Mengapa Bank Tutup Saat Akhir Pekan? Ini Alasannya

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Kemudahan dan keamanan yang dilayani oleh bank membuat masyarakat semakin percaya pada lembaga perbankan untuk melakukan transaksi, menyimpan uang, atau jasa keuangan lainnya. Masyarakat sudah terbiasa memakai jasa bank untuk keperluan finansial pribadi atau bisnisnya. Tapi, tahukah kamu kalau bank itu nggak bisa melayani nasabahnya setiap saat?

Setiap bank pasti punya jam operasionalnya sendiri. Umumnya, jam operasional bank dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore dan libur atau tutup saat akhir pekan. Namun, ada juga beberapa KCP (Kantor Cabang Pembantu) yang buka pada hari Sabtu.

Terkadang kita tiba-tiba butuh jasa dari bank di waktu yang tak terduga, termasuk di luar jam operasional mereka seperti di akhir pekan. Kamu pasti langsung bertanya-tanya kenapa bank tutup di hari Sabtu dan Minggu. Bayangkan kamu mendadak butuh layanan bank tapi ternyata banknya tutup.

Kira-kira kenapa sih bank tutup saat akhir pekan? Yuk, cari tahu alasannya melalui ulasan di bawah ini!

Mengapa Bank Tutup Saat Akhir Pekan?

Bank Tutup Saat Akhir Pekan

Kebanyakan bank nggak melayani nasabahnya atau tutup di waktu-waktu tertentu, mulai dari hari libur nasional sampai akhir pekan. Lantas, apa yang membuat bank tutup saat akhir pekan? Berikut alasannya di bawah ini.

1. Waktu Istirahat di Akhir Pekan

Waktu Istirahat Saat Akhir Pekan

Sudah menjadi hal yang biasa bagi semua orang bahwa akhir pekan sering dijadikan sebagai waktu istirahat setelah menjalani rutinitas mingguan di hari kerja. Tentunya setiap orang membutuhkan waktu istirahat atau refreshing dengan melakukan berbagai hobi atau kegiatan yang ingin dilakukan.

Oleh karena itu, biasanya saat akhir pekan orang lebih memilih untuk tetap di rumah dan nggak melakukan aktivitas yang melelahkan dan merumitkan suasana. Pastinya hal ini juga berlaku bagi petugas dan karyawan bank yang juga membutuhkan waktu istirahat di rumah.

2. Adanya Jam Istirahat dan Jam Operasional 

Jam Operasional Bank

Seperti halnya lembaga-lembaga lain, lembaga perbankan tentunya juga punya jam istirahat dan jam operasional. Umumnya, bank buka di pagi hari dan akan beroperasi hingga siang atau sore hari di hari-hari kerja.

Namun, jam operasional terkadang mengalami perubahan yang telah disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jadi, nggak setiap saat bank akan menyediakan layanan kepada nasabahnya.

Apa Solusi Terbaik Jika Ingin Menggunakan Layanan Perbankan Saat Akhir Pekan?

Apa Solusi Terbaik Jika Ingin Menggunakan Layanan Perbankan Saat Akhir Pekan

Masih banyak orang yang kebingungan saat mencari alternatif lain saat ingin melakukan transaksi keuangan atau transfer antar bank selagi bank sedang nggak beroperasi atau tutup, misalnya saat akhir pekan.  Lantas, bagaimana caranya untuk mengatasi masalah ini?

OY! Indonesia, sebagai startup inovatif di bidang fintech, bisa dijadikan sebagai alternatif baru dan solusi untuk transfer uang antar bank. Transfer antar bank lewat OY! mudah, praktis, dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan juga loh!

Selain itu, transfer antar bank dengan menggunakan aplikasi OY! Indonesia bisa dilakukan tanpa biaya atau gratis. Menguntungkan banget, kan? Untuk informasi lanjut, klik tautan ini.

OY! Indonesia Solusi Terbaik Transaksi Keuangan

Tunggu apa lagi, download aplikasi OY! Indonesia sekarang. Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023