Mengenal Transfer Uang Menggunakan Virtual Account

Shafira
|
May 3, 2021

Transfer uang pada umumnya dikenal sebagai proses pemindahan uang dari satu rekening menuju rekening lainnya. Jenis transfer uang yang biasanya dilakukan adalah transfer manual. Transfer manual merupakan transaksi yang hanya terjadi antar rekening bank. Layanan transfer ini paling umum digunakan oleh kebanyakan orang. Layanan ini dinilai kurang fleksibel karena masih menggunakan konfirmasi transaksi secara manual.

Lalu, bagaimana dengan Virtual Account? Virtual Account merupakan transaksi dengan menggunakan akun virtual. Layanan ini dapat kamu gunakan untuk melakukan pembayaran e-commerce, billers, dan transfer uang. Transaksi milikmu juga akan dikonfirmasi secara otomatis sehingga layanan ini dinilai lebih cepat ketimbang transfer manual.

Transaksi melalui metode pembayaran ini juga memiliki keunikan tersendiri lho. Mari simak uraian berikut ini!

Mengenal Virtual Account

Transfer Uang Menggunakan Virtual Account

Sesuai namanya, Virtual Account merupakan rekening yang bersifat virtual. Akun ini terdiri dari nomor ID nasabah yang dibuat oleh bank. Virtual Account dapat dibuat sesuai permintaan perusahaan untuk melakukan suatu transaksi.

Setiap Virtual Account memiliki kode unik yang menjadikan alat identifikasi untuk suatu transaksi. Pembuatan Virtual Account ini juga disesuaikan dengan kebutuhan transaksi.

Perbedaan Transfer Manual dengan Virtual Account

Mengenal Trasnfer Uang Menggunakan Virtual Account

Terdapat beberapa hal yang berbeda dari transfer uang manual dan Virtual Account. Untuk transfer manual, biasanya dilakukan konfirmasi pembayaran atau pengiriman uang secara manual oleh bank. Konfirmasi pembayaran biasanya diterima dalam bentuk bukti transfer seperti struk atau notifikasi dari e-banking.

Sementara itu, Virtual Account melakukan verifikasi dan konfirmasi transaksi secara otomatis sehingga kamu nggak perlu menunggu konfirmasi pembayaran. Kamu hanya perlu mengirimkan uang ke nomor Virtual Account tujuanmu.

Ketika transfer uang secara manual, kamu harus menggunakan nomor rekening bank. Hal ini berbeda dengan Virtual Account, nomor akun dapat berbeda-beda untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Bank Penyedia Transfer Uang Virtual Account

Kini, bank mulai menyediakan Virtual Account dalam produk perbankan mereka. Virtual Account dinilai sebagai layanan yang mudah digunakan serta memiliki jaminan keamanan yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa bank yang sudah menyediakan layanan Virtual Account sebagai salah satu opsi pengiriman uang.

  1. Bank BCA

Bank BCA menyediakan layanan transfer ke Virtual Account melalui transfer ATM, KlikBCA, dan m-BCA. Namun, kamu hanya dapat melakukan transfer ke Virtual Account BCA dengan menggunakan rekening BCA.

  1. Bank Mandiri

Transfer Virtual Account dari Bank Mandiri dapat dilakukan melalui transfer ATM, Mandiri Internet Banking, dan juga melalui Mandiri Mobile Banking.

  1. Bank BRI

Saat ini Bank BRI juga telah memiliki layanan BRI Virtual Account. Transfer dapat dilakukan melalui transfer ATM, BRI Internet Banking, dan BRI Mobile Banking.

  1. Bank BNI

Bank BNI menyediakan Virtual Account untuk meningkatkan kenyamanan dalam bertransaksi. Transfer Virtual Account BNI dapat dilakukan menggunakan sarana transfer ATM, transfer BNI Internet Banking, BNI Mobile Banking dan BNI SMS Banking.

  1. Permata Bank

Permata Bank ikut mengeluarkan layanan Virtual Account untuk mempermudah berbagai kegiatan transaksi seperti transfer uang, top up e-wallet, dan pembayaran tagihan. Transfer dapat dilakukan melalui ATM Permata, Permata Bank Internet Banking, dan Permata Bank Mobile Banking.

  1. Maybank

Bank asal Malaysia ini juga mengeluarkan layanan Virtual Account sebagai bentuk inovasi produk perbankannya. Transfer dapat dilakukan melalui ATM BII Maybank, Maybank Internet Banking, dan Maybank Mobile Banking.

Jenis Virtual Account

Terdapat dua jenis akun virtual yang dibagi berdasarkan kebutuhannya. Ada yang bersifat temporer dan ada yang bersifat semi-permanen.

Fixed Virtual Account

Fixed Virtual Account memiliki nomor akun virtual unik yang terkait dengan identitas sang pelanggan. Contohnya adalah aplikasi e-wallet seperti OVO, GO-PAY, Dana, LinkAja. Semua aplikasi ini menggunakan Fixed Virtual Account. Biasanya, e-wallet tersebut menggunakan nomor handphone sebagai nomor Virtual Account. Dengan ini, kamu dapat melakukan transfer uang ke nomor tersebut untuk menambah saldo di e-wallet.

Non-Fixed Virtual Account

Non-Fixed Virtual Account memiliki nomor yang ditentukan secara acak dan biasa digunakan untuk pembayaran di situs e-commerce. Akun virtual jenis ini biasanya memiliki batas waktu penggunaan dan bersifat sekali pakai sehingga lumrah dijadikan sarana pembayaran di situs e-commerce.

Limit Penerimaan Transfer Uang

Transfer Uang lewat Virtual Account

Open Virtual Account

Open Virtual Account dapat menerima jumlah kiriman uang secara bebas. Seperti halnya dengan e-wallet, setiap nomor Virtual Account yang ditentukan dengan nomor akun pengguna dapat menerima jumlah uang berapa saja.

Closed Virtual Account

Closed Virtual Account hanya menerima pengiriman uang berdasarkan ketentuan yang sudah dibuat sebelumnya. Biasanya, merchants dapat mengatur suatu akun untuk ‘terbuka’ atau ‘tertutup’. Closed Virtual Account umumnya digunakan untuk pembayaran tagihan atau e-commerce.

Penggunaan Virtual Account

Single Use

Single Use Virtual Account hanya dapat digunakan untuk satu transaksi. Akun virtual ini bersifat sekali pakai dan memiliki masa kedaluwarsa. Single Use dipakai oleh perusahaan e-commerce sebagai sarana pembayaran elektroniknya. Mereka telah menetapkan jumlah dana yang harus dibayar dan kapan berakhirnya penggunaan virtual account tersebut. Non Fixed Virtual Account adalah tipe akun Single Use.

Multiple Use

Multiple Use Account dapat dilakukan untuk beberapa kali transaksi asalkan akun tersebut masih aktif. Fitur ini tersedia pada jenis akun Fixed Virtual Account. Biasanya akun jenis ini digunakan untuk membayar angsuran, top up e-wallet, atau pembayaran yang bersifat jangka panjang.

Keunggulan dari Transfer Uang Menggunakan Virtual Account

Mengenal Transfer Uang lewat Virtual Account

Verifikasi Pembayaran yang Cepat dan Praktis

Transfer uang menggunakan virtual account dapat diverifikasi lebih cepat dibandingkan transfer manual. Kamu nggak perlu menunggu lama untuk menunggu konfirmasi pengiriman karena transaksi akan diproses dan diverifikasi secara otomatis.

Alat Identifikasi Pembayaran Berupa Kode Unik

Di dalam Virtual Account, terdapat suatu kode unik. Kode unik memiliki fungsi sebagai alat identifikasi bahwa sumber dana berasal dari rekeningmu. Dengan begitu, transaksi akan dikonfirmasi lebih cepat.

Transfer uang dengan Virtual Account memiliki banyak kelebihan yang bisa kamu nikmati. Selain lebih cepat, keamanannya juga pasti terjamin. Sekarang, kamu bisa melakukan transaksi Virtual Account menggunakan OY! lho. Cukup dengan satu aplikasi, kamu bisa melakukan transfer menuju beragam bank tanpa biaya admin bank. Unduh aplikasinya sekarang juga untuk mengetahui lebih lanjut.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023