Mengenal Layanan Setor Tunai di ATM

Mutia
|
May 3, 2021

Indonesia memiliki banyak sekali pilihan bank untuk kamu yang ingin melakukan transaksi keuangan dengan aman. Dengan perkembangan teknologi yang ada, banyak jenis transaksi sudah menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan sendiri tanpa harus mendatangi bank dan antre. Transaksi keuangan seperti transfer uang, cek saldo tabungan, dan setor tunai sudah bisa dilakukan menggunakan handphone dan mesin ATM. 

Layanan setor tunai sudah bisa dilakukan di hampir semua ATM di berbagai daerah. Walau mesin ATM setor tunai fungsi utamanya adalah untuk setor tunai, tapi kamu juga tetap bisa melakukan transaksi keuangan lainnya.

Untuk melakukan setor tunai di ATM, berikut langkah-langkahnya.

Cara Setor Tunai di ATM

  1. Masukkan kartu debit ke dalam mesin ATM. Lalu pilih bahasa dam masukkan nomor PIN ATM.
  2. Pilih menu “Setoran tunai”, lalu layar ATM akan menampilkan halaman syarat dan ketentuan. Klik “Lanjutkan” pada halaman tersebut.
  3. Lalu, klik “Rekening Tabungan”, secara otomatis mesin ATM akan membuka tempat setor uang.
  4. Masukkan uang yang akan disetor ke dalam tempat yang sudah disediakan. Sebelum menyetorkannya, pastikan uang sudah rapih dan nggak terlipat.
  5. Tunggu beberapa saat, layar ATM akan menampilkan halaman konfirmasi jumlah uang yang disetorkan. Bila jumlahnya sesuai, pilih menu “Setor” untuk melanjutkan proses setoran tunai.
  6. Layar ATM akan menampilkan notifikasi “Setoran Anda telah diterima” lalu mengeluarkan struk. Dana yang kamu setorkan sudah masuk ke dalam rekening.
  7. Ambil struk bukti transaksi dan kartu sebelum meninggalkan ATM.

Tips Agar Transaksi Aman

setor tunai di atm

Agar setiap transaksimu bisa dilakukan dengan aman, simak tips berikut ini sebelum melakukan menggunakan layanan ini.

  • Hindari meminjamkan dompet atau kartu ATM kepada orang lain.
  • Pilih nomor PIN yang sulit ditebak oleh orang lain. Hindari angka seperti tanggal lahir dan angka yang berurutan. 
  • Jika kartu ATM hilang atau bermasalah, segera lapor ke pihak yang berwajib.
  • Perhatikan mesin ATM yang akan kamu gunakan. Hindari mesin ATM yang mencurigakan seperti adanya tombol mesin ATM yang double, tempat slot kartu yang ditempelkan alat lain. Jika hal ini terjadi, laporkan kepada security.
  • Tutup tombol mesin ATM saat memasukkan nomor PIN agar mengurangi terlihat oleh orang lain.

Mengapa Setor Tunai di ATM?

Kalau kamu ingin setor tunai, banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan jika kamu melakukannya di ATM. Berikut adalah beberapa kemudahan saat melakukan transaksi tersebut di ATM.

Nggak Perlu Antre di Teller Bank

setor tunai di atm

Walau terkadang tetap harus antre di ATM, tetapi antreannya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan antrean di teller bank. Maka layanan ini akan sangat membantu kamu yang sedang terburu-buru.

Bisa Digunakan Setiap Hari Selama 24 Jam

Umumnya teller bank hanya buka mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00. Namun, layanan ini bisa kamu gunakan kapan saja karena mesin ATM memiliki layanan selama 24 jam setiap harinya.

Itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum setor tunai di ATM. Pastikan kamu sudah paham tata cara dan apa yang harus kamu lakukan saat transaksi agar tetap aman. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023