Hasil SBMPTN 2022 Keluar Hari Ini, Berikut Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Dinyatakan Lulus

Arin
|
June 23, 2022

Hasil SBMPTN 2022 Keluar Hari Ini, Berikut Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Dinyatakan Lulus - Pengumuman hasil SBMPTN 2022 akan segera diumumkan hari ini pada Kamis, 23 Juni 2022. Seperti yang dilihat dari website resmi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), para peserta bisa mulai melihat hasil pengumuman di pukul 15.00 WIB.

Hasil pengumuman sendiri bisa dilihat secara langsung di website resmi LTMPT atau di beberapa link minor lainnya yang memang disediakan pihak LTMPT dan pihak PTN untuk menghindari terjadinya server down.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa hasil SBMPTN 2022:

  1. Kunjungi website resmi LTMPT di https://sbmptn.isbi.ac.id/count.html atau link minor yang telah disediakan berbagai pihak PTN
  2. Masukkan nomor peserta SBMPTN 2022
  3. Masukkan tanggal lahir
  4. Klik tombol ‘Lihat Hasil’
  5. Hasil SBMPTN 2022 akan ditampilkan di layar
  6. Bagi yang dinyatakan lolos, masuk ke pilihan cetak sertifikat UTBK lalu tekan unduh (download)

Bagi peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2022 bisa langsung mengecek informasi mengenai pendaftaran ulang di PTN tujuan, sementara untuk yang belum lulus bisa mempertimbangkan untuk mengikuti tes jalur mandiri, mendaftar ke PTS, atau bahkan mengikuti SBMPTN lagi di tahun berikutnya jika masih memenuhi persyaratan yang ada.

Daftar ulang ke PTN bagi peserta yang dinyatakan lulus

Segera setelah dinyatakan lulus SBMPTN, peserta diharuskan untuk melakukan pendaftaran ulang di PTN tujuan. Jadwal dan ketentuan registrasi ulang akan diumumkan lebih lanjut oleh perguruan tinggi masing-masing, biasanya melalui website atau media sosial. 

Oleh dari itu, peserta yang telah dinyatakan lulus SBMPTN harus selalu mengecek informasi paling terbaru mengenai PTN tujuan.

Selagi menunggu jadwal daftar ulang, peserta bisa segera mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan sejak jauh-jauh hari untuk langkah selanjutnya, yaitu mendaftar ulang ke PTN tujuan. Umumnya, beberapa dokumen yang perlu disiapkan antara lain meliputi:

  • Bukti kelulusan SBMPTN
  • Kartu peserta SBMPTN
  • Fotokopi KK dan KTP
  • Surat Keterangan Lulus (SKL)
  • Pas foto terbaru
  • Surat pernyataan sebagai mahasiswa di PTN tujuan
  • Fotokopi slip gaji orang tua
  • Dan berbagai dokumen lainnya, sesuai dengan ketentuan di PTN tujuan

Selain itu, peserta yang hendak melakukan daftar ulang harus memeriksa kembali syarat dan ketentuan di program studi PTN tujuan. Ada beberapa program studi yang mengharuskan calon mahasiswa untuk mengikuti beberapa tes kesehatan, misalnya, atau memiliki sertifikasi khusus.

Hal ini harus diperiksa lagi dengan teliti karena jika ada kesalahan atau calon mahasiswa yang tidak memenuhi syarat, maka status penerimaan sebagai mahasiswa di PTN tersebut bisa langsung dinyatakan gugur.

Selain itu, sebelum masa perkuliahan dimulai biasanya akan ada grup yang dibuat khusus untuk perkenalan antar mahasiswa baru. Calon mahasiswa bisa mendapatkan informasi soal grup angkatan ini dari sosial media PTN yang dituju ataupun dari akun Himpunan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PTN tujuan.

Umumnya, grup ini akan dibuat untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum menjalani masa orientasi dan sebagai tempat bertukar informasi sebelum tahun ajaran baru dimulai. Di grup ini, mahasiswa bisa bertukar informasi mengenai tempat kos, program studi, hingga kegiatan serta organisasi yang ada di PTN yang dituju.

Nah, itulah informasi dari kami mengenai jadwal pengumuman SBMPTN 2022 dan langkah apa saja yang harus dilakukan setelah dinyatakan lolos. Bagaimana? Apakah kamu sudah siap memeriksa hasil pengumuman SBMPTN 2022 kamu?

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang