Cara Transfer Uang Online Tanpa Perlu ke ATM

Luthfa
|
May 3, 2021

Di era digital seperti sekarang ini, transfer uang seharusnya bukan lagi menjadi sebuah kendala. Sebab dengan perkembangan teknologi yang ada, transfer uang bisa dilakukan lebih cepat dan mudah.

Apalagi, sekarang juga telah digalakkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) atau cashless society yang diharapkan bisa membuat transaksi menjadi lebih praktis. Sayangnya, meski zaman sudah canggih masih banyak orang yang kebingungan untuk memanfaatkan teknologi. Alhasil, mereka lebih memilih untuk datang ke teller bank atau ke gerai ATM terdekat.

Padahal layanan bank seperti SMS banking, internet banking, dan mobile banking telah disediakan oleh sejumlah bank di Indonesia. Ditambah lagi ada begitu banyak perusahaan financial technology (fintech) yang menyediakan layanan kirim uang secara online. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot lagi ke ATM hanya untuk transfer uang.

Nah, kalau kamu masih bingung, berikut kami berikan pilihan cara transfer yang mudah tanpa perlu ke ATM.

Cara transfer uang dengan SMS banking

cara transfer uang online tanpa perlu ke atm

SMS banking jadi salah satu layanan transfer uang yang disediakan oleh bank. Keunggulannya adalah kamu nggak perlu mencari koneksi internet untuk menggunakannya. Yap, walau tanpa paket data internet atau jaringan Wi-Fi, kamu tetap bisa melakukan transfer uang atau sekadar mengecek saldo rekening.

Untuk mengaktifikan SMS banking, kamu harus menggunakan nomor HP yang sebelumnya sudah didaftarkan di kantor cabang bank. Belum lagi ada sejumlah kode angka yang perlu kamu ingat karena setiap transaksi yang kamu lakukan harus menyertakan kode yang berbeda.

Kode SMS banking setiap bank juga berbeda, jadi akan sulit untukmu mengingat semuanya. Selain itu, layanan ini juga membebankan biaya per SMS yang terkirim. Kamu harus membayar biaya SMS operator sebesar Rp500 untuk setiap kali melakukan transaksi.

Cara transfer uang dengan internet banking

cara transfer uang online tanpa perlu ke atm

Sama halnya dengan SMS banking, internet banking juga menjadi salah satu layanan yang ditawarkan oleh bank. Dibandingkan dengan SMS banking, internet banking memiliki fitur yang lebih lengkap, mulai dari pengecekan sado, layanan transfer uang, dan pembayaran.

Untuk menggunakan layanan ini, kamu nggak perlu repot-repot menghapal seluruh kode transaksi karena kamu bisa mencarinya langsung di internet banking. Sayangnya, internet banking baru bisa digunakan setelah kamu mekukan pendaftaran di cabang bank terdekat dengan membawa buku tabungan atau ATM.

Selain itu, kamu juga memerlukan koneksi internet untuk mengaktifkannya. Internet banking juga membutuhkan password yang harus kamu ingat sepanjang waktu. Meski begitu, layanan ini bisa kamu gunakan di mana saja dan kapan saja. Ya, baik diakses lewat PC, laptop, atau smartphone, semuanya mendukung.

Internet banking juga dinilai lebih aman karena memerlukan dua kali password. Password yang pertama untuk masuk ke situs web dan password kedua harus dimasukkan saat hendak melakukan tarnsaksi. Bbeberapa bank juga menyediakan peralatan tambahan seperti token yang berfungsi untuk melakukan verifikasi setiap transaksi yang dilakukan.

Setiap pengguna yang melakukan transfer uang dengan layanan internet banking akan dikenakan biaya transaksi. Untuk transfer uang antar bank, biaya transaksi yang dibebankan sebesar Rp6.500.

Cara transfer uang dengan mobile banking

Selain SMS banking dan internet banking, bank juga menyediakan mobile banking. Layanan ini bisa dibilang sangat cocok digunakan untuk kamu yang punya smartphone dengan koneksi internet yang lancar.

Mobile banking sebenarnya nggak jauh berbeda dengan internet banking, hanya saja layanan ini lebih praktis karena kamu tinggal klik dan bisa langsung terhubung ke layanan. Biaya transaksi yang dibebankan pun hampir sama dengan internet banking.

Untuk mengaksesnya pun kamu perlu mendaftarkannya terlebih dahulu ke cabang bank terdekat dengan menyertakan nomor HP dan e-mail yang aktif. Pastikan nomor HP dan e-mail yang kamu daftarkan untuk mengaktifkan mobile banking nggak berubah-ubah.

Penggunaan mobile banking juga bergantung pada koneksi internet dan pulsa yang kamu miliki. Sebab akan ada notifikasi SMS yang masuk saat kamu hendak memasukkan nomor rekening baru untuk tujuan transfer uang. Notifkasi SMS yang masuk akan memotong pulsa kamu sebesar Rp500.

Jadi, pastikan pulsa kamu selalu terisi ya!

Cara transfer uang dengan OY!

cara transfer uang online tanpa perlu ke atm

Kalau mau transfer uang yang lebih praktis dan hemat, kamu bisa menggunakan OY! Aplikasi keuangan buatan anak bangsa ini menyediakan berbagai fitur transaksi yang memudahkan kamu untuk melakukan transfer uang ke bank mana saja dan kapan saja.

Yap, kamu hanya perlu mendownload aplikasi ini secara gratis di AppStore atau di PlayStore. Selanjutnya, kamu tinggal melakukan verifikasi diri dengan melengkapi informasi seperti nama sesuai KTP, nomor KTP, dan nomor HP. Setelah proses verifikasi selesai, kamu bisa langsung menghubungkan rekening kamu ke aplikasi OY!

Nggak cuma satu rekening, kamu bisa menghubungkan banyak rekening di aplikasi OY! Nggak perlu khawatir soal keamanannya karena OY! telah terdaftar dan terlisensi di Bank Indonesia sebagai penyelenggara teknologi finansial.

Lewat OY! kamu bisa melakukan transfer uang antar bank secara gratis loh! Jadi kamu bisa menghemat biaya administrasi Rp6.500 untuk keperluan yang lebih penting. Selain itu, transfer uang di OY! juga nggak ribet karena kamu tinggal memasukkan nomor rekening tujuan dan melakukan pembayaran sesuai instruksi yang diberikan.

Pokoknya nggak sampai 5 menit, uang kamu yang kirimkan akan langsung sampai ke penerima. Selain fitur transfer uang, OY! juga menyediakan fitur transaksi lainnya, seperti top up e-wallet gratis, beli voucher game, dan yang terbaru ada fitur pembayaran dan pembelian berbagai jenis tagihan. Menarik banget kan?

Tunggu apa lagi, yuk download OY! sekarang juga dan nikmati keuntungannya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023