Lima Tips Bisnis Tetap Produktif Saat Berpuasa

Luthfa
|
March 28, 2023

Produktivitas adalah kunci untuk bisa menghasilkan atau melakukan sesuatu. Dalam bisnis, produktivitas selalu dikaitkan dengan keberhasilan bisnis itu sendiri. Sebab dengan menjadi produktif, Anda selaku pengusaha mampu menghasilkan produk secara efisien, baik dari segi biaya, tenaga, maupun waktu.

Memasuki bulan Ramadan 2023, Anda dituntut untuk tetap produktif meski harus berpuasa selama kurang lebih 13 jam. Tak bisa dimungkiri bahwa bulan puasa akan membuat tubuh cenderung lebih lemas dan mudah merasa kantuk sehingga bisa mengganggu fokus kerja.

Padahal berbagai kegiatan ekonomi dan bisnis selalu meningkat selama bulan Ramadan. Mobilitas menjelang Lebaran juga semakin tinggi karena adanya tradisi mudik.

Supaya bisnis Anda tidak lesu akibat kurang produktif saat Ramadan, berikut kami berikan tips bisnis tetap produktif saat bulan puasa.

Tips bisnis produktif selama bulan Ramadan 2023

Produktivitas merupakan sesuatu yang dinamis bahkan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Apalagi saat bulan puasa, asupan karbohidrat akan berkurang sehingga menyebabkan tubuh mudah kehilangan energi dan susah fokus.

Untuk meningkatkan produktivitas usaha di bulan Ramadan 2023, Anda bisa menerapkan cara-cara berikut.

Buat perencanaan mendetail

Tips yang pertama adalah dengan membuat perencanaan yang detail. Cara ini tidak hanya meningkatkan produktivitas, tapi juga membuat bisnis Anda lebih terarah.

Dalam perencanaan yang Anda buat, pastikan Anda memuat segala sesuatunya, mulai dari kegiatan produksi, modal yang dibutuhkan, perkiraan waktu, cara mendapatkan bahan baku, metode produksi, hingga target yang ingin dicapai dalam satu kali produksi.

Catatan ini akan membantu Anda untuk mengerjakan pekerjaan atau mengelola bisnis dengan lebih efisien.  

Seimbangkan waktu bekerja dengan waktu istirahat

Untuk menjaga produktivitas selama bulan Ramadan 2023 nanti, pastikan Anda mengatur waktu tidur dengan baik. Menyeimbangkan waktu tidur dengan waktu bekerja adalah salah satu cara terbaik untuk membuat bisnis Anda tetap produktif saat bulan puasa.

Dikarenakan jadwal tidur akan berubah selama bulan puasa, usahakan agar Anda tidur malam lebih awal daripada biasanya. Setelah sahur, Anda juga tidak disarankan untuk tidur kembali karena justru dapat membuat lesu setelahnya. Sebagai gantinya, Anda dapat berolahraga atau melakukan aktivitas lain guna memberi energi pada tubuh.

Di siang hari, Anda juga bisa memanfaatkan waktu untuk tidur siang sejenak (power nap) selama 15 – 30 menit. Tidur siang sebentar dapat membantu Anda mengembalikan mood dan semangat untuk berkonsentrasi memikirkan pertumbuhan bisnis Anda kedepannya.

Jangan mudah terdistraksi

Tips selanjutnya adalah jangan mudah terdistraksi. Tidak mudah memang, apalagi saat bulan puasa di mana Anda mungkin akan merasa kesulitan untuk fokus dalam memikirkan strategi bisnis.

Ditambah lagi, Anda mungkin adalah orang yang pada dasarnya mudah terdistraksi. Agar bisa tetap berkonsentrasi penuh, hindarilah hal-hal yang membuat konsentrasi Anda buyar, baik itu gangguan eksternal maupun internal. Misalnya, jauhkan diri Anda dari gadget saat bekerja atau istirahat cukup selama bulan Ramadan 2023 agar tidak mengantuk.

Kurangi kegiatan yang tidak perlu

Selama berpuasa, tantangan yang sering dihadapi adalah menahan rasa lapar, haus, dan kantuk saat bekerja. Alhasil, tubuh tidak bisa berkonsentrasi dengan baik. Untuk mencegahnya, Anda hanya perlu mengurangi kegiatan yang tidak perlu.

Fokuskan diri Anda untuk menyelesaikan prioritas utama. Bagi fokus Anda menjadi empat prioritas, yaitu:

  1. Penting dan mendesak
  2. Penting, namun tidak mendesak
  3. Tidak penting, namun mendesak
  4. Tidak penting dan tidak mendesak

Meski harus mengurangi kegiatan yang tidak perlu, bukan berarti Anda jadi bermalas-malasan.

Termasuk bagi Anda merintis sebuah bisnis, Anda dituntut untuk selalu fokus pada pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda tanpa mengenal waktu. Daripada membuang-buang waktu untuk hal yang tidak penting, lebih baik pikirkan cara meningkatkan penjualan Anda selama bulan Ramadan.

Apalagi saat bulan puasa, transaksi dengan uang tunai akan meningkat sehingga Anda harus memikirkan cara mengelola uang tunai tersebut agar perputaran arus kas berjalan lancar.

Jika Anda membutuhkan solusi yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda dengan lebih efisien, maka OY! Bisnis adalah jawabannya. OY! Bisnis mempunyai produk finansial yang akan mempermudah penanganan uang tunai sehingga mempercepat urusan pembukuan dan rekonsiliasi.

Jadi, uang tunai yang Anda dapatkan dari pelanggan bisa langsung disetorkan ke rekening Anda secara real time melalui cash deposit machine (CDM) atau mesin setor tunai dari OY! Mesin ini dirancang dengan berbagai fitur seperti, cctv serta fitur yang dapat mendeteksi uang palsu atau uang rusak.

Fitur penghitungan uang otomatis akan memastikan nominal uang yang Anda setorkan sudah sesuai. Sekali setor Anda bisa menyetorkan hingga 17.000 lembar uang tunai dari pecahan terendah, yaitu Rp1.000 hingga pecahan tertinggi, yakni Rp100.000.

Anda pun bisa memantau riwayat transaksinya lewat dashboard OY! Bisnis. Tak perlu khawatir soal keamanannya karena mesin CDM OY! berlisensi Bank Indonesia.  

Menariknya lagi Anda yang memiliki CDM bisa membukakan mesin CDM Anda ke pebisnis lainnya di sekitar daerah Anda yang ingin turut menyetorkan dananya melalui CDM. Anda akan mendapatkan pembagian hasil dari jumlah dana yang disetorkan apabila Anda membuka jaringan mesin CDM Anda.

Segera daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis agar Anda bisa tetap produktif saat mengelola bisnis di bulan puasa.

Lakukan evaluasi

Setelah menerapkan cara-cara di atas, lakukanlah evaluasi. Anda juga bisa melakukan evaluasi berdasarkan target yang sudah ditentukan sebelumnya. Apakah target yang sudah Anda terapkan berhasil dicapai?

Idealnya, kalau target tercapai, berarti selama ini Anda sudah bekerja dengan produktif. Namun, jika target belum tercapai, coba cari tahu apa yang kira-kira menyebabkan produktivitas kerja berkurang. Jadi, nantinya Anda bisa meningkatkan produktivitas di masa mendatang.

Itulah beberapa tips produktif selama bulan Ramadan yang bisa Anda terapkan. Jaga semangat dan kebugaran tubuh Anda agar Anda selalu produktif saat berpuasa.

Jangan ragu untuk mendaftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis. Kami siap membantu Anda untuk melakukan transaksi dengan lebih mudah, cepat, dan aman.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023