Cara Mengatur dan Mengelola Toko Online Anda

Luthfa
|
May 3, 2021

Cara Mengatur dan Mengelola Toko Online - Anda punya binis online shop? Mengelola bisnis berbasis online bisa dibilang penuh tantangan sebab ada begitu banyak pesaing yang pastinya memiliki produk atau jasa yang sama dengan bisnis yang Anda rintis saat ini.

Meskipun bisnis Anda saat ini terbilang lancar dan memiliki banyak customer, namun Anda tak bisa terus menerus berada di posisi itu-itu saja. Bagaimana pun, bisnis online shop Anda harus dikembangkan guna meraih omzet yang lebih tinggi.

Dalam mengelola bisnis online shop dibutuhkan strategi pemasaran serta pengelolaan bisnis online yang mumpuni. Selain itu, Anda juga harus jeli dalam melihat peluang pasar. Supaya bisnis Anda bisa berkembang menjadi lebih besar, sebaiknya ketahui cara mengatur dan mengelola toko online berikut ini!

Menyediakan contact person yang aktif

cara mengatur dan mengelola toko online Anda

Perlu diingat bahwa sistem dasar online shop adalah membangun kepercayaan konsumen. Itu artinya, Anda sebagai pemilik usaha online shop harus meyakinkan konsumen bahwa produk yang Anda jual tidak akan mengecewakan.

Salah satu cara dalam membangun kepercayaan konsumen adalah dengan menyediakan contact person yang jelas dan aktif. Dengan begitu, pembeli dapat dengan mudah berinteraksi dengan penjual baik itu via e-mail, aplikasi perpesanan, sms, atau telepon.

Membenahi aset jualan

cara mengatur dan mengelola toko online Anda

Untuk mendukung penjualan produk, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai wadah promosi sekaligus berbagi informasi. Ya, Anda bisa membuat sebuah konten di jejaring media sosial yang menjelaskan mengenai produk yang Anda jual, mulai dari kegunaan produk hingga keunggulannya.

Lengkapi pula konten tersebut dengan deskripsi produk yang menarik sehingga pembeli dapat membaca lebih detail mengenai produk yang ingin mereka beli. Selain itu, Anda juga bisa membuat website serta blog yang didukung dengan pengaplikasian SEO (Search Engine Optimization). Jangan lupa untuk melengkapi nama produkmu yang dijual di marketplace dengan keywords yang relevan.  

Penggunaan visual yang eye catching juga bisa membantu menarik customer. Visual yang baik akan memberikan kredibilitas terhadap brand yang Anda buat. Buatlah visual berupa infografik atau konten foto untuk ditampilkan di website atau media sosial.

Kenali customer dan kompetitor

Jika Anda telah memiliki pelanggan tetap, jagalah data setiap customer Anda mengingat data adalah aset bagi penjual. Selain itu, kenali juga siapa kompetitor Anda.

Lakukan riset secara detail, mulai dari menilik strategi campaign yang mereka gunakan hingga keywords yang mereka gunakan saat mempromosikan produknya. Dengan begini, Anda bisa bersaing dengan kompetitor, bahkan bisa lebih unggul.

Aktif di media sosial

cara mengatur dan mengelola toko online Anda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan media sosial sangat penting guna mendukung bisnis online shop Anda. Meskipun Anda sudah membuat blog atau website, namun media sosial masih menjadi channel penting untuk mempromosikan produk bisnis.

Bisa dibilang, dari media sosial juga, pintu pertama perkenalan dibuka pada calon pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus aktif di media sosial. Namun, piliih platform yang memang efisien agar Anda dapat menjaring lebih banyak pembeli.

Jika Anda berhasil mewujudkan interaksi dengan pelanggan di media sosial, dijamin pelanggan setia Anda akan merekomendasikan produk Anda pada orang-orang terdekat.

Manfaatkan word of mouth marketing

cara mengatur dan mengelola toko online Anda

Punya budget lebih untuk promosi? Tak ada salahnya menggunakan jasa selebgram atau influencer. Dengan bantuan mereka, bisnis Anda bisa dikenal lebih luas. Percaya atau tidak, saat ini masyarakat lebih percaya dengan ulasan dari para selebgram atau influencer dibandingkan dengan review orang lain.

Teknik marketing ini juga dinilai lebih efektif karena nyatanya word of mouth marketing dapat meningkatkan penjualan 5x lebih menghasilkan dibandingkan dengan paid marketing. Selain memanfaatkan selebgram atau influencer, Anda juga bisa membuat kolom review di website. Tujuannya agar para pelanggan dapat menilai kualitas barang atau pelayanan bisnis Anda.

Bergabung dengan Payment Getaway Indonesia

Sebagai payment getaway Indonesia terlengkap, OY! hadir dengan berbagai fitur yang dapat membantu para pebisnis meningkatkan penjualannya. Lewat OY! Bisnis, para pelaku usaha dapat meningkatkan efisiensi perbendaharaan perusahaan dengan memudahkan Anda dalam melakukan pengiriman dan penerimaan pembayaran dari pelanggan.

Untuk itu, mari daftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis dan rasakan kenyamanan dalam bertransaksi yang lebih mudah!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023