Terapkan Hal Ini untuk Hindari Utang di Tengah Pandemi

Luthfa
|
May 3, 2021

Terapkan Hal Ini untuk Hindari Utang di Tengah Pandemi - Siapa sih yang nggak mau hidupnya terbebas dari utang? Semua orang pasti kepengin buat terhindar dari utang, tapi sayangnya tak mudah untuk melakukan hal tersebut. Terkadang, sebagian orang harus berhutang untuk membeli barang dengan nominal yang sangat besar, seperti properti, kendaraan, maupun smartphone.

Memiliki utang sebenarnya nggak bisa dibilang sebagai kebiasaan buruk asalkan kamu mampu membayarnya secara konsisten dan lancar. Makanya, jagalah porsi utang di level yang sehat, yakni nggak sampai 30 persen dari pendapatan.

Meski begitu, sebaiknya kamu nggak menambah utang baru mengingat dunia masih dilanda dengan pandemi virus corona. Kita semua pun nggak pernah tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu berfokus pada kesehatan finansial agar terhindar dari krisis keuangan.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang belajar mengelola keungan dan ingin hidup bebas utang, ikuti beberapa kebiasaan baik berikut ini.

Stop kebiasaan belanja konsumtif

terapkan kebiasaan ini untuk hindari utang di tengah pandemi

Cara pertama untuk terhindar dari utang adalah dengan berhenti belanja konsumtif. Cara ini memang terdengar mudah tapi nyatanya sulit dilakukan. Apalagi jika ada diskon besar-besaran, keinginan untuk belanja mumpung ada diskon pasti sangat sulit dihindari.

Sebagai permulaan, kamu bisa mencoba membuat daftar kebutuhan dan keinginan. Kemudian, prioritaskan untuk belanja barang-barang yang termasuk ke dalam daftar kebutuhan. Jika masih ada sisa uang, barulah kamu boleh membeli sesuatu yang ada di dalam daftar keinginan. Namun, pastikan seluruh kebutuhanmu telah terpenuhi, ya.

Ingat, jangan biarkan pengeluaranmu membengkak, utang bertambah, dan gaji yang hanya numpang lewat gara-gara terlalu banyak berhutang atau mencicil. Sebaiknya buat catatan sebagai motivasi keuangan pribadi yang berisi mengenai goal untuk nggak belanja konsumtif, goal punya dana darurat, dan goal lainnya yang membebaskanmu dari utang.

Hidup sehat

Di tengah pandemi virus corona, kita memang dituntut untuk hidup lebih sehat. Pasalnya, virus sangat mudah masuk ketika imun tubuh seseorang sedang menurun. Jadi, untuk mencegah masuknya virus, kita harus selalu meningkatkan kekebalan tubuh.

Mulailah untuk menerapkan hidup sehat dengan cara memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi, olahraga, dan tidur yang cukup. Kurangi kebiasaan membeli makanan dengan sistem deliveryonline. Selain bikin boros, memesan makanan dari luar juga bisa jadi kurang higienis.

Hindari pula kebiasaan membeli kopi susu kekinian. Daripada membelinya, lebih baik untuk membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang harganya lebih ekonomis.

Mencari tambahan penghasilan

terapkan kebiasaan ini untuk hindari utang di tengah pandemi

Hanya memiliki satu sumber penghasilan itu bagus, tapi kalau bisa menambahnya kenapa nggak? Buat kamu yang selama ini selalu merasa gaji pas-pasan sehingga nggak ada uang tambahan untuk ditabung atau diinvestasikan, maka sudah saatnya untuk aktif mencari tambahan penghasilan.

Mulailah dari hal kecil seperti mencari lowongan pekerjaan freelancer yang bisa dilakukan di waktu senggang. Atau, kamu juga bisa merintis bisnis online dengan menjual barang-barang yang sekiranya bermodal kecil. Jika belum punya modal, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu.

Kalau kamu punya skill mengajar, nggak ada salahnya untuk menjadi tutor online. Yang terpenting, sesuaikan kemampuanmu dengan pekerjaan yang ingin kamu geluti. Jangan lupa untuk miliki motivasi positif bahwa kamu pasti bisa mencari penghasilan tambahan.

Dengan adanya sumber penghasilan lain, semua utang yang kamu punya bisa dilunasi dengan cepat. itu artinya, kamu jadi bisa menyisihkan penghasilanmu untuk ditabung dan diinvestasikan.

Bersedekah

Cara yang terakhir adalah dengan membiasakan diri untuk bersedekah. Melalui bersedekah, segala urusan kamu nggak hanya dimudahkan tapi rezeki kamu pun akan selalu didekatkan. Bahkan, bisa jadi semua utang kamu akan cepat lunas.

Kalau ditanya harus sedekah berapa banyak, hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuanmu. Sebab yang namanya sedekah nggak pernah terpatok dengan nilai uang sehingga kamu bisa bersedekah dalam bentuk hal lainnya, misal tenaga.

Jadi, mulailah untuk bersedekah secara rutin dan perbanyak rasa syukur agar semua keinginan kamu untuk terbebas dari utang bisa terwujud.

Menahan diri

terapkan kebiasaan ini untuk hindari utang di tengah pandemi

Selanjutnya, biasakan untuk menahan diri agar nggak berutang. Sekeras apa pun usaha kamu, tapi kalau kamu masih tergoda untuk berutang, semuanya akan menjadi sia-sia. Kurangi dan hentikan utang yang sifatnya konsumtif dan fokuslah untuk memperbaiki keuanganmu saat ini.

Itu dia kebiasaan yang bisa kamu lakukan guna menghindari utang di tengah pandemi. Selamat mencoba!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023