Macam-Macam Kurs, Apa Saja Sih?

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Pernah dengar istilah kurs? Bagi kalian yang sering mengirim uang ke luar negeri pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah ini, tapi buat yang belum pernah pasti penasaran tentang kurs.

Jika kamu belum pernah dan hendak mengirim uang ke luar negeri, kalian wajib tahu tentang kurs. Selain tahu apa itu kurs, kamu juga harus tahu nih apa saja macam-macam kurs jika kamu mau kirim uang ke luar negeri.

Nah, kurs sendiri adalah harga mata uang suatu negara yang dihitung dalam mata uang negara lain. Kurs terbagi ke dalam tiga jenis, yakni kurs jual, kurs beli, dan kurs tengah. Untuk lebih jelasnya, simak terus artikel ini ya!

Jadi, apa saja sih macam-macam kurs?

Macam-Macam Kurs

Secara umum, kurs ada 3 macam, yaitu kurs jual, kurs beli, dan kurs tengah. Nah, berikut penjelasan dari ketiga macam kurs!

Kurs Jual

Kurs jual adalah kurs yang dipakai apabila suatu bank atau money changer ingin menjual uang asing atau valuta asing (valas).

Pertama, yuk bahas tentang kurs jual. Kurs jual adalah kurs yang dipakai apabila suatu bank atau money changer ingin menjual uang asing atau valuta asing (valas) kepada kita jika kita ingin menukarkan uang Rupiah dengan uang asing. Jadi, kurs jual bisa diartikan sebagai harga jual mata uang/valuta asing oleh bank atau money changer

Kurs Beli

Kurs beli adalah kurs yang dipakai apabila bank atau money changer ingin membeli uang asing .

Selanjutnya, jenis kurs yang kita bahas adalah kurs beli. Kurs beli adalah kurs yang dipakai apabila bank atau money changer ingin membeli uang asing dari kita atau jika kita ingin menukarkan uang asing dengan Rupiah. Jadi, kurs beli bisa diartikan sebagai kurs yang telah berlaku di bank apabila bank melakukan pembelian mata uang asing atau valas dari kita.

Contohnya, kamu ingin liburan ke luar negeri. Kamu harus menukarkan sejumlah uang Rupiah yang akan digunakan saat berlibur di luar negeri dengan membeli mata uang setempat. Bank atau money changer akan menjual uang asing kepada kamu dan kamu akan menukarkan uang Rupiah-mu dengan uang asing tersebut.

Setiap mata uang asing tentunya memiliki nilai kurs jual dan kurs beli yang berbeda. Nilai mata uang atau kurs akan selalu mengalami perubahan atau fluktuasi seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, kita harus selalu up to date dengan perubahan kurs yang terjadi!

Kurs Tengah

Kurs Tengah diperoleh dengan menjumlahkan kurs jual dan kurs beli kemudian hasilnya dibagi dua.

Jenis kurs terakhir yang akan kita bahas adalah kurs tengah. Kurs tengah adalah suatu kurs yang berada di antara kurs jual dan kurs beli yang bisa diperoleh dengan menjumlahkan kurs jual dan kurs beli kemudian hasilnya dibagi dua.

Tujuan atau fungsi dari kurs tengah adalah untuk mencatat nilai konversi mata uang asing dalam laporan perusahaan. Umumnya, kurs tengah akan digunakan oleh perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di suatu negara, misalnya di Indonesia.

Kamu harus tahu nilai kurs jual dan kurs beli uang asing yang ingin kamu beli atau jual di bank atau money changer. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengetahui atau mengestimasi jumlah uang yang akan kamu dapat setelah menukarkan uang Rupiah-mu.

Selain kurs, apa saja sih yang harus diperhatikan? OY punya beberapa tips nih!

Nah, sudah tahu kan sekarang apa saja macam-macam kurs? Semoga penjelasan mengenai macam-macam kurs bermanfaat dan dapat membuat kamu lebih paham mengenai kurs ya!

Mau kirim uang ke luar negeri dengan cara yang praktis dan minim biaya? Pakai OY saja! Download aplikasi OY sekarang!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023