5 Pengeluaran yang Bisa Dipangkas Selama Bulan Puasa

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Tahukah kamu bahwa bulan Ramadhan bisa menjadi momen untuk menghemat uang? Di samping menekuni ibadah puasa, kamu juga bisa melakukan berbagai upaya penghematan selama bulan puasa.

Ada banyak cara untuk bisa lebih hemat saat bulan puasa. Salah satunya adalah pemangkasan beberapa pengeluaran yang biasanya kamu keluarkan.

Selain bisa membuat kamu lebih hemat, pemangkasan beberapa pengeluaran juga dapat membawa banyak manfaat ke dalam hidup kamu. Penasaran apa saja pengeluaran yang dapat dipangkas selama bulan puasa? Simak terus artikel ini! 

Penghematan Uang dengan Pemangkasan Pengeluaran 

Apakah kamu selama ini menganggap bulan puasa sebagai waktu yang paling sulit untuk menghemat uang? Jika betul, kamu salah! Justru bulan puasa merupakan kesempatan kamu untuk bisa menggunakan uang kamu dengan bijak.

Memang, bulan puasa umumnya dipenuhi dengan banyaknya kenaikan harga dari kebutuhan pokok manusia, terutama sembako. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk menyerah begitu saja.

Pemangkasan sejumlah pengeluaran kamu bisa kamu terapkan sebagai upaya penghematan uang. Ternyata banyak pengeluaran yang bisa kamu pangkas selama bulan puasa loh.

Ingin tahu apa saja pengeluaran yang bisa dipangkas? Perhatikan ulasannya di bawah ini!

Pengeluaran-Pengeluaran yang Bisa Dipangkas Selama Bulan Puasa

Dalam memangkas beberapa pengeluaran, kamu memerlukan strategi yang tepat agar kamu bisa berhemat. Pertama, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja pengeluaran yang bisa dipangkas.

Lantas, apa saja pengeluaran yang bisa dipangkas selama bulan puasa? Berikut rinciannya!

1. Sarapan dan Makan Siang

Pengeluaran Selama Puasa yang Bisa Dipangkas

Selama bulan Ramadhan, kamu nggak perlu mengeluarkan biaya untuk sarapan dan makan siang seperti bulan-bulan lainnya. Jika biasanya kamu makan sebanyak 3-4 kali sehari, kamu hanya makan sebanyak 2 kali saja, yaitu saat sahur dan buka puasa sehingga kamu bisa lebih hemat.

Sebagai contoh, biaya belanja untuk memasak sarapan kamu sebesar Rp15.000 per hari. Jika biaya sarapan dalam seminggu digabungkan, maka pengeluarannya sebesar Rp105.000 dan Rp420.000 dalam sebulan, hanya untuk sarapan saja.

Beda halnya dengan pengeluaran untuk makan siang yang biasanya lebih mahal dibandingkan biaya sarapan. Misalnya, kamu menghabiskan sekitar Rp30.000-Rp35.000 per hari, itu artinya biaya makan siang kamu berkisar antara Rp900.000-Rp1.500.000 dalam waktu sebulan. 

2. Camilan

Pengeluaran Selama Puasa yang Bisa Dipangkas

Apakah kamu suka jajan camilan? Mungkin menurut kamu pengeluaran camilan nggak begitu mahal, namun jika biaya camilan dalam sebulan dijumlahkan ternyata bisa cukup mahal, apalagi bagi kamu yang sudah bekerja. 

Sehabis pulang kantor, apakah kamu sering mampir ke kedai kopi dengan teman atau rekan kerja kamu? Pengeluaran yang dihabiskan dari sini saja setidaknya sebesar Rp50.000 untuk sekali kunjungan. Bayangkan jika kamu biasa berkunjung 2-3 kali dalam seminggu, maka pengeluarannya bisa mencapai minimal Rp600.000 dalam sebulan. 

Jika kamu tetap mau membeli camilan, sebaiknya kamu bikin camilan sendiri di rumah. Camilan yang kamu bikin di rumah pastinya lebih sehat dan memungut biaya yang lebih murah.

3. Hiburan

Hiburan Saat Bulan Ramadhan

Agenda hiburan seperti jalan-jalan, bertemu dengan teman, atau berbuka puasa bersama saat bulan puasa mampu menyita banyak uang kamu. Sebagai alternatif, kamu bisa memperoleh hiburan tanpa harus mengeluarkan banyak uang .

Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan bersama keluarga atau teman seperti mengaji dan shalat tarawih bersama di rumah. Selain dapat dijadikan sebagai hiburan, aktivitas-aktivitas tersebut tentu akan meningkatkan pahala yang akan kamu dapat dan membatasi pengeluaran uang kamu.

4. Rokok

Apakah kamu seorang perokok? Pada dasarnya, kamu harus menghentikan kebiasaan merokok karena banyaknya dampak buruk dari merokok, misalnya penyakit kanker paru-paru atau gangguan sistem pernapasan lainnya.

Upaya untuk berhenti merokok memang nggak mudah, terutama bagi perokok berat. Akan tetapi, kesulitan dalam berhenti merokok ini bisa kamu temukan solusinya saat berpuasa.

Sepanjang bulan Ramadhan, waktu merokok yang bisa kamu lakukan sama dengan makan dan minum, yaitu setelah buka puasa hingga imsak. Jeda waktu ini mampu membiasakan kamu untuk mulai mengurangi konsumsi rokok, bahkan sampai berhenti total seiring berjalannya waktu. 

Pemberhentian kebiasaan merokok sangatlah menguntungkan bagi kamu yang merupakan perokok berat. Selain sangat baik bagi tubuh, kamu juga mampu menghemat uang yang biasanya dikeluarkan untuk membeli rokok.

5. Biaya Administrasi Transaksi Antar Bank

Di era modern seperti sekarang, proses transaksi antar bank untuk membayar berbagai macam pembayaran, mulai dari tagihan bulanan hingga pembelian barang secara online, sudah bisa dilakukan dengan mudah dengan metode pembayaran yang bervariasi.

Umumnya, transaksi antar bank melalui bank atau mesin ATM akan mengenakan biaya administrasi sebesar Rp5.000-Rp6.500 untuk satu kali transaksi. Bagi kamu yang sering transfer antar bank, biaya administrasi lama-kelamaan bisa menumpuk dan menjadi mahal.

Sudah jelas kan betapa banyaknya pengeluaran yang bisa dipangkas selama bulan puasa? Semoga ulasan di atas bisa dijadikan motivasi dan panduan untuk menghemat pengeluaran kamu ya!

Nah, kami punya solusi untuk memangkas biaya transfer antar bank. Solusinya adalah fitur transfer antar bank yang dihadirkan oleh OY! Indonesia, yakni OY! Plus. Yuk, kenal lebih lanjut mengenai fitur ini!

Pangkas Biaya Transaksi dengan OY! Plus

OY! Plus adalah salah satu inovasi OY! Indonesia yang disediakan untuk menguntungkan para penggunanya saat melakukan transaksi antar bank. Keuntungan utama dari fitur ini adalah bebas biaya administrasi.

Dengan menggunakan fitur yang menguntungkan ini, kamu bisa transfer ke bank mana pun dengan gratis sebanyak-banyaknya secara gratis. Selain gratis, metode transaksinya juga praktis dan mudah karena semuanya dilakukan melalui aplikasi OY! Indonesia yang bisa kamu unduh di smartphone kamu.

OY! Plus juga menyediakan paket berlanggan berisi puluhan kuota transaksi hanya dengan satu kali bayar. Paket berlangganan ini cocok banget buat kamu yang perlu melakukan banyak transaksi dengan nominal yang besar.

Mari pangkas biaya transfer antar bank dengan OY! Plus untuk menghemat pengeluaran selama bulan puasa. Download aplikasi OY! Indonesia sekarang! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023