Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Arin
|
June 30, 2022

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online - Teknologi digital yang terus mengalami perkembangan membuat banyak orang bisa melakukan berbagai hal dengan mudah, salah satunya adalah berbisnis secara online. Hanya dengan bermodalkan laptop atau smartphone dengan jaringan internet, para pemilik bisnis online bisa menjalankan usaha mereka dimana saja dan kapan saja.

Jenis bisnis yang satu ini semakin menjamur dari tahun ke tahun karena memiliki jam kerja yang fleksibel sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, bisnis online juga banyak diminati karena memiliki peluang keuntungan yang cukup menjanjikan.

Saat ini, sudah ada banyak orang yang mencoba peruntungan mereka di dunia bisnis dengan cara memulai bisnis online. Semakin hari, jenis barang maupun jasa yang bisa dijual di internet juga semakin beragam sehingga terus mendatangkan banyak pelanggan baru dan memperluas pasar.

Walaupun begitu, tidak bisa dimungkiri kalau bisnis online memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, penting bagi para calon pebisnis untuk melakukan analisa dengan kompetitor, baik analisa mengenai produk, keunggulan, hingga target pasar, terlebih dahulu.

Nah, sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis online, yuk, simak artikel di bawah dan ketahui apa saja kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki bisnis online!

Kelebihan Bisnis Online

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Bisnis online banyak digandrungi oleh masyarakat karena memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika menjalankan bisnis secara online.

Mudah untuk dijalankan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis online dianggap lebih mudah dilakukan sehingga cocok untuk pemula yang tidak memiliki pengalaman dalam berbisnis. Selain itu, bisnis online juga bisa dilakukan kapan saja dan memiliki jadwal fleksibel sehingga cocok dijalankan oleh siapa saja dari karyawan kantoran hingga ibu rumah tangga.

Saat ini juga sudah ada banyak sekali aplikasi pendukung yang bisa membantu pemilik bisnis dalam menjalankan bisnis online mereka. Dari aplikasi media sosial sebagai sarana promosi, aplikasi marketplace sebagai platform penjualan, hingga aplikasi desain untuk membuat foto produk yang menarik, semuanya bisa kamu unduh dan gunakan dengan mudah.

Jangkauan pasar yang lebih luas

Berbeda dengan bisnis offline, bisnis online memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Dengan bantuan teknologi dan jaringan internet, pemilik bisnis online bisa menawarkan dan menjual produk mereka ke pelanggan yang berasal dari tempat jauh sekalipun, baik itu dari luar kota, luar pulau, bahkan hingga luar negeri.

Jangkauan pasar yang luas ini nantinya akan membawakan keuntungan bagi pemilik bisnis online karena tingkat penjualan dan pelanggan mereka tidak terbataskan oleh satu tempat saja.

Tidak membutuhkan modal awal dalam jumlah besar

Umumnya, kamu butuh jumlah modal awal yang cukup besar pada saat akan memulai sebuah bisnis karena ada banyak pengeluaran yang harus kamu bayarkan seperti membayar sewa tempat, mengisi stok produk, hingga melakukan promosi melalui flyer dan spanduk.

Akan tetapi, nyatanya ketika kamu memutuskan untuk menjalankan sebuah bisnis online, kamu hanya membutuhkan modal secukupnya saja loh. Bahkan ada beberapa jenis bisnis online yang tidak membutuhkan modal berupa uang sama sekali dan hanya memerlukan smartphone dengan jaringan internet saja.

Sebagai pemilik bisnis online, kamu tidak perlu mengeluarkan dana untuk menyewa tempat berjualan karena semua kegiatan jual-beli dilakukan secara digital sehingga kamu pun juga bisa menyiapkan stok barang secukupnya saja. Selain itu, kegiatan promosi juga bisa kamu lakukan secara gratis di media sosial sehingga pengeluaran pun bisa ditekan menjadi seminimal mungkin.

Kekurangan Bisnis Online

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Selain memiliki banyak keuntungan, bisnis online juga memiliki beberapa kekurangan yang sering menjadi kendala serius bagi kelangsungan bisnis tersebut. Berikut adalah beberapa kekurangan dari menjalankan bisnis online.

Tingkat persaingan yang tinggi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jenis bisnis yang satu ini memiliki tingkat persaingan yang cukup ketat. Seiring dengan bertambahnya jumlah toko online di berbagai platform marketplace, ada banyak pemilik bisnis yang mulai menjual produk maupun jasa yang serupa. 

Hal ini pun menciptakan persaingan yang ketat dan membuat para pemilik bisnis harus terus berusaha dan menciptakan inovasi baru agar produk mereka tetap terjual dengan laris di pasaran.

Kredibilitas masih sering diragukan

Salah satu kekurangan lainnya dari bisnis online adalah pelanggan tidak bisa menyentuh ataupun memeriksa produk yang dijual secara langsung. Kekurangan yang satu ini sering menjadi salah satu alasan mengapa suatu toko online sepi pelanggan.

Oleh karena itu, pemilik bisnis online harus pintar dalam membangun branding, baik melalui media sosial maupun marketplace, sehingga bisa membangun komitmen dan loyalitas pelanggan yang kuat dalam bisnis mereka.

Kendala pada saat pengiriman

Dari sekian banyaknya keluhan dari pelanggan mengenai layanan pada saat berbelanja secara online, keluhan akan pengiriman barang merupakan salah satu masalah yang paling sering terjadi. 

Walaupun kendala pengiriman bisa saja terjadi karena kesalahan dari pihak pembeli atau pihak ekspedisi, pelanggan tetap saja kan meninggalkan keluhan di ulasan toko online kamu sehingga bisa mempengaruhi pandangan orang lain terhadap bisnis kamu secara keseluruhan.

Nah, setelah membaca artikel di atas dan mempertimbangkan kelebihan serta kekurangan dari bisnis online, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Transaksi Bisnis Lebih Mudah dan Praktis dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang