Manfaat E-wallet untuk Bisnis UMKM

Luthfa
|
December 1, 2021

Manfaat E-wallet untuk Bisnis UMKM – Berdasarkan data yang dihimpun dari Bank Indonesia, penggunaan uang elektronik di Indonesia terus mengalami peningkatan. Bahkan di tahun 2017, transaksi uang elektronik mencapai angka Rp1,14 triliun.

Tingginya angka tersebut seakan menunjukkan bahwa masyarakat kini cenderung lebih tertarik bertransaksi dengan uang elektronik. Hal inilah yang seharusnya menjadi pertimbangan bagi pemilik bisnis UMKM untuk mengadopsi sistem pembayaran digital.

Dengan sistem pembayaran digital, kamu bisa menerima pembayaran dari berbagai sumber rekening, termasuk e-wallet. E-wallet atau dompet digital sendiri menjadi salah satu perangkat yang kini banyak digunakan masyarakat untuk belanja online maupun offline.

Bahkan, belanja di warung klontong saja kini sudah bisa membayar dengan e-wallet. Tentu ini adalah peluang bagi kamu yang ingin meningkatkan penjualan bisnis UMKM. Bagi kamu yang masih belum paham mengenai manfaat e-wallet untuk kelancaran bisnis kamu, sebaiknya simak ulasan berikut ini!

Manfaat E-wallet untuk Bisnis UMKM

manfaat e-wallet untuk bisnis UMKM

Tren menyimpan uang di dompet digital kian marak dilakukan masyarakat Indonesia. Tak heran bila saat ini ada begitu banyak perusahaan financial technology yang menyediakan dompet digital. 

Hal inilah yang mendorong bisnis UMKM untuk mulai melirik dompet digital atau e-wallet sebagai salah satu metode pembayaran mereka. Dengan e-wallet, para pelaku usaha akan mendapatkan banyak keuntungan. Apa saja?

Berikut manfaat e-wallet untuk bisnis UMKM.

Mempermudah transaksi

manfaat e-wallet untuk bisnis UMKM

Perkembangan teknologi telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi. Dengan adanya dompet digital, masyarakat dapat melakukan transaksi secara lebih mudah, cepat, dan praktis. Tak perlu lagi menggunakan uang tunai, cukup gunakan saldo yang mengendap di dalam aplikasi e-wallet. 

Jika dilihat dari sisi pemilik bisnis UMKM, tentu ini menjadi keuntungan untukmu karena kamu tidak perlu menyediakan uang kembalian. Pelanggan tinggal scan barcode dengan smartphone mereka, maka pembayaran akan langsung terproses.

Lebih aman

manfaat e-wallet untuk bisnis UMKM

Salah satu manfaat yang akan diperoleh bisnis UMKM dengan menyediakan metode pembayaran e-wallet adalah menjamin keamanan transaksi. Pelanggan yang tak perlu membayar dengan uang tunai akan mencegah tindak kejahatan seperti peredaran uang palsu.

Uang pelanggan yang sepenuhnya tersimpan di dalam aplikasi e-wallet tentu akan mengamankan dana penjualan kamu dari tindak pencurian. Seluruh pemasukan dan pengeluaran juga akan tercatat otomatis sehingga kamu bisa mengecek adanya penambahan atau pengurangan saldo.

Menyediakan promosi

manfaat e-wallet untuk bisnis UMKM

Tak perlu lagi khawatir kalau produk bisnis UMKM kamu akan laku atau tidak karena dengan e-wallet kamu bisa menyediakan promosi secara berkala. Tentunya ini adalah cara paling mudah untuk membuat pelanggan tertarik belanja di toko kamu.

Penyedia dompet digital sering kali mengadakan promo, baik berupa cashback, diskon, atau promo buy 1 get 1. Kamu sebagai merchant dari produk e-wallet tersebut hanya perlu meneruskan promo yang sedang berlangsung kepada para pelanggan tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Membayar tagihan vendor

manfaat e-wallet untuk bisnis UMKM

Setiap bisnis UMKM pasti memiliki vendor/produsen masing-masing yang harus dibayar tepat waktu. Namun kesibukan kamu dalam mengurus toko sering kali membuatmu lupa dalam melunasi tagihan. 

Dengan adanya e-wallet, hal ini tidak akan terjadi lagi. Sebab, kamu bisa membayar vendor tepat waktu tanpa perlu mendangi kantor mereka. Kemudahan seperti inilah yang tentunya diharapkan oleh semua pemilik bisnis UMKM.

Lebih efisien

manfaat e-wallet untuk bisnis UMKM

Di zaman yang semuanya sudah serba praktis memaksa para pemilik bisnis UMKM untuk menyediakan metode pembayaran yang praktis pula. Hal ini karena pelanggan menginginkan sebuah kepraktisan dan efisiensi ketika belanja dan melakukan pembayaran.

Oleh karena itu, dengan menghadirkan metode pembayaran e-wallet, keinginan konsumen akan terpenuhi. Pelanggan puas, penjualan pun akan meningkat.

Tingkatkan Penjualan Bisnis UMKM dengan OY! Bisnis

Bisnis UMKM yang dijalani secara online tidak akan lengkap tanpa sistem pembayaran yang praktis. Nah, untuk menerapkan sistem pembayaran yang praktis, kamu bisa menggunakan OY! Bisnis.

OY! Bisnis didesain untuk membantu pemilik bisnis UMKM dalam meraih lebih banyak pelanggan melalui pembayaran digital. OY! Bisnis akan memfasilitasi kamu dalam menyediakan berbagai metode pembayaran yang dibutuhkan pelanggan.

Lewat produk OY! E-wallet, pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan dompet digital yang mereka miliki. OY! E-wallet sudah terhubung dengan berbagai e-wallet paling populer di Indonesia sehingga pelanggan akan dimudahkan saat harus melakukan pembayaran.

Secara tidak langsung, cara ini akan meningkatkan penjualan bisnis UMKM kamu karena kamu dapat membuat pelanggan nyaman berbelanja di toko online kamu. Selain itu, produk OY! E-wallet juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis.

Jika kamu menggali informasi mengenai UMKM Indonesia dan ingin mencari tahu bagaimana OY! Bisnis dapat membantu bisnis UMKM berkembang dan bersaing di pasar global, kamu bisa mengecek informasinya di sini.

Bagaimana, tertarik bergabung dengan OY! Bisnis? Tunggu apalagi, daftarkan bisnis kamu sekarang juga di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan menerima pembayaran!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023