Keunggulan Transfer Uang Lewat Mobile Banking

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Saat ini, hampir semua orang telah memiliki gadget seperti smartphone yang canggih dengan berbagai macam fitur modern. Umumnya, smartphone memiliki fitur layanan perbankan yang dapat diunduh oleh nasabah bank, yaitu mobile banking. Layanan perbankan online ini bisa membuat hidup kamu menjadi lebih mudah loh karena banyaknya keunggulan mobile banking.

Sebagai contoh, pernahkah kamu berada pada situasi di mana kamu harus transfer uang secara mendadak, namun kondisi pada saat itu nggak memungkinkan untuk pergi ke bank atau mesin ATM? Kamu pastinya bingung dan panik kan harus ngapain supaya bisa transfer uang?

Nah, kamu bisa mengatasi masalah seperti ini dengan menggunakan mobile banking. Banyak banget loh keunggulan dari layanan mobile banking yang umumnya nggak dimiliki oleh layanan kantor bank atau mesin ATM. Apa saja keunggulan transfer uang lewat mobile banking? Simak ulasannya berikut ini!

Mobile Banking

Mobile Banking

Mobile banking (m-banking)merupakan layanan bank dalam bentuk aplikasi yang memungkinkan nasabah bank untuk melakukan transaksi perbankan melalui smartphone. Layanan mobile banking dapat digunakan dengan mengklik menu yang sudah tersedia melalui aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal oleh nasabah. 

Fitur-fitur layanan mobile banking sangat banyak dan bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Layanan m-banking meliputi layanan informasi (saldo, mutasi rekening, suku bunga, dan lokasi cabang/ATM terdekat) dan layanan transaksi (transfer, pembayaran tagihan (listrik, air, internet), pembelian pulsa), dan masih banyak lagi.

Jika dibandingkan dengan transaksi manual di bank atau mesin ATM, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mobile banking. Berikut rinciannya!

1. Hemat Waktu dan Praktis

Hemat Waktu dan Praktis Menggunakan Mobile Banking

Transfer uang antar bank, cek saldo, membuat deposito, dan layanan perbankan lainnya bisa kamu lakukan lewat smartphone kamu. Jadi, nggak perlu jauh-jauh ke datang bank dan membuang-buang waktu kamu! Pastinya hemat waktu, kan?

Dengan mobile banking, transaksi menjadi praktis tanpa mengganggu aktivitasmu. Salah satu manfaat menggunakan mobile banking adalah untuk memudahkan hidup dengan memungkinkan pembayaran tagihan, transfer dana, cek saldo, membuat deposito, dan transaksi lainnya melalui smartphone kamu. Kamu nggak perlu lagi repot-repot antre di bank atau mesin ATM!

2. Bebas dari Biaya Pendaftaran, Aktivasi, dan Administrasi

Bebas dari Biaya Pendaftaran, Aktivasi, dan Administrasi

Mobile banking nggak mengenakan biaya pendaftaran, aktivasi, dan administrasi bulanan kepada penggunanya. Hanya dengan mengunduh aplikasi mobile banking di smartphone kamu dan minta daftar di kantor bank terdekat, kamu langsung bisa menggunakan mobile banking.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi nasabah karena dapat menghemat biaya dengan memanfaatkan fitur pada mobile banking tersebut. Tapi, ada baiknya untuk memastikan terlebih dahulu kalau nggak ada biaya tambahan dari provider seluler kamu saat melakukan transaksi mobile banking, seperti adanya biaya SMS saat pendaftaran nomor rekening baru. 

3. Dapat Memantau Transaksi dan Saldo Rekening (Real Time Online)

Transaksi Real Time Online

Kamu juga bisa memantau transaksi keuangan pribadi kamu secara real time online. Catatan transaksi secara otomatis akan ditampilkan lewat aplikasi m-banking kamu, sehingga pengelolaan uang kamu bisa lebih efisien dan selalu termonitor.

Selain itu, kamu juga bisa mengelola dana yang keluar dan dana yang masuk di rekening kamu, memeriksa deposito, dan membuat deposito. Oleh karena itu, kamu dapat mengawasi pengeluaran pribadi secara detail.

4. Sistem Keamanan Terjamin

Sistem Keamanan Terjamin dengan Mobile Banking

Dalam menggunakan fitur-fitur di mobile banking, umumnya terdapat kode verifikasi, PIN, dan sistem keamanan yang telah distandarisasi oleh pihak bank. Sistem keamanan yang diterapkan dalam mobile banking sudah nggak perlu diragukan lagi.

Namun, masih banyak orang yang enggan menggunakan aplikasi mobile banking karena merasa bahwa penggunaan aplikasi ini nggak aman. Padahal, aplikasi ini terhitung aman karena adanya kode verifikasi, PIN, dan sistem keamanan lainnya sehingga hanya bisa diakses oleh pihak yang bersangkutan. Jadi, kamu nggak usah khawatir!

Begitulah penjelasan mengenai beberapa keunggulan dari mobile banking. Sudah jelas kan kalau mobile banking lebih mudah dan praktis dibandingkan menggunakan alternatif layanan perbankan lainnya? 

Dibalik banyaknya keunggulan dari mobile banking, tentunya ada beberapa kekurangan. Salah satunya adalah pengenaan biaya transfer antar bank, seperti halnya di bank dan mesin ATM.

Transaksi dari satu rekening bank ke rekening bank yang berbeda melalui mobile banking biasanya akan dikenakan biaya transaksi sebesar Rp6.500 per transaksi. Bayangkan jika kamu melakukan banyak transaksi, maka akan mahal biaya transaksi yang harus kamu bayar.

Solusi Terbaik untuk Kamu

Supaya nggak boros, kamu harus cari alternatif lain nih saat melakukan transaksi berulang kali. Nah, kamu bisa pakai fitur transfer antar bank milik OY! Indonesia yang nggak kalah praktis dan aman!

Keunggulan dari OY! Indonesia adalah layanan transfer antar bank gratis ke bank mana pun! Jadi, nggak perlu pusing lagi nih gara-gara biaya transfer yang mahal akibat sering bertransaksi antar bank.

Cara transfer antar bank lewat OY! pun gampang banget kok. Dijamin nggak akan bikin kamu bingung. Klik laman ini ya untuk tahu caranya!

Bagi kamu yang ingin transfer uang antar bank dengan nominal yang besar, yaitu lebih dari Rp5.000.000, kamu bisa pakai fitur OY! Plus agar lebih irit loh. Klik tautan ini untuk tahu lebih lanjut!

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi OY! Indonesia secara gratis di smartphone untuk menikmati keuntungan bertransaksi antar bank ini. Download aplikasi OY! Indonesia sekarang! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023