Mau Investasi Emas, Pilih Batangan atau Perhiasan?

Luthfa
|
May 3, 2021

Investasi emas cocok dipertimbangkan untuk kamu yang ingin mulai berinvestasi tapi belum punya pengalaman sebelumnya. Harga emas yang nggak terlalu mahal dan cenderung stabil jadi alasan mengapa emas layak dijadikan bentuk investasi. Ada begitu banyak jenis emas yang bisa diinvestasikan, mulai dari emas batangan, tabungan emas, perhiasan, sertifikat emas, reksa dana emas, koin emas, hingga trading emas.

Namun dari sekian banyak jenisnya tersebut, emas batangan dan perhiasan jadi dua instrumen yang paling banyak dipilih masyarakat. Beberapa orang menilai bahwa emas batangan punya nilai jual yang lebih tinggi, sedangkan beberapa sisanya menganggap bahwa perhiasan emaslah yang lebih menguntungkan.

Sebenarnya baik emas batangan dan perhiasan, keduanya punya karakteristik dan keunggulan masing-masing. Jika kamu masih bingung memilih investasi emas batangan atau perhiasan, sebaiknya pertimbangkan poin di bawah ini sebelum memilih salah satu di antaranya.

Sesuaikan jenis emas yang dipilih dengan tujuan investasi

Investasi emas, pilih batangan atau perhiasaan?

Sebelum memilih jenis emas yang ingin diinvestasikan, sebaiknya tentukan dulu tujuan investasi kamu saat ini. Jangan sampai kamu salah memilih dan nggak mendapat keuntungan maksimal dari investasi emas yang kamu lakukan. Apalagi emas memang bukan jenis investasi yang bisa mendatangkan untung besar seperti saham.Nah, jika ingin investasi dalam jangka panjang, ada baiknya untuk memilih emas batangan karena emas dalam bentuk ini akan memiliki nilai jual yang lebih stabil dibandingkan dengan perhiasan yang umumnya mengikuti tren. Investasi emas batangan pun bisa dibilang lebih hemat karena kamu nggak perlu mengeluarkan uang lebih untuk biaya pembuatannya.Berbeda halnya dengan perhiasan, yang mana kamu harus mengeluarkan sejumlah biaya pembuatan yang mahal untuk sebuah perhiasan emas yang bentuknya terbilang rumit. Belum lagi nantinya biaya tersebut nggak akan dihitung pada harga jualnya.

Cek harga di pasaran

Penting untuk mengecek harga emas di pasaran sebelum membelinya. Meski harga emas cenderung stabil, tapi nggak menutup kemungkinan kalau harga emas naik. Jika harga emas sedang nggak stabil dan cenderung naik turun selama beberapa pekan terakhir, sebaiknya tunda dulu niat untuk investasi emas.Sebab di masa ini, penggadaian dan penjualan emas nyatanya lebih menguntungkan dibandingkan membelinya. Kalau pun kamu nekat untuk membelinya, yang ada malah menimbulkan kerugian di masa mendatang saat sewaktu-waktu kamu ingin menjualnya di tengah harga emas yang sedang merosot.

Pilih tempat membeli emas yang aman

Investasi emas, pilih batangan atau perhiasaan?

Jika tertarik membeli emas batangan, kamu bisa membelinya melalui tempat terpercaya seperti ANTAM. Sedangkan untuk membeli emas dalam bentuk perhiasan, kamu bisa mengunjungi toko-toko emas yang ada di dekat rumahmu.Khusus untuk kamu yang ingin membeli perhiasan emas, pilihlah toko emas yang terpercaya. Jangan sampai membeli emas palsu atau dengan kadar yang nggak sesuai harga yang kamu bayarkan.

Emas batangan

Kelebihan

Dibandingkan dengan perhiasan emas, emas batangan memang cocok dijadikan sebagai invetsasi jangka panjang karena harga jualnya yang terbilang tinggi dan stabil. Selain itu, kemurnian emas batangan juga lebih terjamin sebab setiap pembeli yang membeli emas batangan akan mendapatkan sertifikat yang mencakup nomor id, berat, ukuran, serta tingkat kadarnya.Adanya sertifikat tersebut tentu membuat instrumen ini lebih terjamin sehingga kamu bisa berinvestasi dengan aman. Penyimpanan emas batangan juga nggak sulit karena kamu bisa menyimpannya di rumah dengan menggunakan box penyimpanan khusus.

Kekurangan

Di balik kelebihannya, emas batangan juga punya kekurangan. Membeli emas batangan memang nggak bisa di sembarang tempat karena kamu hanya bisa membelinya di tempat-tempat tertentu. Selain lewat ANTAM, emas batangan juga bisa didapatkan di pegadaian dan beberapa bank tertentu.Bagi yang tinggal di kota-kota besar mungkin akan lebih mudah menemukan tempat pembelian emas batangan. Tapi bagi yang tinggal jauh dari pusat kota mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengakses tempat pembelian emas batangan yang biasanya hanya bisa ditemukan di pusat kota.

Emas perhiasan

Investasi emas, pilih batangan atau perhiasaan?

Kelebihan

Selain dijadikan bentuk investasi, perhiasan emas juga bisa difungsikan sebagai aksesoris sehingga bisa menambah nilai penampilan seseorang. Selain itu, emas dalam bentuk perhiasan juga lebih mudah didapatkan karena hampir di seluruh wilayah, baik di kota besar atau kecamatan memiliki toko emas. Banyaknya toko emas yang ada tentu memudahkan kamu untuk membeli dan menjualnya kembali.Sama halnya dengan emas batangan, penyimpan dan perawatan perhiasan emas juga mudah. Cukup simpan di dalam box khusus, maka emas bisa bertahan lama tanpa melunturkan warna emas itu sendiri.

Kekurangan

Sayangnya, investasi emas perhiasan juga memiliki kekurangan. Bukan hanya membutuhkan biaya lebih untuk biaya pembuatannya (sekitar 15 – 20 persen dari harga ema situ sendiri), tapi kamu juga harus jeli saat membeli emas.Pasalnya beberapa toko emas bisa melakukan tindak kecurangan dengan mengurangi kadar emasnya. Beberapa toko juga menerapkan biaya pembuatan yang jauh lebih mahal sehingga mau nggak mau kamu harus membayar lebih untuk perhiasan emas yang kamu inginkan.Itu dia beberapa pertimbangan dalam memilih jenis investasi emas. Baik investasi dalam bentuk batangan atau perhiasan, sesuaikan dengan tujuan investasi itu sendiri sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat dari investasi emas di masa mendatang.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023