Pahami Perbedaan ATM Setor Tunai, Tarik Tunai, dan Non Tunai

Shafira
|
May 3, 2021

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau mesin ATM adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang memungkinkan pelanggan lembaga keuangan untuk melakukan transaksi keuangan, seperti penarikan tunai, penyetoran, transfer dana, atau pertanyaan informasi rekening, kapan saja dan tanpa harus berinteraksi langsung dengan staf bank.

Pahami Perbedaan ATM Setor Tunai Tarik Tunai dan Non Tunai

Melalui ATM, nasabah dapat mengakses deposito bank atau rekening kreditnya untuk melakukan berbagai transaksi keuangan, terutama tarik tunai dan pengecekan saldo, serta transfer pulsa ke dan dari ponsel. ATM juga dapat digunakan untuk menarik uang tunai di negara asing.

Jika mata uang yang ditarik dari ATM berbeda dengan mata uang di rekening bank, uang tersebut akan dikonversi dengan nilai tukar lembaga keuangan.

Nah, mesin ATM memiliki berbagai jenis mesin yang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Apa saja jenis mesin tersebut? Simak artikel berikut ini.

ATM Setor Tunai

Kamu tidak perlu repot-repot mengantre ke bank untuk melakukan penyetoran sejumlah uang ke rekening kamu. Cukup gunakan ATM setor tunai untuk menambah saldo tabungan kamu, biasanya untuk melakukan setor tunai di ATM jenis ini kamu harus menggunakan uang pecahan minimal 50.000.

Selain itu, sebelum menyetorkan uang ke dalam mesin, pastikan uang kamu dalam keadaan nggak bolong, terlipat, robek, atau terbalik.

ATM Tarik Tunai

ATM satu ini merupakan jenis yang cukup sering kamu temui, baik di mall, minimarket, atau rumah sakit. Mesin ini biasa digunakan untuk melakukan penarikan uang tunai, meskipun namanya 'Tarik Tunai', kamu juga tetap bisa kok melakukan transaksi non tunai di ATM jenis ini.

ATM Non Tunai

Mesin jenis ini berfungsi untuk melayani nasabah yang hanya ingin melakukan transaksi non tunai.

Jadi, kalau kamu hanya ingin melakukan transaksi non tunai seperti transfer, cek saldo, pembayaran kartu kredit, kamu bisa gunakan ATM jenis satu ini.

Saat ini telah tersedia mesin OY! yang bisa menerima transaksi dari berbagai bank di Indonesia. Apapun bank milikmu, kamu bisa melakukan tarik dan setor tunai lewat mesin OY! tanpa kartu lho. Yuk unduh aplikasinya sekarang dan daftarkan dirimu di OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023