Mudah, Inilah Cara Transfer Uang dalam Jumlah Besar

Shafira
|
May 3, 2021

Cara transfer uang dalam jumlah besar sekarang dapat dilakukan dengan mudah. Dengan metode yang makin kian beragam, kamu dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Setiap cara memiliki keunggulan tersendiri. Walaupun begitu, penting untuk memperhatikan tata cara transfer uang dalam jumlah besar dengan baik dan benar. Simak caranya dibawah ini!

Cara Transfer Jumlah Besar Menggunakan ATM

Mudah, Inilah Cara Transfer Uang dalam Jumlah Besar

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling umum digunakan masyarakat. Selain mudah dilakukan, mesin ATM dapat ditemukan di mana saja. Selain mudah, kebanyakan masyarakat masih memilih untuk menggunakan ATM untuk melakukan transfer dalam jumlah besar dengan ATM.Sebelum kamu melakukan kegiatan transfer, penting untuk mengetahui limit transfer harian antar bank. Dengan mengetahui limit harian transfer, kamu dapat menghindari overdrawn atau jumlah transaksi melebihi kuota harian sehingga proses transaksi akan sukses dan tidak dibatalkan. Ada pun limit transfer harian yang berlaku pada beberapa bank berikut:

1. Bank BCA

2. Bank Mandiri

3. Bank BNI

4. Bank BRI

Setelah mengetahui limit transfer harian, kamu dapat mengikuti tata cara melakukan transfer uang menggunakan ATM:

  1. Masukkan kartu ATM ke dalam slot kartu di mesin ATM
  2. Pilih bahasa Indonesia untuk memudahkan kamu bertransaksi.
  3. Masukkan nomor PIN ATM kamu.
  4. Pilih jenis transaksi yang akan dilakukan. Pilih menu TRANSFER.
  5. Setelah itu, pilih Bank tujuan transfer.
  6. Bila transfer ditujukan antar bank yang sama, masukkan nomor rekening tujuan. Setelah itu pilih BENAR.
  7. Bila transfer ditujukan ke rekening bank lain, kamu perlu memasukkan kode bank terlebih dahulu lalu diikuti dengan nomor rekening tujuan. Kamu dapat melihat daftar kode bank di sini. Setelah memasukkan nomor rekening tujuan, pilih BENAR.
  8. Masukkan Nominal Uang yang ingin ditransfer ke rekening tujuan. Pilih BENAR.
  9. Masukkan Nomor Referensi (opsional)
  10. Konfirmasi ulang. Setelah semua detail transaksi yang ditampilkan benar, pilih YA.
  11. Transfer berhasil. Kamu akan menerima bukti transaksi berupa struk.dan kartu ATM-mu kembali.

Kamu dapat menekan tombol SALAH jika salah memasukkan nomor rekening. Sementara itu, tombol CANCEL digunakan untuk membatalkan transaksi. Kartu ATM milikmu akan otomatis keluar dari mesin ATM.

Transfer Jumlah Besar Menggunakan Sistem LLG dan RTGS

Mudah, Inilah Cara Transfer Uang dalam Jumlah Besar

Proses transfer ini bisa dilakukan dengan cara melalui internet banking, mobile banking, bahkan sampai dengan teller bank

1. Lalu Lintas Giro (Lalu Lintas Giro)

Lalu Lintas Giro atau LLG merupakan jenis transfer antar bank yang menggunakan sistem kliring. Dengan sistem kliring, bank dapat melihat apakah nominal saldo yang berada di rekening cukup untuk proses transfer atau tidak.

Keunggulan LLG adalah jenis transfer ini menerima pengiriman uang dengan batas maksimum Rp1 Miliar setiap harinya. Layanan ini juga hanya dikenakan tarif layanan sebesar Rp3.500 per transaksi. LLG butuh waktu transfer antara 2 sampai 3 hari kerja untuk sampai di rekening tujuan. Selain itu, proses LLG harus mengikuti jadwal kliring yang telah ditentukan oleh bank.

2. RTGS (Real Time Gross Settlement)

Real Time Gross Settlement atau RTGS merupakan jenis transfer yang memiliki kemiripan dengan LLG. Hal yang membedakan adalah RTGS diproses secara real time, yakni pendebitan/pengkreditan diproses secara elektronik sehingga transaksi lebih cepat selesai dilakukan.

Nominal pengiriman uang dengan RTGS minimal Rp100 juta. Sementara batas maksimum pengiriman uang ditetapkan oleh masing-masing pihak bank. Pengiriman uang melalui RTGS di atas pukul 15.00 akan diproses di kemudian harinya. Jadi jika kamu ingin pengiriman uang tiba pada hari yang sama, kamu harus melakukan pengiriman di bawah pukul 15.00. Tarif transfer RTGS berkisar Rp25.000. Hal ini dikarenakan proses RTGS memakan waktu lebih singkat dibandingkan LLG.

Kamu dapat melakukan transfer uang dengan sistem LLG dan RTGS melalui:

  1. Datang ke bank secara langsung.
  2. Mobile banking.
  3. Internet banking.

Seperti itulah cara transfer uang dalam jumlah besar. Kamu dapat menyesuaikan kebutuhan transfermu dengan kedua cara tersebut. Kamu juga dapat mencoba layanan transfer uang dari OY! lho. Dengan limit transfer per harian mencapai Rp400 juta, kamu akan terbebas dari biaya transfer antar bank. Selain itu, kamu juga dapat menikmati layanan transaksi perbankan lainnya hanya dengan satu aplikasi.

Unduh aplikasinya dan daftarkan diri kamu di OY! sekarang.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023