Keuntungan Bayar Tagihan Listrik Secara Online

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Mekanisme pembayaran telah berevolusi seiring dengan berkembangnya zaman, termasuk mekanisme pembayaran tagihan. Sebelumnya, masyarakat harus mendatangi dan mengantre di kantor layanan untuk membayar segala macam tagihan seperti air, telepon, dan listrik setiap awal bulan.

Kini, mobilitas masyarakat terus mengalami peningkatan sehingga efisiensi waktu semakin diprioritaskan oleh masyarakat. Masyarakat akan mencari cara agar waktunya nggak terpangkas hanya karena mengantre setiap kali hendak membayar tagihan. 

Alhasil, banyak alternatif baru yang jauh lebih efisien untuk membayar berbagai macam tagihan, misalnya tagihan listrik. Salah satu alternatif tersebut adalah pembayaran tagihan listrik secara online.

Selain efisiensi waktu, banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan jika kamu membayar tagihan listrik secara online. Apa saja keuntungan bayar tagihan listrik secara online? Simak terus artikel ini untuk tahu lebih lanjut!

Apa Saja Keuntungan Bayar Tagihan Listrik Secara Online?

Pada kenyataannya, pembayaran tagihan listrik secara online mampu memudahkan masyarakat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya keuntungan dari metode pembayaran tagihan secara online yang nggak bisa dinikmati melalui pembayaran tagihan secara offline.

Nah, bagi kamu yang belum pernah membayar tagihan listrik secara online, kamu wajib tahu nih mengenai keuntungan dari metode pembayaran ini! Dengan mengetahui keuntungannya, siapa tahu kamu akan beralih ke metode ini dan diuntungkan karena penggunaan dari metode ini.

Lantas, apa saja keuntungan dari pembayaran tagihan listrik secara online? Berikut ulasannya!

1. Efisiensi Waktu

Efisiensi Waktu Saat Bayar Tagihan Listrik Online

Keuntungan yang satu ini sudah jelas merupakan keunggulan utama dari metode pembayaran secara online. Jika metode pembayaran online dibandingkan dengan metode pembayaran offline, pembayaran yang dilakukan secara online pastinya jauh lebih efisien dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat.

Dengan menggunakan metode pembayaran online, kamu bisa membayar semua tagihan bulanan seperti tagihan listrik di mana saja dan kapan saja secara praktis. Hal ini dikarenakan proses pembayaran dari awal sampai akhir dilakukan melalui aplikasi yang diunduh di smartphone kamu.

2. Penghematan Tenaga

Menghemat Tenaga dengan Membayar Tagihan Listrik Online

Di samping menghemat waktu, kamu juga akan menghemat tenaga. Kamu nggak perlu mengunjungi kantor layanan serta mengantre berjam-jam ketika ingin membayar tagihan listrik.

Kamu bisa membayar tagihan listrik dengan santai di rumah jika kamu menggunakan metode pembayaran online. Selama smartphone kamu terkoneksi dengan jaringan internet, proses pembayaran bisa berjalan dengan lancar. 

3. Pengiritan Biaya

Pengiritan Biaya

Saat membayar tagihan listrik secara online, kamu otomatis bisa mengirit biaya. Mengapa demikian?

Apabila kamu membayar tagihan secara offline, kamu harus mengeluarkan beberapa biaya tambahan. Biaya-biaya tambahan tersebut meliputi biaya bensin dan tukang parkir karena kamu perlu mengunjungi kantor yang melayani pembayaran tagihan listrik. Selain itu, jika kamu menggunakan agen offline, kamu juga harus membayar biaya jasa untuk agen tersebut.

Pembayaran tagihan listrik secara online nggak akan mengenakan biaya-biaya tambahan tersebut. Oleh karena itu, kamu jadi bisa mengalokasikan atau menggunakan uang kamu untuk keperluan lainnya yang lebih penting.

OY! punya tips beberapa cara untuk mencegah tagihan listrik agar nggak membengkak nih! Klik laman ini untuk tahu lebih lanjut.

4. Mencegah Keterlambatan Pembayaran

Mencegah Keterlambatan Bayar Tagihan Listrik Online

Di era modern seperti sekarang, masyarakat umumnya memiliki jadwal yang sangat padat dan hektik sehingga nggak jarang untuk melupakan berbagai hal seperti membayar tagihan bulanan. Andaikan kamu terlambat membayar tagihan listrik, listrik di rumah kamu pasti akan langsung dipadamkan oleh PLN. 

Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pembayaran tagihan listrik secara online melalui ponsel kamu. Kamu bisa membayar tagihan listrik tepat waktu dengan menggunakan reminder yang ada di ponsel kamu yang telah dijadwalkan sesuai waktu pembayaran tagihan listrik kamu.

5. Penyimpanan Data Transaksi secara Otomatis

Penyimpanan Data Transaksi secara Otomatis

Ketika kamu membayar tagihan listrik secara offline, kamu akan diberikan sebuah struk yang merupakan bukti bahwa kamu telah membayar tagihan. Namun, struk yang berupa kertas tersebut bisa saja hilang tanpa disadari. Kamu pasti akan bingung dan kesulitan jika kamu membutuhkan data atau bukti pembayaran tagihan.

Jika kamu membayar tagihan listrik secara online, riwayat pembayaran tagihan listrik kamu akan tersimpan secara otomatis di akun aplikasi penyedia jasa pembayaran tagihan. Kamu bisa mengecek dan memantau langsung semua transaksi yang telah kamu lakukan.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat membayar tagihan listrik secara online. Semoga bermanfaat dan bisa menjelaskan mengenai metode pembayaran tagihan listrik secara online dengan baik ya!      

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pembayaran tagihan listrik secara online bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi yang menyediakan layanan pembayaran tagihan secara online. Salah satu aplikasi yang menyediakan layanan ini adalah aplikasi OY! Indonesia.              

Aplikasi OY! Indonesia sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin bayar tagihan online, termasuk tagihan listrik. Yuk, kenal lebih lanjut mengenai aplikasi OY! Indonesia.                                                                                

Bayar Tagihan Listrik dengan Mudah Lewat Aplikasi OY! Indonesia

Hanya dengan mengunduh aplikasi OY! Indonesia di smartphone kamu, kamu bisa membayar berbagai macam tagihan bulanan kamu dalam satu aplikasi loh! Hal ini tentunya akan meringankan beban dan memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran tagihan untuk setiap bulannya.

Caranya juga gampang dan nggak rumit sama sekali. Selain itu, kamu juga bisa beli token listrik lewat aplikasi OY! Indonesia! Ketahui caranya di sini.

Dengan menggunakan aplikasi OY! Indonesia, kamu bisa membayar tagihan dengan mudah, praktis, dan aman! Jangan khawatir, semua data transaksi kamu akan diamankan oleh aplikasi OY! Indonesia karena aplikasi ini telah terlisensi oleh Bank Indonesia.

Tunggu apa lagi? Download aplikasi OY! Indonesia sekarang untuk menikmati layanan pembayaran tagihan listrik yang menguntungkan ini! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023