Keuntungan Terima Pembayaran Online dengan Virtual Account

Luthfa
|
October 21, 2021

Menerima pembayaran secara manual di tengah gempuran kecanggihan teknologi tentu akan sangat merepotkan pengusaha online maupun pembelinya. Bagaimana tidak, bagi pembeli mereka harus mengunggah atau mengirimkan bukti transfer kepada penjual untuk mengonfirmasi pembayaran mereka.

Sedangkan penjual harus mengecek riwayat transaksi satu per satu dan mencocokkannya dengan bukti transfer dari pembeli. Tentunya hal ini sangat menyita waktu dan dinilai tidak efektif lagi mengingat saat ini sudah banyak metode pembayaran yang bisa dilakukan secara otomatis.

Salah satu metode pembayaran yang bisa menyiasati hal tersebut adalah virtual account. Dengan metode pembayaran virtual account, pembayaran akan terverifikasi secara langsung. Penjual pun akan mendapat notifikasi pembayaran sesaat setelah pembayaran berhasil dilakukan.

Untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai virtual account dan keuntungannya dalam sebuah transaksi, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Keuntungan Pakai Virtual Account dalam Terima Pembayaran

Ada banyak keuntungan yang akan memudahkan operasional bisnis Anda jika Anda menyediakan virtual account sebagai salah satu metode pembayaran toko Anda. Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

1. Pembayaran otomatis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap pembayaran yang dilakukan dengan metode virtual account akan dideteksi secara instan dan otomatis oleh sistem sehingga pelanggan tidak perlu melakukan konfirmasi bukti pembayaran secara manual.

Anda sebagai penjual juga tidak perlu lagi menanyakan apakah pembeli sudah membayar atau belum karena notifikasi akan mereka terima ketika transaksi berhasil dilakukan.

2. Detail transaksi lebih lengkap

Saat ada pembayaran yang berhasil dilakukan dengan virtual account, semua data transaksi akan ditampilkan secara detail. Anda pun bisa melihat nomor, nama, bank, dan juga jumlah yang yang dikirim.

Dengan begini, Anda akan terhindar dari tindak penipuan. Selain itu, Anda juga bisa mendownload data transaksi dalam sebuah laporan khusus yang nantinya bisa Anda gunakan untuk melakukan pembukuan.

3. Notifikasi otomatis oleh sistem

Anda akan mendapatkan callback berupa pemberitahuan mengenai keberhasilan transaksi yang dilakukan oleh pembeli. Callback akan dikirimkan secara otomatis dan real time. Tentunya hal ini akan membantu Anda dalam mengecek riwayat transaksi yang berlangsung.

4. Tersedia kapan saja

Keuntungan virtual account lainnya adalah Anda bisa menyediakan nomor virtual account kapan saja. Itu artinya, Anda dapat menerima transaksi tanpa henti 24 jam penuh selama terhubung dengan koneksi internet.

5. Jenis virtual account sesuai kebutuhan

Anda bisa memilih jenis virtual account yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pengaturan tersebut bisa dilakukan agar nomornya tetap atau dapat berubah-ubah, penerimaan nominal yang ditentukan atau bebas, dan juga untuk berapa kali penggunaan akun tersebut.

Tingkatkan Performa Pembayaran Bisnis dengan Virtual Account dari OY! Bisnis

Untuk memudahkan Anda dalam meningkatkan efisiensi pembayaran bisnis, Anda bisa memanfaatkan bantuan dari pihak payment gateway. Payment gateway Indonesia terlengkap seperti OY! Bisnis menyediakan metode pembayaran ini sebagai salah satu produknya.

Lewat API Virtual Account yang disediakan, Anda bisa melakukan kustomisasi nomor Virtual Account yang diinginkan. Virtual Account yang dihadirkan pun berasal dari bank populer di Indonesia sehingga memudahkan konsumen untuk membayar sesuai dengan bank miliknya.

Setiap transaksi yang berhasil dilakukan nantinya bisa langsung Anda pantau setiap detailnya melalui satu dashboard berbasis web. Dengan begitu, hal ini akan memudahkan Anda dalam urusan rekonsiliasi data.

API Virtual Account yang dimiliki OY! Bisnis tentunya sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin meningkatkan performa penjualan. Sebab, Anda dapat menerima pembayaran secara real time 24/7, termasuk hari libur sekali pun.

Untuk itu, mari daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023