5 Jenis Usaha Bermodal Kecil yang Cocok untuk Pemula

Atia Tobing
|
July 28, 2021

Memulai suatu usaha atau bisnis tentu memerlukan persiapan matang yang meliputi persiapan ide, modal, tenaga, manajemen, tempat usaha, strategi pemasaran, dan lain sebagainya. Dari berbagai macam persiapan yang harus dilakukan, persiapan modal merupakan salah satu yang terpenting, mengingat suatu usaha wajib memiliki modal agar bisa berjalan dan berkembang dengan baik. 

Seorang pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis mungkin akan mengalami kesulitan dalam mengumpulkan modal dalam jumlah besar. Jika Anda merupakan seorang pemula yang berencana membangun usaha dengan modal yang terbatas, pastikan untuk tidak menjadikan besarnya jumlah modal sebagai penghalang Anda dalam memiliki usaha.

Kini, banyak opsi usaha yang tidak mengharuskan Anda untuk menyiapkan modal besar sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk memulai suatu usaha. Pada artikel ini, kami akan membahas 5 jenis usaha dengan modal kecil yang cocok untuk para pemula.

Pentingnya Memulai Usaha dengan Mengambil Risiko

Pentingnya Memulai Bisnis

Jika Anda tertarik untuk memulai dan membangun suatu usaha, hal pertama yang harus Anda miliki adalah keberanian dalam mengambil risiko. Risiko yang dimaksud di sini adalah risiko memulai suatu usaha terlepas dari segala keterbatasan Anda, khususnya keterbatasan modal.

Di era digital seperti sekarang, jenis usaha tidak selalu mengharuskan para pengusaha untuk memiliki toko fisik. Faktanya, jenis usaha kini telah beralih ke ranah digital, yakni bisnis online. Alhasil, sebagai seorang pemula, Anda tidak perlu mengkhawatirkan modal tempat usaha karena Anda bisa berbisnis secara daring.

Setelah Anda yakin dengan rencana Anda untuk membangun usaha, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menentukan jenis usaha apa yang akan Anda kelola. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang berbagai macam jenis usaha yang bisa Anda pilih.

Apabila Anda merupakan seorang pemula yang memiliki modal usaha terbatas, Anda bisa memilih jenis usaha yang tidak memungut biaya besar. Berikut 5 jenis usaha bermodal kecil yang bisa Anda pilih sebagai pemula.

Jenis-Jenis Usaha dengan Modal Kecil yang Cocok untuk Pemula

Sebagai seorang pemula, usaha atau bisnis rumahan yang bermodal kecil merupakan opsi terbaik untuk Anda. Simak jenis-jenis usaha dengan modal kecil yang bisa Anda pertimbangkan pada ulasan berikut ini.

Kursus/Bimbel Online

Jenis Usaha dengan Modal Kecil yang Cocok untuk Pemula

Maraknya pandemi COVID-19 telah mengharuskan para siswa sekolah untuk belajar di rumah masing-masing, sebagaimana protokol kesehatan yang berlaku. Jadi, jenis usaha pertama yang sangat dibutuhkan dan diminati oleh mayoritas siswa sekolah saat ini adalah kursus atau bimbel online

Modal yang dibutuhkan untuk mengelola usaha kursus atau bimbel online relatif kecil, yakni modal untuk koneksi internet (baik WiFi maupun paket data internet) dan buku-buku pelajaran sebagai pendukung penjelasan materi (apabila dibutuhkan). Dengan jenis bisnis ini, Anda bisa melaksanakan bisnis ini di mana pun Anda berada, termasuk di rumah Anda sendiri.

Jasa Penerjemahan

Jenis Usaha dengan Modal Kecil yang Cocok untuk Pemula

Apakah Anda menguasai satu atau beberapa bahasa asing? Jika betul demikian, Anda bisa memanfaatkan keahlian tersebut dengan menawarkan jasa penerjemahan secara online kepada orang-orang yang sedang membutuhkan jasa tersebut. 

Tipe penerjemah dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu penerjemah profesional dan penerjemah pemula. Sebagai penerjemah pemula, Anda bisa mulai menawarkan jasa penerjemahan dokumen-dokumen umum seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya.

Jenis bisnis ini memberikan hasil yang cukup signifikan. Sebagai contoh, apabila tarif penerjemahan Anda sebesar Rp50 per kata, menerjemahkan dokumen, penerjemahan 500 kata (1 halaman) bisa menghasilkan Rp25.000. Jadi, jika Anda bisa menyelesaikan 10 halaman dalam satu hari, maka keuntungan Anda dalam sehari adalah sebesar Rp250.000.

Modal usaha bisnis penerjemahan ini relatif murah, yaitu laptop dan koneksi internet. Jika hasil dokumen fisik dibutuhkan oleh klien Anda, maka Anda harus menyiapkan sebagian modal untuk printer. Di samping itu, lokasi kerja Anda pun fleksibel.

Jasa Pengetikan

Jenis Usaha dengan Modal Kecil yang Cocok untuk Pemula

Selanjutnya, jenis bisnis bermodal kecil yang bisa Anda pertimbangkan adalah bisnis jasa pengetikan. Umumnya, jenis bisnis ini paling laku di kalangan pelajar dan mahasiswa, misalnya untuk penulisan tugas sekolah atau kuliah. 

Pengenaan tarif untuk jasa ini biasanya berdasarkan jumlah halaman atau jumlah kata. Perlu diingat bahwa usaha ini tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Anda hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan seperti komputer atau laptop, printer, kertas, scanner, dan lain sebagainya yang juga bisa diakses melalui toko fotocopy sebagai alternatif murah.

Usaha Minuman Kesehatan

Usaha Minuman Kesehatan di Era Pandemi COVID-19

Saat ini, tren hidup sehat semakin marak diperbincangkan oleh masyarakat akibat adanya pandemi COVID-19 yang mengharuskan mereka untuk menjaga kesehatan, khususnya peningkatan imunitas. Salah satu cara meningkatkan imunitas adalah dengan mengonsumsi minuman kesehatan atau herbal seperti jamu tradisional.

Kasus ini bisa dijadikan sebagai peluang Anda dalam berbisnis. Anda bisa terjun ke bisnis ini jika memiliki keahlian dalam meracik minuman kesehatan. Proses penjualannya pun bisa dilakukan secara daring sehingga aman bagi Anda sebagai penjual dan pelanggan Anda.

Usaha Makanan Ringan

Usaha Makanan Ringan Online

Jenis usaha terakhir yang bisa Anda pilih adalah bisnis makanan ringan (snack). Di Indonesia, produk makanan ringan sangat digemari masyarakat dan merupakan salah satu jenis bisnis yang menjanjikan. 

Faktanya, meskipun banyak macam produk baru yang dikenalkan, antusiasme masyarakat untuk mencoba produk-produk tersebut sangat besar. Artinya, potensi bisnis makanan ringan masih cukup besar. 

Jika Anda tertarik memulai bisnis makanan ringan, Anda harus mempertimbangkan kualitas dan keunikan produk Anda. Setelah keduanya sudah dipikirkan dan direncanakan secara matang, Anda bisa memasarkan produk Anda secara online untuk mendapatkan eksposur yang luas di publik.

Sekian penjelasan mengenai beberapa jenis usaha bermodal kecil yang cocok untuk pemula. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan Anda wawasan dalam memulai suatu bisnis.

Selain menentukan jenis usaha yang ingin Anda kelola, Anda juga perlu mencari solusi transaksi bisnis terbaik untuk bisnis Anda. Hal ini penting dan krusial untuk dilakukan agar seluruh proses transaksi bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kegagalan transaksi yang merugikan. 

Solusi transaksi bisnis terbaik yang bisa Anda gunakan untuk bisnis Anda adalah dengan bergabung di OY! Bisnis. Telusuri lebih lanjut tentang OY! Bisnis di bawah ini.

Dapatkan Solusi Transaksi Bisnis Terbaik dengan Bergabung di OY! Bisnis

OY! Bisnis menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu proses transaksi bisnis Anda. Sebagai salah satu solusi pembayaran yang komprehensif di Indonesia, OY! Bisnis akan mempermudah transaksi Anda dengan pelanggan Anda melalui fitur yang dimilikinya.

Dengan menjadikan OY! Bisnis sebagai jasa pembayaran online bisnis Anda, Anda dapat menerima pembayaran transfer dari pelanggan tanpa harus mengecek satu per satu secara manual. Semua transaksi akan ditampilkan dalam satu dashboard berbasis web sehingga memudahkan Anda dalam melakukan rekonsiliasi data. 


Segera daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis untuk menikmati kemudahan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur dari OY! Bisnis yang tersedia.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023