Media Online Paling Efektif untuk Promosi Bisnis

Luthfa
|
July 30, 2021

Dalam menjalankan sebuah bisnis dibutuhkan kegiatan promosi agar lebih banyak orang yang mengetahui kehadiran bisnis Anda. Salah satu media yang paling efektif dalam mempromosikan bisnis adalah media online.

Ya, di zaman yang semakin masif ini, media promosi online menjadi tempat terbaik untuk mengenalkan produk Anda ke khalayak ramai. Terlebih, pilihan internet tools sebagai tempat promosi online kini semakin beragam. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda.

Hadirnya media online yang didukung dengan kekuatan internet berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat, dan pastinya murah karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Penggunaan media online yang simpel juga memudahkan semua orang untuk mengaksesnya.

Lantas, apa saja media online yang dapat dijadikan media promosi handal untuk bisnis Anda? Berikut ulasannya!

Media Online Paling Efektif untuk Promosi Bisnis

Beberapa media online dianggap potensial untuk memasarkan sebuah produk. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah terbiasa menggunakan media online, khususnya media sosial dalam kegiatan sehari-harinya.

Untuk itulah, media online menjadi salah satu wadah yang tak boleh Anda lewatkan jika ingin mempromosikan bisnis Anda. Berikut kami berikan rekomendasi media online terbaik untuk promosi bisnis.

1. Instagram

media online paling efektif untuk promosi bisnis

Bisa dibilang Instagram jadi media sosial paling berpengaruh untuk mempromosikan suatu bisnis. Bagaimana tidak, penggunanya yang begitu banyak membuatnya sangat berpotensi untuk mendukung keberhasilan promosi usaha Anda.

Berdasarkan data yang diperoleh oleh We Are Social, Hootsuite di tahun 2019, pengguna Instagram aktif di Indonesia mencapai 62 juta. Hal ini membuktikan bahwa media sosial satu ini begitu diminati, khususnya oleh kalangan muda.

Inilah kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah lewat Instagram. Di Instagram, Anda bisa mempromosikan produk melalui fitur Instagram Stories atau Feed.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Instagram Ads untuk mengajak lebih banyak pengguna mengunjungi akun Anda. Dalam mempromosikan produk Anda, jangan lupa untuk menggunakan hashtag karena ini menjadi kekuatan promosi yang paling utama.

2. Facebook

Siapa yang tidak tahu Facebook? Media sosial dengan pengguna paling banyak di dunia ini juga bisa dijadikan tempat untuk mempromosikan bisnis Anda. Bayangkan saja, pengguna Facebook hampir setara dengan sepertiga populasi di dunia atau sekitar 2,3 miliar.

Untuk itulah, Facebook wajib dimanfaatkan sebagai tempat promosi bisnis online gratis. Ya, Anda bisa mempromosikan produk apa saja di media sosial satu ini. Apalagi Facebook menyediakan beragam tools yang dirancang untuk memudahkan Anda dalam memasarkan sebuah produk.

3. Twitter

media online paling efektif untuk promosi bisnis

Selanjutnya ada Twitter yang juga wajib masuk ke dalam daftar media online untuk promosi bisnis Anda. Dalam penggunaannya, Anda bisa memanfaatkan fitur Twitter Ads yang berfungsi untuk menjangkau pelanggan sesuai target bisnis yang diinginkan.

Sebagai langkah awal, Anda bisa membuat tweet promosi dengan hashtag tertentu. Anda juga bisa menambahkan informasi serta membalas komentar audience. Yang menarik dari Twitter adalah Anda bisa membuat thread tentang informasi bisnis Anda dengan rangkaian kalimat yang menghibur.

4. LinkedIn Business

media online paling efektif untuk promosi bisnis

Mungkin sebagian dari Anda belum banyak yang tahu bahwa LinkedIn juga dapat dijadikan tempat promosi bisnis online. Selain menjadi platform para profesional, LinkedIn juga menyediakan fitur marketing solution yang bernama LinkedIn Business.

LinkedIn Business akan memudahkan Anda dalam menjangkau pelanggan yang potensial. Bahkan Anda bisa menjangkau lebih dari 500 juta orang dari berbagai negara.

5. Marketplace

Selain media sosial, Anda juga bisa menggunakan martketplace untuk mempromosikan bisnis Anda. Lewat marketplace, Anda bisa memiliki halaman toko sendiri dan melakukan aktivitas promo serta pemasaran produk. Dengan keuntungan yang diberikan oleh media satu ini, tentunya Anda bisa lebih mudah dalam melakukan promosi bisnis.

6. YouTube

YouTube menjadi media sosial yang diminati oleh semua kalangan usia. Baik anak-anak hingga dewasa memanfaatkan platform ini untuk mengekspresikan diri mereka melalui video. Dengan kepopuleran YouTube saat ini, Anda bisa mempromosikan bisnis Anda melalui YouTube.

Anda bisa membuat konten video yang berisi review produk yang dijual serta proses unboxing maupun pengemasan produk. Pastikan Anda membuat judul semenarik mungkin dan mengandung banyak keywords yang digunakan banyak orang. Sebab dengan keywords inilah, peluang untuk video Anda muncul di laman pertama YouTube sangat tinggi.

7. TikTok

media online paling efektif untuk promosi bisnis

Berdasarkan laporan Statista, per Februari 2021, pengguna aktif harian TikTok secara global diperkirakan mencapai 35,28 juta pengguna. Angka ini tentu menjadi bukti bahwa aplikasi ini sangat potensial dalam mempromosikan suatu bisnis online.

TikTok menyediakan berbagai fitur menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten. Gunakanlah semua fitur tersebut agar semakin banyak orang yang melirik konten Anda. Selain itu, Anda juga bisa membagikan konten TikTok Anda ke jejaring media sosial lainnya, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Bergabung dengan OY! Bisnis, Payment Gateway Terlengkap di Indonesia

Untuk meningkatkan penjualan bisnis, menggunakan media online dalam promosi produk saja tidaklah cukup. Anda juga harus membenahi sistem pembayaran bisnis Anda menjadi lebih mudah dan sederhana.

Sebab, dengan sistem pembayaran yang praktis, pelanggan akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran. Hal ini tentu akan mempengaruhi tingkat customer experience bisnis Anda. Semakin baik tingkat customer experience, semakin baik pertumbuhan bisnis Anda ke depannya.

Untuk itulah, penting untuk menggunakan payment gateway dalam hal ini. Payment gateaway seperti OY! Bisnis akan memudahkan Anda dalam menerima pembayaran dari pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan berbagai metode pembayaran yang diinginkan konsumen sehingga memudahkan mereka dalam bertransaki.

Tak perlu khawatir soal biaya yang dibebankan sebab biaya yang diberikan bersifat transparan. Sebagai informasi, Anda hanya perlu membayar biaya administrasi sebesar Rp4.000 untuk setiap transaksi yang berhasil. Biaya yang lebih murah dapat dijadikan cara untuk menghemat biaya operasional perusahaan.

Tunggu apalagi, bergabunglah dengan OY! Bisnis dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi!

 

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang