5 Cara Sukses Jualan Online di Marketplace

Arin
|
August 18, 2022

5 Cara Sukses Jualan Online di Marketplace - Di era modern ini, perkembangan teknologi yang mumpuni membuat bisnis online di marketplace semakin banyak diminati oleh para pemilik bisnis serta konsumen di pasaran. Marketplace adalah sebuah platform, biasanya berupa aplikasi, di mana penjual dapat menjual barang secara online.

Dengan adanya marketplace, orang-orang tidak perlu lagi pergi keluar rumah atau mencari tempat fisik untuk berbisnis karena semuanya bisa dilakukan dari rumah hanya dengan menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan internet.

Selain menawarkan pengalaman berbelanja serta berbisnis secara online yang praktis, marketplace juga menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan penjual dan pembeli untuk melakukan semua transaksi jual-beli dalam satu aplikasi sehingga sama-sama memudahkan kedua pihak.

Meskipun begitu, tentunya berjualan online di marketplace tetap memiliki kesulitan tersendiri. Banyaknya kompetitor membuat bisnis online di marketplace memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi di pasaran.

Yuk simak artikel di bawah untuk mengetahui cara-cara apa saja yang bisa diterapkan agar bisnis online kamu bisa mengalahkan kompetitor dan tetap sukses di tengah tingginya persaingan!

5 Cara Sukses Jualan Online di Marketplace

Saat ini, masyarakat lebih memilih untuk berbelanja secara online di marketplace karena dianggap lebih mudah dan praktis. Hal tersebut lantas memunculkan peluang besar yang dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis agar jualan semakin laku dan bisnis mereka semakin sukses.

Walaupun begitu, kamu tetap harus memiliki pengetahuan serta perencanaan yang matang sebelum memutuskan untuk jualan online di marketplace. Hal tersebut diperlukan agar bisnis kamu berjalan lancar dan kamu tidak kalah saing dengan kompetitor yang ada di marketplace. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk agar sukses jualan online di marketplace.

Pilih marketplace ternama

5 Cara Sukses Jualan Online di Marketplace‍

Agar jualan online kamu bisa sukses di marketplace, pilihlah aplikasi marketplace yang terpercaya dan sudah banyak dipakai oleh masyarakat. Marketplace yang terkenal dipastikan sudah memiliki banyak pengguna sehingga akan membantu pelanggan untuk bisa menemukan toko online milikmu dengan lebih mudah.

Beberapa contoh aplikasi marketplace yang bisa digunakan untuk bisnis online milikmu adalah Tokopedia, BukaLapak, Lazada, Shopee, dan semacamnya. Nah, supaya bisnis kamu semakin banyak diketahui orang-orang, kamu bisa membuka toko online di beberapa marketplace sekaligus.

Jual produk yang berkualitas

Agar jualan kamu banyak dicari oleh pelanggan, tentunya kamu harus memilih produk yang tepat dan sesuai kebutuhan target pasar yang dituju. Di marketplace, kamu bisa menjual berbagai macam barang sekaligus dalam satu toko online sehingga toko kamu pun bisa menarik semakin banyak pembeli.

Misalnya, kamu bisa menawarkan produk skincare sekaligus perlengkapan anak dalam satu toko yang sama. Kedua barang tersebut memiliki tingkat penjualan yang tinggi sehingga toko kamu akan semakin ramai pembeli. Jangan lupa juga untuk menjual produk yang berkualitas dan dalam kondisi terbaik agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan bisnis online kamu sehingga memunculkan keinginan untuk berbelanja lagi.

Tambahkan foto dan deskripsi produk

Foto maupun deskripsi produk memiliki peranan penting dalam mempengaruhi keputusan pelanggan saat berbelanja. Maka dari itu, gunakanlah foto yang menarik serta tambahkan deskripsi produk yang lengkap di halaman produk agar jualan kamu semakin laris manis.

Gunakanlah foto produk asli agar pelanggan tidak kecewa dengan produk yang mereka beli dan membuat mereka masih ingin melakukan pembelian kembali. Selain itu, jangan lupa juga untuk menuliskan harga, berat, serta kriteria produk yang dijual agar pelanggan mengetahui dengan detail mengenai produk tersebut.

Tawarkan promo yang menarik

5 Cara Sukses Jualan Online di Marketplace‍

Promo masih menjadi salah satu teknik pemasaran yang terbukti ampuh untuk mendatangkan pelanggan ke bisnis online. Maka dari itu, tawarkanlah berbagai macam promo seperti cashback, diskon, serta sale khusus secara berkala agar produk yang kamu jual tidak kalah saing dengan milik kompetitor lainnya di marketplace.

Nah, kamu dapat mengatakan bahwa promo yang kamu tawarkan hanya berlaku dalam periode waktu tertentu, sehingga pelanggan pun akan berbondong-bondong untuk membeli produk yang dijual sebelum kehabisan. Hal ini biasanya akan membuat pelanggan berbelanja dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya sehingga bisa meningkatkan jumlah penjualan bisnis milikmu. 

Manfaatkan fitur-fitur yang ada

Saat ini, semua aplikasi marketplace sudah dirancang agar memiliki fitur-fitur yang memudahkan pembeli maupun penjual agar mereka bisa melakukan kegiatan jual-beli tanpa repot. Sebagai penjual, kamu harus mempelajari fitur-fitur tersebut dengan baik agar bisa mengoperasikan toko online milikmu dengan lancar dan sukses.

Misalnya, aplikasi Shopee yang menyediakan fitur ShopeePay sehingga pelanggan bisa melakukan pembayaran melalui satu aplikasi yang sama. Transaksi pembayaran pun bisa dilakukan dengan lebih mudah karena tidak memerlukan aplikasi perantara lainnya.

Sementara itu untuk pemilik bisnis yang memilih untuk berjualan online di luar marketplace bisa mempertimbangkan untuk menggunakan produk OY! Payment Link dari OY! Bisnis untuk melakukan pembayaran yang lebih cepat dan praktis.

Nah, setelah membaca artikel di atas, apakah kamu semakin tertarik untuk menjalankan bisnis online dari sekarang? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang dan dapatkan keuntungannya!

Transaksi Cepat, Mudah, dan Praktis dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk menyediakan berbagai layanan keuangan yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pemilik bisnis maupun masyarakat untuk mempermudah proses transaksi keuangan mereka.

OY! Bisnis melalui produk OY! Payment Link memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai macam metode pembayaran online serta menerima pembayaran dari berbagai sumber pembayaran seperti transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

Dengan OY! Payment Link, pemilik bisnis bisa membuat sebuah link pembayaran berisi berbagai macam metode pembayaran yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis mereka. Pebisnis pun bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia untuk mengatur masa berlaku link tersebut.

Pelanggan yang menerima link akan diarahkan ke halaman pembayaran untuk membayar sesuai nominal harga barang yang mereka beli. Pemilik bisnis lalu akan menerima notifikasi secara otomatis yang bisa dicek melalui dashboard OY! Bisnis sehingga baik pemilik bisnis maupun pelanggan bisa mendapatkan kenyamanan dalam bertransaksi.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Payment Link agar transaksi bisnis kamu makin meningkat? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023