Mengenal Virtual Account dan Manfaatnya Bagi Para Pengusaha

Mutia
|
May 3, 2021

Saat ini perkembangan teknologi merupakan hal yang sudah tidak bisa diragukan lagi. Hal ini membuat teknologi untuk memiliki peran yang sangat penting dalam membantu banyak orang untuk melakukan kegiatan sehari-hari termasuk kegiatan keuangan. Transaksi keuangan seperti transfer antar bank, membayar tagihan, dan tarik tunai sudah sangat mudah untuk dilakukan. Sebab, Anda dapat melakukan semua itu hanya menggunakan satu kartu.Semakin berkembangnya teknologi, terciptalah Virtual Account (VA) untuk semakin memudahkan Anda. Salah satu keuntungan menggunakan VA dalam melakukan pembayaran adalah kecepatan dan efisiensi yang diberikan. Saat membayar dengan VA, nasabah tidak harus melakukan konfirmasi pembayaran lagi karena sudah dilakukan secara otomatis. Untuk mengetahui VA lebih jelas lagi, simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Virtual Account

virtual account

Virtual Account merupakan nomor identifikasi pelanggan suatu perusahaan yang umumnya dibuat oleh Bank atas permintaan perusahaan. Layanan ini membantu baik pelanggan dan perusahaan dalam melakukan transaksi jual-beli. Sebab, pelanggan suatu perusahaan akan mendapatkan nomor VA secara otomatis saat melakukan registrasi pada perusahaan.Melihat perkembangan e-commerce yang sedang berkembang secara pesat saat ini, layanan Virtual Account dapat menjadi solusi dalam membayar tagihan. Mulai dari tagihan belanja online sampai dengan membayar tagihan BPJS.

Manfaat Bagi Perusahaan

virtual account

Layanan ini memiliki tujuan untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi. Sebab, setiap pelanggan yang akan melakukan transaksi akan mendapatkan nomor VA yang unik dan akan menunjukkan nominal yang harus dibayar. Maka dari itu, perusahaan sebaiknya menyediakan nomor VA bagi para pelanggannya agar transaksi menjadi mudah dan praktis.Bagi Anda yang memiliki perusahaan dan membutuhkan layanan Virtual Account untuk penerimaan dana pada bisnis Anda, layanan API Virtual Account dari OY! Bisnis. Dengan menggunakan layanan dari OY! Indonesia, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan.OY! akan memudahkan Anda dalam proses penerimaan dana karena menggunakan fitur VA Static atau Dynamic (single use) sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini artinya pelanggan Anda dapat melakukan proses pembayaran dengan mudah karena tidak perlu memasukkan nomor VA berulang kali saat menggunakan VA Static.Selain itu, Anda akan mendapatkan notifikasi secara otomatis dan real time setiap kali ada pembayaran yang berhasil dilakukan oleh pelanggan Anda. Selain notifikasi, Anda juga akan menerima pembayaran secara real time alias 24/7, termasuk pada hari libur. Pembayaran yang berhasil dilakukan oleh pelanggan Anda akan masuk ke dalam OY! dashboard dan dapat Anda tarik secara otomatis ke rekening Anda.Layanan ini pastinya akan membantu Anda dalam melakukan rekonsiliasi karena akses laporan transaksi terdata secara lengkap dan jelas tanpa harus mengganti sistem pada perusahaan Anda. Dengan menggunakan layanan dari OY! Bisnis, Anda dapat mempersonalisasi pembuatan VA mulai dari nominal, tanggal kedaluwarsa, dan jenis penggunaan yang berulang atau sekali pakai dalam penerimaan pembayaran.

Membuat Virtual Account untuk Usahamu Menggunakan OY! Bisnis

virtual account

Untuk membuat nomor VA, OY! akan membuatkannya melalui API VA Aggregator sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, Anda dapat membagikan nomor VA yang telah berhasil dibuat ke pelanggan Anda. Kalau sudah, daftar transaksi yang sudah diterima dan VA yang pernah dibuat melalui API dapat dilihat melalui dashboard atau API. Anda akan mendapatkan notifikasi setiap kali pelanggan Anda melakukan pembayaran dengan sukses.Fitur API Virtual Account dari OY! Bisnis dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin menerima pembayaran dari pelanggan secara cepat dan mudah. Daftar OY! Bisnis sekarang juga dan dapatkan keuntungannya! Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik tautan berikut ini.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023