Cara Mudah Transfer Uang Lewat Minimarket Beserta Keuntungannya

Shafira
|
May 3, 2021

Minimarket merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Selain untuk membeli kebutuhan pokok, kini kamu dapat melakukan transfer uang di minimarket terdekat lho. Bahkan, bagi kalian yang nggak punya nomor rekening bisa mentransfer uang melalui minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Kedua minimarket ini sangat mudah ditemui sehingga kamu yang belum memiliki rekening bank bisa memanfaatkan layanan transfer ini. Seperti apa cara transfer uang lewat minimarket? Berikut ulasannya.

Transfer Uang di Indomaret

Transfer Uang di Indomaret

Selain membuka layanan pembayaran bermacam tagihan, Indomaret juga melayani layanan transfer uang. Transfer uang lewat Indomaret bisa dilakukan tanpa harus memakai nomor rekening bank. Bagaimana caranya? Sebelum melakukan transfer di Indomaret, kamu harus mempersiapkan beberapa hal seperti:

  • Kartu identitas pribadi yang masih berlaku (KTP, SIM, Paspor)
  • Nomor telepon yang masih aktif
  • Identitas orang yang akan menerima transfer (Data Diri dan Nomor Telepon)

Untuk melakukan transfer Indomaret, kamu dapat langsung pergi ke kasir dan sampaikan keperluan untuk transfer uang. Apa saja yang harus dilakukan? Berikut langkah-langkahnya :

  1. Petugas kasir akan meminta kartu identitas seperti KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku untuk syarat pendataan.
  2. Setelah itu, petugas kasir akan meminta nomor kontak telepon kamu yang aktif
  3. Berikan data identitas dan nomor kontak telepon penerima uang untuk dicatat di data penerima.
  4. Berikan uang yang ingin kamu transfer. Pastikan nominal uang sudah benar. Petugas kasir akan segera melakukan proses transfer.
  5. Ketika proses transfer selesai, kamu akan menerima kode SMS dari DOMPETKU .
  6. Jangan hapus kode SMS dari DOMPETKU, tapi segera dikirim kepada penerima. Kode itu dipakai untuk pengambilan uang.

Cara Mengambil Uang Transfer di IndomaretKetika si penerima uang sudah menerima kode transfer, ia dapat mencairkan uangnya di Indomaret dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Penerima transfer harus membawa kode transfer ke Indomaret sebagai syarat untuk bisa mengambil uang
  2. Saat di Indomaret, temui kasir dan sampaikan keinginan untuk mengambil uang transferan dengan menunjukkan kode transfer.
  3. Kasir akan memproses pencairan uang dan kiriman uang dapat langsung diterima.
Transfer Uang Lewat Alfamart

Transfer Uang di Alfamart

Bagaimana dengan cara transfer uang lewat Alfamart? Prinsip kerjanya sama dengan transfer melalui Indomaret. Selain itu, transfer uang di Alfamart juga dapat dilakukan tanpa menggunakan rekening.Persiapkan beberapa hal berikut ini jika ingin melakukan transfer di Alfamart:

  • Kartu identitas pribadi yang masih berlaku (KTP, SIM, Paspor)
  • Nomor telepon yang masih aktif
  • Identitas orang yang akan menerima transfer (Data Diri dan Nomor Telepon)

Setelah semua lengkap, datanglah ke gerai Alfamart dan sampaikan kepada petugas kasir bahwa kamu ingin mentransfer uang. Langkah yang harus kamu ikuti adalah:

  1. Petugas kasir akan mendata identitas pengirim uang dengan meminta kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM/paspor), nomor telepon pengirim uang yang masih aktif, dan identitas penerima uang.
  2. Petugas kasir akan segera mendata identitas pengirim dan calon penerima uang.
  3. Berikan uang yang akan kamu transfer. Pastikan nominal sudah benar. Petugas kasir akan segera melakukan pengiriman uang.
  4. Setelah uang diproses, kamu akan menerima kode MTCN (Money Transfer Control Number) sebagai kode rahasia. MTCN adalah kode khusus keamanan mengirim uang lewat Alfamart dan hanya berlaku sekali pakai saat kamu melakukan transfer.
  5. MTCN ini hanya diberikan kepada calon penerima uang. Jadi kamu harus ekstra hati-hati saat mengirimkan kode MTCN kepada penerima uang supaya nggak bocor ke orang lain.

Cara Pengambilan Transfer Uang di AlfamartPenerima uang dapat mencairkan uangnya di gerai Alfamart terdekat setelah menerima kode MTCN dari kamu dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Penerima transfer harus membawa kode MTCN ke Alfamart sebagai syarat untuk bisa mengambil uang
  2. Saat di Alfamart, temui kasir dan sampaikan keinginan untuk mengambil uang transferan dengan menunjukkan kode MTCN.
  3. Kasir akan memproses pencairan uang dan kiriman uang dapat langsung diterima.

Keuntungan Transfer Lewat Minimarket

Salah satu keuntungan besar dari layanan transfer lewat minimarket adalah akses yang mudah. Dengan banyaknya gerai minimarket yang tersebar di seluruh Indonesia, kamu nggak perlu lagi bingung ketika kamu berada di wilayah yang jauh dari jangkauan bank dan ATM.  Transfer uang lewat minimarket juga memiliki keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai berikut:

  1. Melayani transfer tanpa perlu memiliki rekening bank.
  2. Pendataan identitas diri dan penerima uang dilakukan tanpa perlu mengisi formulir.
  3. Transfer uang diproses dengan cepat.
  4. Biaya transfer yang murah.
  5. Pencairan uang dapat dilakukan di cabang minimarket terkait mana saja.

Transfer uang kini semakin mudah dengan banyaknya layanan non-perbankan yang dapat menyederhanakan proses pengiriman uang. Bagi kamu yang nggak punya rekening bank, transfer melalui minimarket dapat kamu jadikan alternatif untuk melakukan transfer uang. Cukup dengan mengikuti cara transfer uang lewat minimarket di atas, kamu dapat melakukan transfer uang.Bila kamu ingin melakukan transfer dengan jumlah besar dengan cepat, kamu bisa gunakan aplikasi OY! Selain bebas biaya transfer, kamu juga bisa melakukan tarik tunai di gerai Alfamart lho. Unduh aplikasinya dan daftarkan dirimu sekarang di OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023