Keuntungan Tabungan Emas, Bisakah Dijadikan Investasi?

Luthfa
|
May 3, 2021

Keuntungan Tabungan Emas - Dari sekian banyak instrumen investasi yang ada, emas menjadi salah satu instrumen yang paling banyak memiliki peminat. Proses investasinya yang mudah serta dapat diperjualbelikan kapan saja jadi alasan mengapa emas begitu diminati, bahkan sejak dari zaman nenek moyang kita. Investasi emas juga bisa dilakukan oleh siapa saja, baik oleh orang tua atau bahkan oleh generasi milenial sekali pun.

Ya, keuntungan investasi emas memang sangat banyak. Nah, jika kamu tertarik investasi emas, cobalah untuk membuka tabungan emas. Sebenarnya, tabungan emas nggak jauh berbeda dengan tabungan pada umumnya. Barang yang ditabungkan pun tetap uang, bukan emas.

Sistem tabungan emas sendiri adalah beli-titip emas, jadi nantinya setiap uang yang disetorkan akan dikonversikan ke dalam gram logam mulai. Saat dicairkan, kamu bisa memilih mencairkannya dalam bentuk uang senilai jual emas atau dicetak dalam bentuk emas asli. Biar semakin yakin untuk buka tabungan emas, sebaiknya simak dulu keuntungan tabungan emas berikut ini.

Cepat dicairkan

Pada dasarnya, emas bersifat likuid sehingga emas dapat dicairkan kapan pun yang kamu inginkan. Cara mencairkan tabungan emas pun sangat mudah dan cepat. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit, maka uang hasil pencairan sudah di tangan. Selain itu, kamu juga bisa menjual emas secara langsung atau mencetaknya menjadi emas fisik, baik itu dalam bentuk emas batangan atau perhiasan. Menarik banget, kan?Meski begitu, ada syaratnya jika kamu ingin mencairkan emas dalam bentuk fisik. Syaratnya adalah jumlah tabungan emas yang kamu miliki harus mencapai nominal harga 1 gram emas yang berlaku pada saat itu juga. Jadi, kalau misalnya harga emas saat ini Rp700 ribu, maka nominal tabunganmu harus mencapai angka Rp700 ribu.

Pendaftarannya mudah

keuntungan tabungan emas

Membuka atau mendaftarkan tabungan emas juga nggak sulit. Sebab, siapa saja bisa membuka tabungan emas, asalkan usianya sudah cukup umur. Jadi, ketika usiamu telah memenuhi persyaratan, kamu sudah bisa membuka tabungan emas. Jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, tabungan emas memang yang paling mudah cara mendaftarkannya.

Bisa beli emas dengan harga yang terjangkau

Hanya punya dana sedikit tapi mau investasi emas? Jika investasi emas biasa membutuhkan uang sedikitnya Rp700 ribu untuk langsung membeli emas sejumlah 5 gram, berbeda dengan tabungan emas. Lewat tabungan emas, kamu bisa membeli emas dengan cicilan yang terjangkau, mulai dari Rp50 ribu hingga Rp10 juta per hari. Jadi, walaupun kamu hanya punya modal sedikit, kamu bisa mulai mencicil untuk membeli emas melalui tabungan emas.

Bisa membeli emas yang bersertifikasi

keuntungan tabungan emas

Saat membeli emas, sebagian orang mungkin khawatir bila emas yang dibeli bukanlah emas asli melainkan emas sepuhan. Namun, hal ini nggak akan terjadi jika kamu membeli atau mencicil emas di tabungan emas. Ketika mencairkan tabungan emas dalam bentuk fisik, kamu akan mendapatkan emas murni atau logam mulia yang bersertifikat resmi. Nah, untuk pilihan logam mulianya sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu emas Antam dan emas UBS dalam bentuk 1 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Lebih aman

Membeli emas dalam bentuk fisik terkadang bikin pusing kepala karena was-was emas yang disimpan di rumah hilang atau dicuri orang. Kalau pun ingin lebih aman, kamu harus membeli deposit box atau safety box yang harganya lumayan mahal.Nah, kalau kamu khawatir akan keamanan emas di rumah atau nggak mau mengeluarkan uang lebih untuk membeli safety box, beralihlah untuk membuka tabungan emas. Sebab, lewat tabungan emas semua emas milikmu akan tersimpan aman sampai kamu ingin mencairkannya dalam bentuk fisik. Selain lebih aman, jadi lebih hemat juga, kan?

Transaksi praktis

keuntungan tabungan emas

Ini adalah keuntungan tabungan emas yang mungkin belum banyak diketahui orang. Bagi siapa pun yang ingin membuka tabungan emas, kamu bisa melakukan top up saldo tabungan kapan saja dan di mana saja. Ya, kamu nggak perlu repot-repot pergi ke kantor cabang hanya untuk menyetorkan uangmu karena kamu bisa melakukannya lewat ATM, internet banking, atau mobile banking beberapa bank tertentu.Bank yang menerima top up tabungan emas di antaranya Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI. Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal pilih menu pembayaran dan masukkan nomor rekening tabungan emasmu. Ohiya, perlu diingat kalau top up saldo tabungan emas adalah Rp50 ribu. Jadi, pastikan saldo ATM kamu cukup, ya!Bagaimana, tertarik buka tabungan emas?

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023