Jenis Penggunaan Virtual Account

Luthfa
|
May 3, 2021

Kemajuan teknologi saat ini memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai hal, termasuk dalam hal bertransaksi. Kegiatan transaksi yang tadinya harus dilakukan dengan uang tunai kini bisa dilakukan secara cashless sehingga dapat mempersingkat waktu. Cukup gunakan fitur dari ATM, Internet Banking, Mobile Banking, atau aplikasi financial technology.

Dalam prosesnya, transaksi yang dilakukan secara cashless seringkali menggunakan metode pembayaran Virtual Account. Virtual Account atau yang sering disingkat VA sejatinya merupakan sebuah rekening tidak nyata yang berisi nomor ID customer dan dibuat oleh Bank guna melakukan sebuah transaksi.

Metode pembayaran dengan Virtual Account terbilang sangat membantu karena pelanggan tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menginput nomor Virtual Account yang telah didapatkan dari penjual dan kemudian sistem perbankan akan langsung mengonfirmasi pembayaran secara otomatis.

Penggunaan Virtual Account sendiri terbagi ke dalam dua tipe. Untuk mengenal lebih jauh mengenai jenis penggunaan Virtual Account, simak ulasan berikut ini.

Tipe Penggunaan Virtual Account

Jenis Penggunaan Virtual Account

Virtual Account berdasarkan penggunaannya terbagi ke dalam dua jenis, yaitu Virtual Account Single Use dan Virtual Account Multiple Use. Berikut penjelasan dari masing-masing tipe penggunaan Virtual Account. 

1. Virtual Account Single Use

Sesuai namanya, Virtual Account Single Use hanya untuk sekali pemakaian saja. Itu artinya setelah nomor Virtual Account digunakan untuk melakukan pembayaran, rangkaian nomor tersebut akan langsung expired (tidak berlaku).

2. Virtual Account Multiple Use

Berbeda dengan Virtual Account Single Use, jenis Virtual Account Multiple Use bisa digunakan berulang kali, dengan catatan status nomor tersebut masih aktif. Biasanya, jenis Virtual Account ini kerap digunakan oleh para pelaku bisnis berskala besar seperti e-commerce.

Nomor Virtual Account yang bisa digunakan berulang kali bisa Anda simpan di dalam daftar Multipayment mobile banking atau internet banking. Sebab, nomor ini nantinya akan digunakan kembali saat Anda berbelanja di e-commerce yang sama.

Penggunaan Virtual Account yang Menguntungkan untuk Para Pelaku Usaha

Jenis Penggunaan Virtual Account

Jika dilihat dari sisi pelanggan, Virtual Account tentu sangat menguntungkan karena pelanggan dapat melakukan transfer dari akun bank yang berbeda dari penjual. Dengan begini, pelanggan tidak perlu repot-repot membuat rekening baru hanya untuk melakukan pembayaran.

Sedangkan jika dilihat dari sisi pelaku usaha, Virtual Account memiliki banyak keuntungan. Mulai dari proses rekonsiliasi yang mudah serta verifikasi pembayaran yang praktis dan cepat. Selain itu, Anda sebagai pelaku usaha juga dapat mengkustomisasi penggunaan Virtual Account yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Buat Virtual Account dengan OY! Bisnis

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis dan mengefisiensikan sistem pembayaran bisnis Anda, OY! Bisnis hadir dengan segala kelengkapan fiturnya. Melalui API Virtual Account dari OY! Bisnis, Anda bisa membuat Virtual Account sehingga dapat meningkatkan efisiensi perbendaharaan perusahaan.

OY! Bisnis sebagai salah satu payment gateway terlengkap di Indonesia bisa menjadi solusi pembayaran bisnis yang menguntungkan. Dengan layanan ini pula, transaksi bisnis juga akan berjalan lebih optimal.

Oleh karena itu, mari daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis untuk mendapatkan kenyamanan dalam mengelola bisnis dan rasakan uji coba demo gratis untuk mengenali layanan dari OY! Bisnis secara lebih lanjut!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023