Kapan Idul Adha 2022?

Arin
|
June 21, 2022

Kapan Idul Adha 2022? - Tidak terasa sebentar lagi kita memasuki bulan Dzulhijjah 1443 H yang berarti, Hari Raya Idul Adha akan segera tiba. 

Seperti di momen-momen hari raya lainnya, masyarakat pasti akan segera mencari informasi mengenai tanggal jatuhnya Hari Raya Idul Adha di tahun 2022 ini, terutama karena momen hari raya di Indonesia juga termasuk ke agenda hari libur nasional sehingga masyarakat sering menggunakan momen tersebut untuk beristirahat sejenak dari kegiatan harian mereka.

Menurut kalender Islam, Hari Raya Idul Adha 2022 akan jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah atau 9 Juli 2022 mendatang. Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah juga mengatakan kalau tanggal tersebut sesuai dengan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.

Sementara itu, dari Kementerian Agama sampai sejauh ini belum mengumumkan penetapan tanggal jatuhnya Hari Raya Idul Adha. Biasanya, Kemenag akan melaksanakan sidang isbat yang disiarkan di televisi atau media sosial menjelang Hari Raya Idul Adha.

Walaupun Kemenag belum mengumumkan dengan pasti tanggal jatuhnya Idul Adha 2022, tapi biasanya hari perayaan akan jatuh di tanggal yang sama atau hanya memiliki perbedaan satu hari dengan PP Muhammadiyah.

Idul Adha dan Dzulhijjah, Momen Penuh Berkah Bagi Umat Muslim

Hari Raya Idul Adha merupakan momen perayaan yang penting bagi para umat muslim karena merupakan hari untuk berbagi kebaikan. Bagi mereka yang mampu secara finansial juga bisa menambah amal kebaikan melalui kegiatan berkurban sapi, domba, atau kambing, dan membagikan hasil kurban tersebut ke kalangan yang membutuhkan.

Bulan Dzulhijjah juga merupakan bulan yang istimewa dan penuh berkah bagi para umat muslim. Terutama pada hari-hari pertama di bulan Dzulhijjah, dimana umat muslim dianjurkan untuk terus menanam kebaikan dengan berbagai cara.

Selain merupakan bulan yang penuh berkah dimana kita bisa saling berbagi melalui hasil kurban pada saat Hari Raya Idul Adha, ada beberapa keistimewaan lain dari bulan Dzulhijjah bagi umat muslim, yaitu:

Takbir Idul Adha

Berbeda dengan takbiran saat lebaran Idul Fitri, takbir Idul Adha berlangsung selama 5 hari dari 9 Dzulhijjah malam dan diteruskan sampai 10 Dzulhijjah pagi atau sampai sebelum shalat Idul Adha dilangsungkan. Setelah itu, takbir akan diteruskan sampai tanggal 13 Dzulhijjah.

Takbiran yang dilakukan pada saat momen Idul Adha sendiri merupakan takbir muqayyad sehingga dilaksanakan setiap selesai shalat, baik shalat fardhu maupun sunnah.

Dilarang puasa pada Hari Tasyrik

Hari tasyrik merupakan hari di mana umat muslim dilarang untuk berpuasa, karena merupakan hari untuk makan dan minum. Hari ini biasanya jatuh di tanggal 10 sampai 13 Dzulhijjah, atau di momen ketika dan setelah perayaan Idul Adha.

Hal ini dikarenakan, pada hari tasyrik umat muslim dianjurkan untuk menyantap makanan dari hasil kurban sehingga melakukan ibadah puasa pada hari tasyrik diharamkan. 

Nah, itulah informasi mengenai tanggal penetapan Idul Adha 2022 menurut PP Muhammadiyah dan momen-momen spesial bagi para umat muslim pada saat perayaan. Bagaimana? Apakah kamu sudah siap menyambut Hari Raya Idul Adha?

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang