengetahui apa saja fungsi dari brand identity. Akan tetapi, seberapa penting sih kehadiran brand identity untuk perkembangan bisnis online? Dan apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh para pemilik bisnis jika mereka membentuk brand identity yang kuat untuk bisnis online mereka? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Brand Identity, Penting atau Tidak?

Pentingnya Brand Identity dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

Tidak bisa dimungkiri bahwa brand identity yang kuat akan membuat brand serta bisnis online kamu menjadi lebih unggul jika dibandingkan dengan kompetitor. Tetapi apa sih sebenarnya brand identity itu?

Brand identity merupakan serangkaian elemen yang diciptakan untuk membangun image suatu bisnis atau merek. Elemen-elemen yang dimaksud tidak hanya dilihat dari produknya saja, melainkan juga dilihat dari nama merek, desain secara keseluruhan, bentuk logo, warna khas, bahkan konsep unik maupun jenis pelayanan yang digunakan oleh bisnis tersebut.

Serangkaian elemen ini sengaja diciptakan oleh para pemilik bisnis online atau brand agar produk mereka tampak beda dengan kompetitor dan bisa meninggalkan kesan yang mendalam pada pelanggan. Sederhananya, brand identity ini dibuat agar pelanggan bisa mengenali produk kamu di tengah-tengah produk dari brand lainnya.

Nah, brand identity juga sering disebut sebagai ‘penyelamat’ para brand karena fungsinya yang bisa membuat produk mereka bersinar di tengah ketatnya persaingan bisnis online. Hal ini dikarenakan brand identity yang kuat akan menjadi salah satu elemen yang mempengaruhi pertimbangan pelanggan sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk dari suatu bisnis.

Manfaat Brand Identity untuk Bisnis Online

Pentingnya Brand Identity dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

Dalam membangun suatu brand identity, tentunya kamu memerlukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif sehingga bisnis online kamu bisa memiliki kesan yang positif di benak calon pelanggan. Hal ini tentunya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Meskipun begitu, ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika bisnis online milikmu memiliki brand identity yang kuat. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika merek bisnis online kamu memiliki citra yang positif di kalangan calon pelanggan.

Memudahkan brand awareness

Seperti yang sudah disebutkan di atas, brand identity yang kuat akan membuat bisnis online milik kamu tampak lebih menonjol dibandingkan milik pesaing sehingga bisa meninggalkan kesan. Hal ini nantinya akan meningkatkan brand awareness di kalangan masyarakat sehingga bisnis kamu pun bisa semakin terkenal luas dan memikat semakin banyak pelanggan.

Membangun loyalitas pelanggan

Brand identity yang benar akan meninggalkan kesan positif sehingga kamu pun bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan sehingga mereka tidak akan ragu untuk melakukan pembelian berulang di bisnis online milik kamu. Selain itu, pelanggan setia yang puas dengan pelayanan di bisnis milikmu pasti juga akan mempromosikan produk yang kamu jual sehingga bisa mendatangkan sejumlah pelanggan baru.

Meningkatkan jumlah penjualan

Brand awareness yang tinggi pasti akan berkontribusi dalam mendatangkan banyak pelanggan baru ke bisnis online milik kamu. Selain itu, pembeli yang setia juga akan memiliki peranan penting dalam meningkatkan jumlah penjualan sehingga bisnis kamu akan meraih keuntungan besar dan akan semakin berkembang.

Nah, setelah membaca artikel di atas dan mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari membentuk brand identity yang kuat, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis online dari sekarang? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023