Inilah Berbagai Jenis Alat Pembayaran Non Tunai untuk Bisnis UMKM

Shafira
|
November 30, 2021

Inilah Berbagai Jenis Alat Pembayaran Non Tunai untuk Bisnis UMKM - Sebagai pemilik bisnis UMKM, kepuasan pelanggan adalah salah satu tujuan utama bisnis. Tentunya kamu ingin pelangganmu mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan terus datang kembali untuk berbisnis denganmu. Tetapi memproses pembayaran pelanggan dapat menjadi proses yang sulit dan memakan waktu. Dalam kebanyakan kasus, hal ini dikarenakan kamu belum menyediakan opsi pembayaran yang optimal bagi pelangganmu.

Akhir-akhir ini alat pembayaran non tunai atau cashless menjadi pilihan populer di antara pelanggan. Menawarkan berbagai pilihan pembayaran akan memungkinkan pelanggan untuk memilih metode pembayaran pilihan mereka, sehingga akan membuat bisnis UMKM-mu dibayar lebih cepat. Menambahkan pembayaran non tunai ke opsi pembayaran bisnis UMKM milikmu memberi pelanggan fleksibilitas untuk membayar melalui opsi yang paling nyaman bagi mereka. Pemilik bisnis dan konsumen dapat memperoleh manfaat dari mode pembayaran digital dengan berbagai cara.

E-Wallet

Saat ini kamu tentunya sudah familiar dengan keberadaan dompet digital atau e-Wallet. E-Wallet menggantikan fungsi dompet fisik yang pelanggan miliki. Dengan e-Wallet, pelanggan dapat melakukan berbagai transaksi pembayaran tanpa perlu harus mengeluarkan uang tunai.

Selain itu, berbagai platform e-Wallet kerap mengeluarkan berbagai promo menarik seperti cashback, diskon, dan voucher yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM untuk menarik perhatian pelanggan. Bahkan, beberapa platform e-commerce mengeluarkan e-Wallet yang dapat digunakan ketika bertransaksi di laman e-commerce mereka.

QR Code

Bisnis UMKM QR Code

Kini, tren pembayaran dengan QR Code juga berkembang dengan pesat. Pelanggan cukup memindai kode unik QR (Quick Response Code) pembayaran yang dimiliki oleh bisnis UMKM-mu dengan smartphone dan melakukan proses pembayaran dengan cepat.

Ibaratnya seperti proses pemindaian barang yang dilakukan di kasir supermarket. Hanya dengan memindai kode, harga barang akan tertera dan pelanggan dapat melakukan pembayaran secara langsung. Teknologi ini banyak digunakan dalam aplikasi e-Wallet dan mobile banking.

Kode QR merupakan kode yang responsif. Dengan sekali pemindaian, jumlah biaya yang harus dibayarkan akan tertera di layar smartphone. Pembayaran dengan QR Code juga meminimalisir terjadinya error dalam pembayaran. QR Code memiliki sistem penerjemah yang lebih baik ketimbang kartu debit dan kredit. Walaupun fisik QR code mengalami kerusakan dalam tampilannya, smartphone masih dapat memindai kode tersebut.

Kartu Debit dan Kredit

Bisnis UMKM Kartu Kredit Debit



Kartu debit dan kredit merupakan metode pembayaran yang populer digunakan untuk bertransaksi. Baik transaksi offline maupun online, kartu debit dan kredit memberikan akses pembayaran secara real time dan cepat. Terlebih lagi, kartu debit dan kredit adalah opsi pembayaran non tunai yang didukung oleh banyak sektor bisnis. 

Berbagai bank dan penyedia layanan kartu juga kerap mengeluarkan banyak promosi untuk pembayaran dengan kedua kartu ini, sehingga menyediakan banyak potensi promo untuk bisnis UMKM-mu. Pelanggan hanya perlu mengisi informasi pembayaran dengan data yang tertera di kartu kredit atau debit untuk melakukan pembayaran kepada bisnis UMKM milikmu.


Mobile Banking

Pihak bank turut mengeluarkan inovasi baru seiring dengan berkembangnya zaman dengan mengembangkan sistem electronic banking, yaitu suatu sistem yang memungkinkan para nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan melalui jaringan internet. Kini dua produk e-banking yang sangat diminati masyarakat adalah internet banking dan mobile banking

Mobile banking merupakan metode favorit bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran karena uang dapat langsung dikirimkan ke rekening yang diminta. Proses pengiriman uang dengan mobile banking juga diproses secara real time dan praktis. Kamu dapat menyediakan metode pembayaran mobile banking di dalam bisnis UMKM-mu untuk mempermudah pelanggan di berbagai daerah untuk melakukan pembayaran.


Virtual Account

Metode pembayaran Virtual Account juga memberikan kemudahan dalam pembayaran online. Akun ini bersifat virtual dan menggunakan nomor pelanggan dari bank. Virtual Account memiliki kode unik yang menjadikan alat identifikasi untuk suatu transaksi. Pelanggan cukup membayar sesuai jumlah yang tertera pada Virtual Account milik bisnis UMKM-mu, setelah itu pembayaran pelanggan akan diproses secara langsung.

Setiap pembayaran yang masuk ke Virtual Account bisnis UMKM-mu akan terdeteksi dan diverifikasi secara otomatis oleh sistem. Kamu tidak perlu lagi melakukan konfirmasi manual dengan pelanggan sehingga proses pembayaran sangat praktis dan cepat.

 

Sediakan Berbagai Pembayaran Non Tunai untuk Bisnis UMKM dengan OY! Bisnis

Bisnis UMKM OY Indonesia Bisnis

 

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bagi bisnis Anda. Sebagai salah satu platform money moving terlengkap, OY! Bisnis memiliki fitur OY! Payment Link yang akan membantu kamu mengatur kanal pembayaran bagi bisnis kamu. 

Metode pembayaran yang dihadirkan oleh fitur ini sangat beragam. Mulai dari bank transfer, kartu debit, kartu kredit, serta QRIS. Anda juga dapat melakukan kustomisasi lengkap untuk suatu link pembayaran.

Mari daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan rasakan kenyamanan dalam bertransaksi!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023