Lakukan 4 Hal Ini Supaya Bisa Hemat Kuota

Mutia
|
May 3, 2021

Saat era serba digital seperti sekarang, hampir semua kegiatan dilakukan melalui internet. Karena itu, kita harus selalu membeli kuota atau paket data untuk menggunakan berbagai aplikasi pada ponsel.

Namun, pembelian kuota bisa menguras isi dompet kalau kita nggak berhemat. Umumnya, banyak orang mematikan paket data agar kuota nggak tersedot saat sedang nggak ada WiFi.Namun ternyata kamu nggak perlu selalu mematikan paket data, loh! Ada cara lain untuk tetap hemat kuota walau tetap menggunakannya. Simak caranya berikut ini ya.

Pasang Batas Penggunaan Kuota

Mungkin terkadang kamu merasa kuota yang baru kamu beli cepat sekali habisnya. Untuk mengatasi hal ini, kamu sebaiknya memasang limitasi atau batas pemakaian internet per bulannya. Caranya mudah, cek pemakaian internet di Settings > Connections. Kamu bisa memperkirakan paket data yang kamu butuhkan dalam sebulan. Kalau sudah, klik Set Mobile Data Limit atau Limit Mobile Data Usage. Setelah itu, kamu akan lebih hemat kuota walau tetap menggunakannya.

Batasi Background Data yang Berjalan Agar Hemat Kuota

Kalau kamu pengguna ponsel Android, ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan sebagai background. Mulai dari aplikasi WhatsApp, Instagram, Facebook, dan game yang kamu nggak matikan secara sempurna. Aplikasi yang nggak dimatikan secara sempurna ini dapat terus menyedot paket data yang kamu miliki.

Untuk membatasi background data yang berjalan, buka Settings > Data Usage. Setelah itu ada daftar aplikasi yang muncul dan seberapa banyak data yang terpakai. Pilih aplikasi yang ingin kamu batasi, lalu klik Restrict app background data.

Pastikan Aplikasi Nggak Terupdate Secara Otomatis

Saat mendownload aplikasi, seringkali kamu akan diminta untuk melakukan update secara berkala. Namun, terkadang aplikasi akan terupdate secara otomatis. Hal ini dapat membuat kuota internet kamu tersedot tanpa kamu ketahui.

Agar aplikasimu nggak terupdate otomatis, lakukan cara ini. Buka Play Store > Settings > Auto-update apps. Lalu, pilih Over WiFi Only atau Don’t auto-update apps untuk menghindari update aplikasi dengan paket data.

Nyalakan Mode Data Saver Agar Hemat Kuota

Cara lain yang bisa kamu coba adalah menyalakan mode data saver. Saat dinyalakan, ponselmu akan menghentikan seluruh penggunaan paket data secara otomatis, termasuk background data yang sedang berjalan.

Untuk mengaktifkan mode ini, buka Settings > Connections > Data usage. Lalu, hidupkan data saver.

Gimana? Mudah kan pilihan cara untuk menghemat paket data yang kamu beli? Semoga informasinya membantumu untuk semakin hemat ya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023