Inilah Mengapa Presensi Digital Penting bagi Bisnis

Shafira
|
August 20, 2021

Di era digital ini, bisnis Anda perlu hadir secara online. Kemampuan untuk memasarkan secara online sangat penting untuk semua bisnis, baik untuk bisnis besar atau kecil. Pemasaran online juga turut mempengaruhi cara orang membuat keputusan dalam pembelian. Kehadiran online adalah salah satu investasi terpenting yang dapat dilakukan oleh bisnis. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk membangun presensi digital bisnis Anda, semakin banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Sebagian besar bisnis menemukan bahwa kehadiran online dapat meningkatkan upaya pemasaran bisnis mereka, atau bahkan membantu mengalihkan performa bisnis mereka sepenuhnya menjadi bisnis online. Kini tersedia berbagai online platform yang dapat membantu bisnis untuk hadir di ranah digital Sebut saja seperti e-commerce, website, atau pun sosial media. Platform tersebut memiliki kemampuan untuk menawarkan informasi dasar mengenai bisnis Anda seperti lokasi bisnis dan jam operasi hingga memiliki kapabilitas untuk menyediakan layanan e-commerce secara total. Ada banyak alasan mengapa kehadiran digital penting bagi bisnis Anda. 

Ketahui pentingnya presensi digital penting bagi bisnis Anda!

Inilah Mengapa Presensi Digital Penting bagi Bisnis



Apa Itu Presensi Digital?


Pertama, mari kita bahas apa itu kehadiran digital. Sederhananya, kehadiran digital adalah ruang online yang dimiliki merek atau bisnis Anda. Ruang ini dapat mencakup situs web perusahaan Anda, akun media sosial terkait, daftar di direktori bisnis online, hasil mesin pencari, iklan online berbayar, buletin e-mail, atau platform transaksi digital seperti di situs e-commerce, atau situs web Anda sendiri.

Kantor atau toko Anda mungkin buka dari 9-5, tetapi calon pelanggan mencari Anda selama 24/7. Presensi digital memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi yang mereka cari atau untuk membeli produk Anda bahkan saat jam operasi bisnis sedang tutup. Bisnis Anda bisa berjalan siang dan malam tanpa khawatir. Selain itu Anda dapat mengembangkan bisnis, meningkatkan keuntungan, dan memfasilitasi akses mudah untuk klien Anda. Presensi digital tidak memiliki batasan geografis, sehingga memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan baru yang lebih banyak di segala penjuru wilayah.


Mengapa Presensi Digital Begitu Penting?


Melalui presensi digital, Anda dapat membangun identitas bisnis Anda dan menciptakan kesan. Upaya situs web atau media sosial bisnis Anda dapat membedakan bisnis Anda dari pesaing dan membantu bisnis menjadi menarik di mata pelanggan dengan konten bisnis Anda yang disajikan. Anda dapat memanfaatkan platform ini untuk memperkuat bisnis Anda, dengan menyediakan tempat di mana pelanggan dapat menjelajahi dan mempelajari segala sesuatu tentang bisnis dan merek Anda. Adapun beberapa manfaat yang bisa diraih dari presensi digital adalah:

Bangun Kesan dan Citra Positif untuk Nama Bisnis

Banyak calon pelanggan akan membentuk kesan pertama mereka tentang bisnis Anda melalui situs web, Google, atau media sosial Anda. Orang-orang akan mempelajari semua tentang bisnis Anda dan merasakan apa yang tersedia bagi mereka saat menjadi pelanggan di bisnis Anda. Tentunya Anda ingin menonjolkan barang dan jasa Anda sambil meninggalkan kesan positif dan abadi. Salah satu kekuatan dari presensi digital adalah Anda memiliki kendali atas citra online yang diciptakan melalui pencitraan merek yang dirancang secara profesional. Bisnis Anda akan tampak lebih manusiawi dan mudah terhubung dengan pelanggan.

Bisnis Tampak Lebih Kredibel di Mata Pelanggan

Kehadiran digital juga dapat membuat bisnis Anda tampak lebih kredibel. Calon pelanggan akan memiliki kesempatan untuk melakukan ‘penelitian kecil’ sebelum membeli dan mempertimbangkan kredibilitas bisnis Anda. Dengan memiliki presensi digital, Anda memiliki kesempatan untuk menawarkan informasi mengenai bisnis Anda yang berguna bagi calon pelanggan. Kehadiran online yang profesional juga dapat membantu bisnis Anda tampil jauh lebih besar daripada yang sebenarnya.

Membantu Anda Merancang Strategi Pemasaran Digital

Hadirnya presensi digital juga melahirkan pemasaran digital. Kampanye pemasaran digital yang dijalankan akan membawa pelanggan ke dalam bisnis Anda melalui situs web, media sosial, atau pun melalui mesin pencarian. Presensi digital akan mendukung strategi pemasaran digital Anda secara efektif. Jika dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional, strategi dengan model ini jauh lebih menguntungkan karena strategi ini dapat menargetkan audiens tertentu dan memberikan umpan balik langsung, suatu cara yang tidak bisa dilakukan oleh iklan offline.

Meningkatkan Efisiensi Bisnis dalam Berkomunikasi dengan Pelanggan

Presensi digital akan membantu membangun hubungan antara bisnis Anda dengan pelanggan Anda, baik yang sudah ada maupun pelanggan potensial. Komunikasi dapat terjalin lebih baik karena komunikasi dapat terjalin secara dua arah. Saat pelanggan mengkomunikasikan kebutuhan mereka, bisnis Anda dapat memberikan solusi melalui hubungan digital dua arah.


Inilah Mengapa Presensi Digital Penting bagi Bisnis



Mulai Perjalanan Pembayaran Bisnis Anda di OY! Bisnis

Butuh bantuan untuk membangun kehadiran digital Anda dalam dunia pembayaran? Atau ingin membuat sistem pembayaran yang sudah ada menjadi lebih efektif? OY! Bisnis dapat membantu meningkatkan performa pembayaran bisnis Anda, Terobosan pembayaran dari OY! Bisnis dapat menawarkan dukungan dan memberikan solusi inovatif untuk membantu pembayaran dalam bisnis Anda menonjol di dunia bisnis. 

OY! Bisnis dapat diakses secara langsung melalui dashboard berbasis web (via PC atau laptop) untuk memantau serta mengatur transaksi pembayaran yang berlangsung. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memfasilitasi penerimaan pembayaran dari berbagai metode pembayaran. 

Mulai buat akun di portal OY! Bisnis atau hubungi tim Business Development kami di business@oyindonesia.com untuk info lebih lanjut.


Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023