Kemudahan Metode Pembayaran QRIS untuk Payment Checkout Link

Shafira
|
May 3, 2021

Kemudahan teknologi saat ini membuat banyak hal menjadi serba praktis, termasuk dalam hal pembayaran. Transaksi uang tunai kini telah bergeser dengan sistem pembayaran cashless. Salah satu metode pembayaran cashless yang paling diminati adalah metode scan Kode QR.

Tidak perlu lagi membawa uang tunai atau gesek kartu debit, dengan metode tersebut konsumen hanya perlu melakukan scan kode QR ke alat scanner, transaksi pun langsung beres. Apalagi metode pembayaran dengan Kode QR ini juga berlaku di sejumlah negara.

OY! Bisnis memiliki fitur Payment Checkout Link yang dapat membantu Anda untuk mengatur proses pembayaran dalam bisnis Anda dengan berbagai metode pembayaran. Salah satunya adalah Kode QR ini. Sebelum itu, apa itu Kode QR?

Mengenal Kode QR

Kemudahan Menggunakan Metode Pembayaran QRIS untuk Payment Checkout

Quick Response Code atau Kode QR adalah kode barcode unik yang dapat diterjemahkan secara cepat. Saat ini UMKM di Indonesia mulai menyesuaikan perkembangan dan keinginan konsumen, dengan beralih ke Kode QR Payment. Jika dibandingkan dengan kode barcode biasa, Kode QR lebih mudah untuk diuraikan oleh pemindai dan juga memiliki kapasitas penyimpanan data yang baik.

Agensi digital marketing Juniper Research memprediksikan bahwa penggunaan Kode QR di dunia akan melonjak lebih dari 300% selama lima tahun ke depan sehubungan dengan berjalannya obligasi transaksi elektronik. Artinya pembayaran dengan Kode QR sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Terlebih lagi, di era pandemi saat ini, pembayaran cashless sangat dianjurkan karena membantu memutus mata rantai virus sehingga mengurangi kontak fisik. Di Indonesia, berbagai merchant dan UMKM mulai menggunakan Kode QR sebagai salah satu metode pembayaran. Keberadaan Kode QR menjadi salah satu pilihan metode pembayaran yang cukup populer di kalangan masyarakat. Saat ini, Kode QR sudah diatur oleh standar pembayaran di Indonesia dengan nama QRIS.

Apa itu QRIS?

QRIS (QR Indonesian Standard) adalah standar pembayaran yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Apa pentingnya QRIS? Dengan QRIS, pembayaran bisa lebih praktis hanya menggunakan Kode QR.

Apalagi terdapat QRIS yang menggunakan QR standar internasional EMV Co yang bisa dipakai di sejumlah negara. Jika bisnis Anda menggunakan QRIS, Anda dapat menerima pembayaran secara langsung dari aplikasi pembayaran milik mereka.

Selain itu, biaya transaksi QRIS sudah disamakan bagi seluruh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (bank, e-wallet, dan sebagainya). Hal ini merujuk dari kebijakan Bank Indonesia dalam Keputusan Deputi Gubernur Bank Indonesia Nomor: 21/1/KEP.DG/2019.

Semua transaksi pembayaran menggunakan QRIS, akan diselaraskan dengan satu kode QR pembayaran yang sama sehingga dapat menerima berbagai macam pembayaran dari aplikasi yang berbeda.

Dari segi keamanan, Kode QR memberikan perlindungan terhadap konsumen karena setiap PJSP penyelenggara QRIS sudah dipastikan memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia. Kode QR juga memudahkan pelaku bisnis untuk melakukan rekonsiliasi pembukuan transaksi tunai dan juga dapat mencegah tindak kecurangan dalam proses pembukuan.

Metode QRIS pada fitur Payment Checkout Link OY!

Kemudahan Menggunakan Metode Pembayaran QRIS untuk Payment Checkout

Seiring meningkatnya customer demand terhadap QRIS, OY! Bisnis turut menghadirkan QRIS sebagai salah satu opsi metode pembayaran di fitur Payment Checkout Link. Anda dapat menggunakan fitur Payment Checkout Link untuk memfasilitasi metode QRIS untuk menerima pembayaran dari e-wallet dan mobilebanking.

Payment Checkout Link merupakan fitur dari OY! Bisnis yang akan membantu Anda mengatur kanal pembayaran bagi bisnis Anda. Fitur ini akan membantu Anda untuk mengatur, menjalankan, dan membuat layanan pembayaran dalam halaman pembayaran dari bisnis Anda dalam bentuk link pembayaran (payment link).

Selain itu, Anda juga dapat mengatur metode pembayaran apa saja yang dapat digunakan konsumen dengan bisnis Anda. Opsi metode pembayaran yang dihadirkan oleh fitur Payment Checkout Link sangat beragam. Mulai dari kartu debit, kartu kredit, serta bank transfer. Anda juga dapat mengatur jumlah pembayaran yang dapat diterima dari suatu link pembayaran.

Uniknya, konsumen dapat mengunduh kode QR yang berada di laman checkout dan memasukkan kode QR ke dalam fitur scan QR yang berada di dalam aplikasi e-wallet dan mobile banking. Hal ini akan sangat membantu apabila konsumen tidak dapat melakukan pemindaian kode secara langsung.

Manfaat Metode Pembayaran QRIS Untuk Payment Checkout Link

Dengan menggunakan fitur Payment Checkout Link, Anda akan merasakan kemudahan dan kenyamanan bagi Anda selaku pelaku bisnis dan juga terhadap konsumen bisnis Anda dalam melaksanakan proses transaksi.

Untuk Bisnis Anda

Kemudahan Transaksi Non-Tunai

Anda dapat dengan mudah menerima pembayaran non-tunai karena QRIS bersifat responsif sehingga pembayaran dapat diproses secara cepat dan tepat.

Satu Kode untuk Semuanya

Bisnis Anda cukup melakukan membuat satu kode QR yang dapat menerima pembayaran dari aplikasi manapun. Metode pembayaran QRIS akan membantu menyederhanakan proses pembayaran bagi bisnis Anda.

Untuk Konsumen Bisnis Anda

Fleksibilitas dalam Pembayaran

Dengan menggunakan fitur Payment Checkout Link dari OY! Anda dapat menyediakan berbagai metode pembayaran untuk bisnis Anda sehingga konsumen dapat memilih secara fleksibel.

Alat Pembayaran yang Praktis

Konsumen tidak perlu repot mengunduh berbagai macam aplikasi untuk melakukan pembayaran dengan metode QRIS. Hanya dengan satu kode, bisnis Anda dapat menerima pembayaran baik dari aplikasi e-wallet atau mobile banking.

Alur Kerja Metode Pembayaran QRIS di Payment Checkout Link

Bila Anda masih bingung dengan alur kerja QRIS, di bawah ini merupakan gambaran skenario penggunaan metode pembayaran QRIS.

Pembayaran QRIS Melalui E-Wallet

  1. Anda harus membuat kode QR terlebih dahulu di laman Payment Checkout Link yang berada di Dashboard OY! Bisnis Anda.
  2. Setelah Anda membuat Payment Link, Anda dapat memilih opsi QRIS sebagai salah satu metode pembayaran. Link pembayaran tersebut akan dikirim kepada konsumen.
  3. Konsumen menerima Payment Link dari Anda dan hendak membayar menggunakan layanan e-wallet.
  4. Konsumen memilih opsi pembayaran QRIS.
  5. Kode QR yang sudah Anda buat di laman Payment Checkout Link akan muncul di halaman pembayaran Konsumen.
  6. Konsumen dapat memindai kode QR secara langsung atau mengunduh Kode QR untuk dimasukkan ke dalam fitur scan QR di dalam aplikasi e-wallet.
  7. Konsumen membayar sesuai biaya yang ditampilkan dari hasil pemindaian Kode QR.
  8. Konsumen menyelesaikan transaksi pembayaran.
  9. Pembayaran berhasil.
  10. Hasil transaksi pembayaran dapat langsung diterima oleh bisnis Anda.

Pembayaran QRIS Melalui Mobile Banking

  1. Anda membuat kode QR terlebih dahulu di laman Payment Checkout Link.
  2. Setelah Anda membuat Payment Link, Anda dapat memilih opsi QRIS sebagai salah satu metode pembayaran. Link pembayaran tersebut akan dikirim kepada konsumen.
  3. Konsumen menerima Payment Link dari Anda dan hendak membayar menggunakan layanan mobile banking.
  4. Konsumen memilih opsi pembayaran QRIS.
  5. Kode QR yang sudah Anda buat di laman Payment Checkout Link akan muncul di halaman pembayaran Konsumen.
  6. Konsumen dapat memindai kode QR secara langsung atau mengunduh Kode QR untuk dimasukkan ke dalam fitur scan QR di dalam aplikasi mobile banking.
  7. Konsumen membayar sesuai biaya yang ditampilkan dari hasil pemindaian Kode QR.
  8. Konsumen menyelesaikan transaksi pembayaran.
  9. Pembayaran berhasil.
  10. Hasil transaksi pembayaran dapat langsung diterima oleh bisnis Anda.

Konsumen dapat menggunakan aplikasi e-wallet dan mobile banking mana saja dalam proses pembayaran QRIS sehingga Konsumen memiliki kebebasan dalam memilih sumber dana untuk melakukan pembayaran. Tentu saja hal ini akan sangat meningkatkan kenyamanan dan user experience dari sisi Konsumen dalam bertransaksi dengan bisnis Anda. Cukup dengan membuat satu kode QR, sistem pembayaran Anda semakin dimudahkan.

Penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran sangat membantu dalam menyederhanakan proses pembayaran. Konsumen cukup melakukan pemindaian Kode QR untuk melakukan pembayaran.

OY! Bisnis hadir untuk memfasilitasi segala kebutuhan transaksi dalam bisnis Anda. Fitur Payment Checkout Link akan sangat memudahkan Anda dalam mengatur skema pembayaran di bisnis Anda. Mari daftarkan diri Anda sekarang di OY! Bisnis.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023