Cara Mudah dan Praktis Cek Kurs Mata Uang

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Kamu perlu menukar uang Rupiah dengan mata uang asing? Bingung apa yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan penukaran uang? Hal pertama yang perlu kamu pahami adalah cara cek kurs mata uang.

Berbeda dengan transaksi keuangan antar bank dalam negeri, transaksi keuangan antar negara lebih rumit dan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, khususnya kurs mata uang asing karena nilai kurs sering mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Untuk melakukan pengecekan kurs mata uang, kamu nggak harus pergi ke bank atau money changer loh. Mau tahu bagaimana cara cek kurs uang dengan mudah dan praktis? Jangan khawatir, OY! punya penjelasannya berikut ini.

Mengapa Cek Kurs Mata Uang Penting?

Cek Kurs Mata Uang Penting

Pada dasarnya, kurs adalah harga suatu mata uang dari suatu negara terhadap mata uang yang berasal dari negara lainnya. Kurs bisa dinilai atau dinyatakan dengan mata uang dari negara lain atau mata uang asing. Untuk informasi lanjut mengenai kurs, klik tautan ini.

Pengecekan kurs mata uang merupakan salah satu hal yang paling penting dalam proses penukaran uang Rupiah dengan mata uang asing, baik di bank maupun money changer. Hal ini penting karena kurs memiliki peran penting dalam transaksi keuangan antar negara, terutama pada kegiatan ekspor dan impor serta transaksi bisnis lainnya.

Selain untuk keperluan pribadi, cara cek kurs mata uang juga perlu dipahami untuk memantau pergerakan nilai tukar uang yang sering berubah dalam hitungan jam.

Perubahan nilai tukar mata uang asing terjadi karena adanya interaksi antara permintaan dan penawaran suatu mata uang akibat transaksi internasional. Misalnya, jika permintaan terhadap mata uang USD ($) naik, otomatis ketersediaanya menjadi semakin langka dan harga kursnya meningkat.

Nah, sudah paham kan kenapa cek kurs mata uang penting? Yuk, bahas cara cek kurs mata uang. Berikut cara-caranya!

Bagaimana Cara Cek Kurs Mata Uang dengan Mudah dan Praktis?

Sudah banyak sekali cara cek kurs mata uang yang bisa kamu pilih. Namun, mengunjungi bank atau money changer hanya untuk mengetahui nilai kurs yang berlaku kan tentunya nggak bisa dilakukan setiap saat. Kenyataannya masih banyak orang yang melakukan cara yang kurang praktis ini.

Jadi, untuk memudahkan setiap orang agar bisa mengetahui berapa harga mata uang lain yang dibutuhkan, berikut cara cek kurs mata uang melalui beberapa alternatif lain yang jauh lebih praktis dibandingkan pergi ke bank atau money changer.

1. Currency App

Currency App

Pertama, kamu bisa mengecek kurs mata uang dengan menggunakan aplikasi bernama Currency App. Aplikasi konversi mata uang ini mendukung lebih dari 180 mata uang di dunia dan selalu diperbarui dengan kurs terbaru setiap menitnya secara otomatis. Kamu bisa cek kurs kapan saja dan di mana saja lewat gadget kamu melalui aplikasi ini!

2. Mesin Pencarian

Alternatif lain yang bisa kamu pilih ketika ingin cek kurs mata uang asing adalah dengan mengakses mesin pencari seperti Google. Cukup dengan mengetik nama mata uang asing yang ingin kamu ketahui harga atau nilai konversinya lalu membandingkan dengan mata uang Rupiah.

Contohnya, kamu hendak mengecek kurs dolar AS sama dengan berapa Rupiah jika dikonversi, masukkan kata kunci ‘USD to IDR’, lalu klik enter. Seketika itu juga akan langsung keluar hasilnya. Biasanya, kurs yang ditampilkan merupakan kurs terbaru pada saat itu.

3. Situs Web Resmi Bank

Situs Web Resmi Bank untuk Cek Kurs

Sebagai lembaga keuangan yang berfungsi untuk menyimpan dan meminjamkan uang, bank juga memberikan informasi mengenai harga kurs uang asing yang bisa dilihat secara gratis di halaman situs resminya. Dengan mengakses situs web resmi bank, daftar lengkap harga mata uang asing bisa kamu lihat untuk menambah wawasan mengenai nilai kurs.

Itulah beberapa alternatif untuk mengecek kurs mata uang dengan mudah dan praktis. Semoga bisa dijadikan referensi buat kalian yang ingin kirim uang ke luar negeri ya!

Mau kirim uang ke luar negeri dengan mudah dan praktis? Pakai aplikasi OY! Indonesia saja!

Jika kamu kirim uang lewat OY! Indonesia, kamu bisa mendapat kemudahan bertransaksi ke luar negeri dengan harga yang terjangkau loh. Hanya dengan mengunduh aplikasi OY! Indonesia, kamu langsung bisa menggunakan layanan yang menguntungkan ini!

OY! juga punya beberapa cara aman transfer uang ke luar negeri yang bisa kamu pakai nih. Klik tautan ini ya!

Yuk, download aplikasi OY! Indonesia sekarang agar bisa mengirim uang ke luar negeri dengan mudah, murah, dan praktis. Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023