5 Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang dan Kesuksesan

Luthfa
|
May 3, 2021

5 Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang dan Kesuksesan - Menghasilkan uang dari hobi yang digeluti saat ini pasti jadi dambaan banyak orang. Sayangnya, nggak semua orang tahu jenis hobi apa saja yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Padahal, pada dasarnya setiap hobi yang dilakukan secara serius pasti bisa berbuah manis.

Apalagi saat ini, tren hobi menjadi bisnis tengah ramai dibicarakan orang. Banyak orang yang secara profesional memanfaatkan hobinya untuk mendapatkan uang, alias menjadikan hobi sebagai pekerjaan sehari-hari. Berangkat dari hobi, kemudian menjadi bisnis yang sukses dan menguntungkan.

Pasti senang rasanya bila mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan minat. Sudah menyenangkan, dibayar pula. Nah, kalau pengin menghasilkan uang dari hobi, ketahui dulu jenis hobi apa saja yang paling berpotensi menghasilkan uang berikut ini.

Hobi menulis

hobi yang berpotensi menghasilkan uang

Kalau kamu suka menulis blog atau cerpen, gelutilah bidang tersebut dengan sungguh-sungguh. Pasalnya hobi menulis bisa dijadikan peluang untuk menghasilkan uang. Caranya, kamu bisa mengirim tulisan kamu ke media cetak atau media yang berbasis online. Atau, kamu bisa mengikuti beberapa lomba menulis yang kini marak dilakukan oleh sejumlah perusahaan.

Kamu juga bisa membuat blog kamu sebagai media untuk menghasilkan uang dengan cara membuat blog tersebut semenarik mungkin dan buatlah tema tulisan yang seru dan ramai dibahas orang. Misalnya teknologi, fashion, beauty, kuliner, dan traveling. Supaya lebih menarik, promosikan beberapa produk di dalam blog kamu agar bisa dilirik oleh perusahaan yang memproduksi barang tersebut.

Dengan hobi menulis, kesempatan untuk berkarier menjadi penulis profesional pun terbuka luas. Selain menjadi blogger, ada banyak profesi yang bisa kamu geluti dengan kemampuan menulis, seperti novelis, copywriter, content writer, atau UX writer, dan content creator. FYI, emua profesi ini mendapatkan bayaran yang cukup besar, lho.

Hobi fotografi

Bagi yang suka bidang fotografi, kamu bisa menjadikan hobi ini untuk menjalankan suatu bisnis. Mulai dari jasa foto prewedding, wedding, maupun jasa memotret sesuai kebutuhan. Kalau masih belum punya modal yang cukup, kamu bisa memulainya dari media sosial.

Penuhi feed Instagram kamu dengan foto-foto yang apik, lalu tambahkan hashtag agar lebih banyak orang yang memberikan likes dan mengikuti kamu di Instagram. Semakin banyak orang yang mengikutimu, semakin besar juga kesempatan kamu untuk menawarkan jasa memotret kepada khalayak ramai. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, dijamin tawaran memotret akan terus berdatangan.

Hobi memasak

hobi yang berpotensi menghasilkan uang

Siapa bilang kalau hobi memasak hanya bisa digeluti oleh perempuan. Faktanya, jumlah koki laki-laki di dunia lebih banyak daripada koki perempuan. Koki yang sudah menyandang bintang Michelin pun nyatanya kebanyakan berasal dari kaum Adam. Nah, bagi yang suka memasak, ada banyaknya untuk menjadikan hobi tersebut sebagai bisnis yang menguntungkan.

Apalagi saat ini media sosial punya peran yang sangat penting dalam mengenalkan bisnis seseorang. Jadi, kamu tinggal membuat konten promosi yang menarik untuk mendapatkan hati para netizen. Salah satu bisnis yang bisa digarap dari hobi memasak adalah usaha catering atau bisnis kue dan roti.

Kalau punya banyak resep andalan, kamu juga bisa membuat buku masak sendiri yang nantinya bisa diperjualkan belikan melalui situs online. Menguntungkan banget, kan?

Hobi bermain games

Mungkin nggak banyak yang tahu kalau hobi bermain games yang kelihatannya hanya main-main saja ternyata bisa menguntungkan, lho. Kamu yang mengaku seorang gamers bisa memulai bisnis dengan memanfaatkan games itu sendiri, baik itu menjual cash karakter, aksesoris, akun, dan lain sebagainya.

Bahkan profesi seorang gamers kini telah mendapat sorotan. Sampai-sampai bidang ini dimasukkan ke dalam bagian dari olahraga guna mendukung perkembangan ekonomi kreatif. Yang lebih menariknya, para gamers ini juga difasilitasi dalam sebuah ajang lomba dan turnamen yang hadiahnya fantastis.

Hobi fashion

hobi yang berpotensi menghasilkan uang

Suka mix and match gaya sehari-hari? Jika iya, kesempatan untuk menjadi selebgram terbuka lebar untuk kamu. Saat ini ada begitu banyak selebgram yang menampilkan gaya fashion menarik. Beberapa di antaranya pun ciri khas fashion tersendiri sehingga mendapat banyak perhatian dari netizen.

Jika sudah begini, tawaran endorsement pun selalu menghampiri. Tarif endorsement yang dimulai dari harga ratusan ribu bisa berkembang menjadi jutaan rupiah apabila nama akun Instagram kamu telah dikenal publik. Selain menjadi selebgram fashion, kamu juga bisa berkesempatan menjadi seorang fashion stylist atau bahkan personal shopper karena memiliki taste dalam berbusana.

Bayarannya tentu cukup besar, apalagi kalau klien kamu adalah public figure. Tentu ini bisa peluang emas dalam menghasilan uang, bukan?

Itulah beberapa hobi yang berpotensi menghasilkan uang. Hobi lain seperti komputer, traveling, menggambar, serta olahraga juga memiliki peluang kesuksesan yang sama. Yang terpenting, lakukan hobimu dengan sungguh-sungguh agar hobi yang kamu geluti bisa berubah menjadi bisnis yang sukses.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023