Mengenal Kepuasaan Pelanggan, Mengapa Ini Penting?

Luthfa
|
October 6, 2021

Anda pasti pernah mendengar istilah yang menyebutkan “pelanggan adalah raja”. Ya, istilah tersebut memang benar adanya karena pelanggan merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis.

Bagaimana pun, seorang pebisnis harus bisa memenuhi kepuasan pelanggan mengingat kepuasan pelanggan akan memberikan dampak besar pada bisnis Anda. Singkatnya, tingkat kepuasan pelanggan dapat memengaruhi penjualan produk Anda, baik meningkatkannya atau justru sebaliknya.  

Oleh karenanya penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis untuk mengutamakan kepuasan dari pelanggan. Agar Anda bisa membuat pelanggan merasa puas saat belanja di toko Anda, sebaiknya ketahui dulu indikatornya serta cara meningkatkan kepuasan pelanggan berikut ini!

Indikator Kepuasan Pelanggan

Setidaknya ada lima indikator kepuasan pelanggan yang harus Anda ketahui. Apa saja?

1. Kualitas produk yang dijual

Hal paling utama yang menentukan kepuasan pelanggan adalah kualitas dari produk yang dijual. Tentu saja, hal ini karena pelanggan pasti menginginkan kualitas produk sesuai dengan harga yang ditawarkan. Untuk itulah, Anda harus memiliki standar kualitas saat membuat sebuah produk.

2. Kualitas pelayanan yang diberikan

Indikator kepuasan pelanggan selanjutnya dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan. Konsumen akan merasa sangat nyaman apabila pelayanan yang diberikan toko Anda bisa memenuhi harapannya. Faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan meliputi kecepatan, ketepatan, kebersihan, dan keramahan customer service.

3. Harga produk

Harga yang sesuai dengan kualitas produk adalah hal yang diharapkan oleh setiap konsumen. Namun secara umum, pelanggan sangat menyukai produk yang dibanderol dengan harga murah tapi memiliki kualitas yang bagus.

4. Kemudahan dalam mengakses produk

Anda sebagai pebisnis harus mengupayakan agar pelanggan bisa dengan mudah menemukan dan membeli produk Anda. Perlu diingat bahwa pelanggan akan menghindari pembelian produk yang prosesnya panjang, apalagi bila sistem pembayarannya terkesan rumit padahal sistem pembayaran di Indonesia kini sudah semakin canggih seiring dengan perkembangan teknologi.

Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Mengingat kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap perkembangan suatu bisnis, Anda harus berupaya meningkatkan kepuasan dari pelanggan Anda. Berbagai metode dan cara bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Menerima kritik dan saran

Anda mungkin akan merasa jengkel saat membaca kritik dan saran dari pelanggan. Namun, usahakan untuk menerima dan menampungnya sebab kritik dan saran yang Anda dapatkan dari pelanggan dapat memberikan banyak masukan dalam hal peningkatan kualitas produk dan layanan bisnis Anda.

2. Membuat produk yang mudah didapatkan

Semua orang pasti ingin mendapatkan produk dengan mudah. Oleh sebab itu, cobalah membuat produk yang mudah didapatkan, misalnya dengan menawarkan produk lewat toko online atau marketplace sehingga mempermudah pelanggan dalam mengaksesnya. 

3. Memberikan pelayanan dan fasilitas tambahan

Anda juga bisa memberikan pelayanan dan fasilitas tambahan seperti memberikan membership secara cuma-cuma. Pelanggan yang telah menjadi member akan mendapatkan promosi khusus dan fasilitas khusus.

Daftarkan Bisnis Anda di OY! Bisnis sekarang juga!

Dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, Anda juga bisa membenahi sistem pembayaran guna mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran. Dengan kemudahan itulah, pelanggan akan merasa sangat terbantu dan merasa nyaman dalam bertransaksi.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sistem pembayaran adalah dengan menggunakan OY! Bisnis. OY! Bisnis akan membuat sistem pembayaran berjalan lebih mudah dan cepat.

OY! Bisnis juga memfasilitasi Anda dalam menyediakan metode pembayaran yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan begitu, pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Untuk itu, mari bergabung dengan OY! Bisnis!

 


Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023