Cara Transfer Uang dari Kartu Kredit ke Rekening Pribadi

Shafira
|
May 3, 2021

Kartu kredit bukan hanya dapat digunakan sebagai alat transaksi. Kartu kredit juga dapat digunakan untuk melakukan beberapa hal, seperti penarikan tunai dan melakukan transfer uang ke rekening lain. Salah satu kelebihan lain dari kartu kredit adalah kamu dapat menggunakannya untuk transfer uang tunai ke rekening tabungan, baik ke rekening milik pribadi atau orang lain. Bagaimana cara transfer uang dari kartu kredit ke rekening pribadi?

Transfer Uang dari Kartu Kredit

Bagaimana Proses Transfer Uang dari Kartu Kredit ke Rekening Pribadi?

Cara transfer uang dari kartu kredit ke rekening rekening pribadi memiliki prinsip yang mirip dengan menarik tunai dari kartu kredit. Namun  jumlah nominal transfer biasanya dibatasi dengan maksimal hanya 40% - 50% dari nilai limit kartu kredit yang kamu miliki.

Contohnya, limit kartu kredit milikmu yang tersisa hanya Rp8 juta, maka kamu hanya bisa melakukan transfer uang sekitar Rp4 juta saja. Selain itu, biaya yang dikenakan ketika melakukan transfer berjumlah sekitar 3%-6% sesuai dengan jenis kartu kredit yang dimiliki.

Kartu Kredit Apa Saja yang Menyediakan Layanan Transfer?

BCA

Bank BCA memiliki kartu kredit bernama BCA Smartcash yang dapat mencairkan dana ke rekening pribadi pemegang kredit. Kartu BCA Smartcash memiliki fitur Cash Advance yang mempermudah proses penarikan tunai dan transfer ke rekening dari dana kartu kredit.

Limit BCA Smartcash dimulai dari Rp10 juta. Kamu dapat melakukan transfer di cabang BCA sesuai dengan limit kartu yang masih tersedia. Selain itu, kamu juga dapat melakukan transfer dari ATM BCA dengan maksimum Rp50 juta per hari. Uniknya, kamu nggak akan dikenai biaya transfer selama menggunakan kartu ini.

BRI

Bank BRI menyediakan layanan dana tunai bernama Loan on Phone bagi nasabah yang ingin memindahkan sejumlah uang dari kartu kredit ke rekening BRITAMA atau SIMPEDES milik pribadi. Layanan ini mengijinkan nasabah untuk melakukan transfer 50% dari sisa limit kartu kredit ke rekening BRI jenis BRITAMA atau SIMPEDES.

Dana yang dicarikan akan diangsur selama 3 sampai 36 bulan. Kamu dapat menggunakan layanan ini dengan menghubungi Contact BRI di nomor 14017 atau 1500017. Syarat yang harus dipenuhi untuk menggunakan Loan on Phone adalah:

  1. Pemegang kartu kredit BRI (bukan pemegang corporate card)
  2. Telah menghubungi nomor Contact BRI untuk pengajuan dana.
  3. Batas maksimum dana yang bisa ditransfer adalah 50% dari sisa limit kartu kredit.
  4. Tenor pembayaran/angsuran adalah 3 sampai 36 bulan.
  5. Layanan Loan on Phone hanya berlaku untuk pemegang utama kartu kredit.
  6. Membawa dokumen yang disyaratkan.

BNI

BNI Kartu Tunai merupakan salah satu jenis kartu kredit yang bersifat bersifat revolving dan dapat melakukan penarikan dana di seluruh jaringan ATM BNI dan outlet BNI yang berada di Indonesia. Dengan menggunakan BNI Kartu Tunai, kamu dapat melakukan transaksi seperti tarik tunai dan transfer dari BNI Kartu Tunai ke Rekening BNI/BNI Syariah mana saja melalui ATM BNI.

Fitur transfer ke rekening BNI memiliki limit hingga Rp15 juta per hari apabila transfer dilakukan melalui ATM. Limit transfer dari kantor cabang BNI berjumlah Rp50 juta per hari. Namun, kamu hanya dapat melakukan transfer uang ke rekening BNI saja karena hingga saat ini, kartu kredit BNI belum dapat melakukan transfer antar bank. Untuk mengetahui perubahan transaksi tarik tunai atau transfer (reguler), kamu dapat menghubungi Layanan 24 Jam BNI Call.

Mandiri

Mandiri Power Cash merupakan layanan transfer uang dari kartu kredit Mandiri ke rekening pribadi. Pemegang kartu kredit Mandiri dapat mengajukan permohonan pencairan dana melalui layanan hotline 24 jam Mandiri Call di nomor 14000. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menggunakan fitur Power Cash, yakni:

  1. Merupakan pemegang kartu kredit Mandiri
  2. Batas minimum pengajuan dana adalah Rp1 juta dan maksimum Rp100 juta. Hal ini disesuaikan dengan jumlah limit kartu kredit yang tersedia.
  3. Bunga dan biaya administrasi dapat berubah mengikuti kebijakan bank.
  4. Proses pencairan dana akan diproses selama 2×24 jam. Dana akan segera dan ditransfer ke rekening Mandiri nasabah

Kartu kredit dapat menjadi penyelamat ketika kita membutuhkan alat pembayaran cepat tanpa harus memotong saldo yang ada di rekening. Kamu juga dapat melakukan transfer uang ke rekening pribadi secara instan.

Walaupun fitur kartu kredit kini makin berkembang, kamu tetap harus mempertimbangkan dahulu sebelum melakukan transaksi dengan kartu kredit. Hal ini harus dilakukan agar kamu dapat mengatur kembali perencanaan keuangan dan mencegah diri dari keborosan dalam menggunakan kartu kredit. Semoga membantu!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023