Inilah Cara Menerapkan Pembayaran Nirsentuh dalam Bisnis Anda

Shafira
|
May 3, 2021

Teknologi pembayaran makin berkembang pesat tiap harinya. Berawal dari metode pembayaran yang hanya berkutat dengan uang tunai, kini pembayaran dapat dilakukan tanpa harus memiliki uang tunai. Tidak hanya bergantinya metode pembayaran, masyarakat juga dapat melakukan pembayaran tanpa perlu harus melakukan kontak fisik dengan pihak merchant

Akhir-akhir ini pembayaran model contactless atau nirsentuh semakin digaungkan di dalam masyarakat. Menanggapi fenomena pandemi, berbagai bisnis pun juga mulai beralih ke pembayaran nirsentuh untuk membantu memotong rantai virus di masyarakat. Menerapkan pembayaran nirsentuh dalam bisnis bukanlah hal yang sulit dilakukan.

OY! Bisnis hadir dengan Payment Checkout Link untuk membantu Anda mengatur kanal pembayaran bisnis Anda dengan mudah. OY! Bisnis dapat diakses secara langsung melalui dashboard berbasis web (via PC atau laptop) untuk memantau serta mengatur transaksi pembayaran yang berlangsung.

Ketahui bagaimana Payment Checkout Link dari OY! Bisnis dapat membantu menerapkan pembayaran nirsentuh dalam bisnis Anda.

Mengenal Pembayaran Nirsentuh

Sistem pembayaran nirsentuh ini didasarkan pada teknologi RFID atau NFC (Near Field Communication). Teknologi ini tersedia dalam berbagai bentuk seperti kartu kredit, kartu debit, smartphone, kartu e-money, smart card, dan juga tersedia di dalam perangkat yang dapat dikenakan seperti jam tangan pintar (smartwatch). 

Pembayaran bermodel ini juga akan semakin banyak digunakan dalam beberapa tahun ke depan dan sudah menjadi pilihan pembayaran yang disukai oleh masyarakat karena sifatnya yang praktis.

Keuntungan Pembayaran Nirsentuh

Pembayaran nirsentuh menawarkan keuntungan signifikan bagi pihak pelanggan dan bisnis. Berikut adalah daftar kelebihan pembayaran nirsentuh dari perspektif kedua pihak.

Keuntungan Pembayaran Nirsentuh dari Perspektif Pelanggan
  1. Kemudahan penggunaan

Transaksi pembayaran dapat lebih cepat dilakukan adalah keuntungan paling signifikan dari pembayaran nirsentuh. Pelanggan tidak perlu lagi membawa uang tunai untuk melakukan pembayaran dan cukup membawa alat pembayaran nirsentuh seperti smartphone atau kartu debit dan kredit untuk melakukan pembayaran.

  1. Transaksi yang lebih aman

Teknologi pembayaran nirsentuh lebih andal dan aman daripada bentuk pembayaran lain. Pembayaran pelanggan dilindungi melalui enkripsi dan teknologi data yang dinamis.

  1. Fleksibilitas perangkat pembayaran

Pelanggan tidak perlu membawa banyak uang tunai untuk membayar. Berbagai perangkat pembayaran seperti smartphone, smartwatch, atau kartu debit adalah semua yang dibutuhkan oleh pelanggan untuk melakukan pembayaran.

  1. Banyak promo

Berbagai bank atau perusahaan finansial gemar mengeluarkan promo, diskon, atau cashback bagi para pelanggan yang melakukan transaksi pembayaran nirsentuh di merchant-merchant tertentu. Pelanggan dapat menikmati berbagai promo yang menarik dan berhemat dalam melakukan transaksi pembayaran.

Keuntungan Pembayaran Nirsentuh dari Perspektif Bisnis
  1. Efisiensi operasional bisnis yang lebih baik

Pembayaran dapat diselesaikan dalam waktu 15 detik dan bekerja dua kali lebih cepat dari kartu biasa. Dengan lebih sedikit pemrosesan dan penanganan kas yang terjadi, transaksi diselesaikan dengan kecepatan yang lebih cepat, omset cenderung meningkat dan antrian cenderung nggak menumpuk. 

  1. Pengalaman pelanggan yang lebih baik

Pelanggan dapat melakukan proses pembayaran yang lebih efisien dengan merchant dan dapat menghemat waktu ketika berada di kasir. Bahkan, pelanggan tidak perlu berkontak langsung dengan merchant untuk melakukan pembayaran. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan ke arah yang positif.

  1. Meningkatkan pergerakan arus kas

Berbagai merchant dan vendor dapat melihat peningkatan nilai transaksi rata-rata yang meningkat dalam bisnis mereka. Dengan menyediakan opsi pembayaran yang beragam selain tunai, arus kas yang diterima dapat lebih besar jika dibandingkan hanya berkutat dengan pembayaran tunai. 

  1. Perlindungan dari penipuan

Teknologi pembayaran nirsentuh lebih aman dan dienkripsi untuk mencegah upaya peretasan apa pun. Selain itu, transaksi pembayaran  dilindungi dari tindakan penipuan oleh sebagian besar bank penerbit alat pembayaran nirsentuh.

Terapkan Sistem Pembayaran Nirsentuh dengan Payment Checkout Link

Payment Checkout Link dapat membantu Anda membuat tautan pembayaran untuk menerima pembayaran secara online. Tautan pembayaran tersebut dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pembayaran bisnis Anda dan dapat dibagikan langsung kepada pelanggan Anda melalui media sosial atau platform perpesanan apa pun.

Setelah pelanggan tersebut menerima tautan pembayaran, mereka akan diarahkan ke halaman pembayaran yang menunjukkan jumlah yang harus dibayar serta metode pembayaran yang dapat digunakan. Proses pembayaran dapat terjadi dengan cepat dan aman tanpa perlu lagi dilakukannya konfirmasi pembayaran secara manual.

Payment Checkout Link dari OY! Bisnis memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu bisnis menerima pembayaran untuk pekerjaan mereka.

Terima Pembayaran dari Berbagai Kanal Pembayaran

Terima pembayaran dari berbagai bank dan kanal pembayaran tanpa Anda harus membuka akun di masing-masing kanal pembayaran tersebut.

Pengaturan Cepat & Mudah

Tanpa coding atau pun integrasi khusus, Anda dapat membuat tautan pembayaran dan melakukan kustomisasi dengan mudah dan cepat melalui dashboard OY! Bisnis.

Metode Pembayaran yang Beragam

Atur metode pembayaran sesuai keinginan. Metode pembayaran yang ditawarkan pun beragam, mulai dari bank transfer, kartu debit, kartu kredit, dan juga QRIS untuk pembayaran dari e-wallet.

Kenyamanan Bagi Pelanggan

Berikan pelanggan Anda fleksibilitas dalam melakukan pembayaran. Dengan tautan pembayaran sederhana, pelanggan dapat membayar dengan opsi pembayaran yang disukai.

Satu Dashboard Untuk Semua Pengaturan

Buat tautan, periksa status transaksi, dan lakukan rekonsiliasi dengan mudah hanya dari dashboard OY! Bisnis. Anda dapat mengakses layanan ini cukup dengan dashboard dari laman OY! Bisnis.

Bergabung dengan OY! Bisnis

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bagi bisnis Anda. Sebagai salah satu payment gateway terlengkap, OY! Bisnis memiliki fitur Payment Checkout Link yang akan membantu Anda mengatur kanal pembayaran bagi bisnis Anda. Kenali cara penggunaannya di sini.

Metode pembayaran yang dihadirkan oleh fitur ini sangat beragam. Mulai dari bank transfer, kartu debit, kartu kredit, serta QRIS. Anda juga dapat melakukan kustomisasi lengkap untuk suatu link pembayaran. 

OY! Bisnis hadir untuk memfasilitasi segala kebutuhan transaksi dalam bisnis Anda. Fitur Payment Checkout Link akan sangat memudahkan Anda dalam mengatur skema pembayaran di bisnis Anda. Mari daftarkan diri Anda sekarang di OY! Bisnis.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023