Kegunaan API Disbursement untuk Bisnis E-Commerce

Shafira
|
May 3, 2021

Kini, kegiatan jual beli secara online makin digandrungi oleh masyarakat. Kemajuan teknologi digital mempermudah masyarakat untuk melakukan aktivitas buy and sell tanpa harus keluar rumah dan pergi ke toko si penjual. Bisnis e-commerce pun mendominasi daya beli masyarakat dengan pesat.Kemajuan pesat ini juga didukung dengan kehadiran online marketplace. Para pelaku bisnis semakin mudah untuk membuka lapak dagang dengan jangkauan konsumen yang lebih luas. Dalam menjalankan bisnis di ranah digital, Anda tentu perlu mengerti seluk beluk dari transaksi digital. Bila dulu Anda harus pergi ke ATM atau bank terdekat, saat ini Anda dapat melakukannya hanya dari rumah dengan internet.Walaupun begitu, hambatan tetap terjadi dalam transaksi digital. Proses penarikan dana dari marketplace dan refund barang dinilai menjadi kedua hal yang kerap menimbulkan hambatan. Kedua hal ini dianggap sebagai tantangan karena dianggap menyita waktu bagi para pelaku bisnis e-commerce.API Disbursement dari OY! Bisnis merupakan salah satu bentuk solusi untuk Anda dalam menjalankan bisnis e-commerce. Hanya dengan mengintegrasikan sistem API milik OY!  dengan sistem bisnis milik Anda, berbagai transaksi dapat dilakukan dengan cepat. Berikut keunggulan yang Anda bisa dapatkan dengan API Disbursement.

Penggunaan API Disbursement untuk Penarikan Dana dari Marketplace

Kegunaan API Disbursement untuk E-commerce

Penarikan dana dari marketplace. Setiap penjualan sukses terjadi, uang tidak akan langsung dicairkan ke rekening penjual, melainkan ditampung di rekening marketplace tersebut. Anda harus melakukan withdraw terlebih dahulu agar dana dapat dicairkan. Proses penarikan dana dari marketplace terkadang cukup menyita waktu. Biasanya penarikan dana ke rekening tujuan BCA, Mandiri, BRI, BNI maksimal 1×24 jam di hari kerja. Sementara di luar bank tersebut akan memakan waktu kurang lebih 2x24 jam. Proses penarikan dana juga mengikuti waktu bank beroperasi, maka pada hari Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional, proses penarikan dana tidak dapat dilakukan dan baru akan diproses oleh bank bersangkutan di hari kerja berikutnya.Berbagai marketplace juga belum memiliki fitur untuk penarikan dana dari rekening marketplace ke dompet digital (e-wallet) secara langsung, sehingga ada keterbatasan dalam pilihan tujuan penerimaan dana.API Disbursement memiliki fitur Overdraft untuk membantu Anda dalam proses withdraw dari marketplace. Dengan mengintegrasikan sistem API Disbursement milik OY! dengan sistem bisnis milik Anda, OY! Akan melakukan disburse dari rekening marketplace menuju rekening tujuan yang Anda inginkan.Fitur ini dapat Anda gunakan kapan saja tanpa harus mengikuti jam operasional dari bank. secara real time, proses disburse akan terlaksana dengan lebih cepat. Dengan satu integrasi, kegiatan finansial Anda akan semakin nyaman dengan API Disbursement.

Membantu Proses Refund Untuk Barang Sold Out

Kegunaan API Disbursement untuk E-commerce

Ketika barang Anda sold out atau mengalami kerusakan, Anda perlu untuk melakukan pengembalian dana atau refund terhadap pembeli. Masalah yang sering dihadapi dalam proses refund adalah tujuan rekening penerima dana yang terdiri dari beragam bank. Proses refund akan memakan waktu lama bila dilakukan dengan manual.Oleh karena itu, API Disbursement mengizinkan Anda untuk melakukan transfer ke beragam jenis bank hanya dalam satu kali transaksi. Untuk melakukan refund, Anda akan diharuskan melakukan top up. Proses ini disebut dengan top up karena dana hanya akan dapat dikembalikan melalui nomor e-wallet user.OY! memiliki jangkauan transaksi yang luas. Luas jangkauan hingga ke 100+ bank dan berbagai platform e-wallet di Indonesia. Anda dapat melakukan pengecekan daftar bank yang terhubung dengan OY! Bisnis dari dashboard API milik Anda.Setiap top up akan diproses secara real time sehingga waktu Anda untuk menyelesaikan pembayaran pun semakin cepat. Anda cukup memonitor status transaksi dan menerima notifikasi transaksi berhasil dari callback sistem kami.API Disbursement akan sangat membantu Anda dalam menjalankan transaksi bisnis Anda. Selain itu, API Disbursement memiliki beberapa keunggulan lainnya yang bisa Anda manfaatkan dari layanan kami. Tertarik? Daftarkan diri Anda sekarang di OY! Bisnis dan nikmati kenyamanan dalam transaksi massal.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023