Cara Transfer Uang ke Luar Negeri

Mutia
|
May 3, 2021

Kebutuhan transfer uang ke luar negeri semakin hari semakin meningkat. Tingginya kebutuhan masyarakat untuk mengirim uang ke luar negeri menciptakan banyak cara melakukannya. Mulai dari transfer uang ke luar negeri menggunakan weselpos, bank, ATM, dan masih banyak lagi.

Dari berbagai macam cara kirim uang ke luar negeri, ulasan ini akan membahas cara transfer uang ke luar negeri lewat bank dan ATM. Untuk dapat mengirim uang ke luar negeri, simak tata caranya berikut ini ya.

Kunjungi Kantor Cabang Terdekat

transfer uang luar negeri

Untuk kirim uang lewat bank, kamu harus mengunjungi kantor cabang bank terdekat di kotamu. Pastikan kamu sudah mengetahui syarat dan ketentuan dari bank pilihanmu sebelum mengirim uang di bank tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk mencari tahu biaya kirim uang di bank pilihanmu.

Begitupun dengan transfer uang ke luar negeri melalui ATM, kamu juga harus mendatangi mesin ATM terdekat. Pastikan ATM yang akan kamu gunakan sudah sesuai dengan bank pilihanmu.

Mengisi Data yang Diperlukan

transfer uang luar negeri

Setelah mendatangi cabang bank terdekat, sebelum mengirim uang kamu harus mengisi formulir pengiriman uang. Pastikan kamu mengisi data diri dengan lengkap, mulai dari nama lengkap, bank tujuan, dan nomor rekening tujuan. Setelah itu, serahkan uang yang ingin ditransfer kepada pihak bank.

Kalau kamu transfer lewat ATM, kamu harus mengetahui kode swift bank yang dituju. Kode ini bisa kamu dapatkan dari pihak yang kamu gunakan. Sebelum kamu kirim uang, pastikan kamu sudah menginput nomor rekening dan nomor referensi dengan benar untuk menghindari risiko salah kirim.

Siapkan Cover Dana

transfer uang luar negeri

Setelah menyiapkan jumlah uang yang ingin ditransfer, pastikan kamu juga menyiapkan cover dana. Guna dari dana tersebut adalah untuk berjaga-jaga saat ada biaya administrasi atau biaya jasa pengiriman yang harus kamu bayar.

Kalau kamu kirim uang lewat ATM, dana tersebut akan dipotong secara otomatis dari rekeningmu. Jadi, pastikan saldo rekeningmu cukup ya.

Simpan Bukti Transaksi

transfer uang luar negeri

Kalau proses transfer sudah berhasil, kamu akan diberikan bukti transfer oleh pihak bank atau pun langsung dari mesin ATM. Simpanlah struk tersebut dengan baik jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan pada transaksi yang telah dilakukan.

Nah, itu dia cara-cara untuk mengirim uang ke luar negeri lewat bank dan ATM. Namun, kalau kamu mau transfer ke luar negeri dengan mudah dan rate biaya kirim yang sangat murah, kamu bisa gunakan aplikasi OY! Indonesia.

Cukup dengan satu aplikasi, kamu nggak perlu ribet untuk transfer uang ke luar negeri. Yuk, download aplikasi OY! sekarang dan nikmati berbagai kemudahan dan keuntungannya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023