Cara Mencegah Tagihan Listrik Supaya Nggak Membengkak

Mutia
|
May 3, 2021

Nggak bisa dipungkiri kalau pembatasan aktivitas di masa pandemi ini membuat banyak orang menghabiskan waktu di rumah saja. Kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumah kini terpaksa harus dilakukan dari rumah.

Dengan demikian, kegiatan sehari-sehari seperti bekerja, kuliah, atau sekolah yang banyak dilakukan di rumah bisa membuat tagihan listrik meningkat. Hal ini membuat banyak orang mengeluhkan meningkatnya tagihan listrik mereka.

Masyarakat diharapkan untuk tetap bijak dalam menggunakan listrik agar tagihan listrik nggak membengkak. Nah, ini dia beberapa cara supaya tagihan listrik kamu nggak naik drastis!

Cabut Colokan Listrik yang Nggak Terpakai

tagihan listrik membengkak

Salah satu penyebab yang membuat tagihan listrik melonjak drastis adalah kebiasaan membiarkan kabel tercolok terus-menerus. Kebiasaan ini dapat membuat listrik terbuang sia-sia karena meski nggak dipakai, pengisi daya di saklar tetap teraliri listrik. Walau jumlah daya terbilang kecil, daya yang terbuang percuma cukup besar jika dibiarkan berhari-hari.

Hal tersebut tentunya bisa membuat tagihan listrik membengkak tanpa disadari. Jadi kalau kabel atau perangkat elektronik sedang nggak dipakai, sebaiknya dimatikan saja.

Jangan Terlalu Lama Menyalakan Rice Cooker

tagihan listrik membengkak

Kebiasaan lain yang ternyata menyebabkan kenaikan pada tagihan listrik adalah membiarkan rice cooker menyala seharian. Biasanya kabel rice cooker tercolok seharian karena ingin membuat nasi tetap hangat.

Walau nasi memang lebih nikmat untuk disantap saat hangat, tapi ternyata kebiasaan ini membuat kamu nggak hemat. Pemasak nasi yang dinyalakan seharian akan membutuhkan daya listrik yang cukup besar.

Agar tagihan listrikmu nggak membengkak, sebaiknya kamu mencabut kabel rice cooker jika sudah selesai digunakan. Kalau sedang ingin menghangatkan nasi, kamu bisa menyalakan rice cooker 15 menit sebelum makan.

Mencabut Kabel Dispenser

Sama halnya dengan rice cooker, biasanya kabel dispenser juga sering kali dibiarkan tercolok supaya air bisa dinikmati secara dingin maupun panas saat dibutuhkan. Namun ternyata kebiasaan tersebut membuat tagihan listrik kamu membengkak, loh!

Kalau kamu sering membutuhkan air panas atau dingin, kamu bisa menyalakan dispenser sampai air memanas atau menjadi dingin. Setelah itu, masukan air ke kulkas agar dingin seharian atau bisa menambahkan es batu saat akan diminum. Untuk air panas, kamu bisa masak air atau menghidupkan dispenser hanya saat dibutuhkan saja.

Mematikan TV Saat Nggak Benar-Benar Ditonton

tagihan listrik membengkak

Saat sedang di rumah, sering kali kita menghidupkan televisi untuk menghidupkan suasana di rumah. Namun, TV tersebut sebetulnya nggak benar-benar ditonton karena adanya kegiatan lain yang sedang dilakukan. Kebiasaan ini juga membuat tagihan listrik rumahmu meningkat.

Solusinya, kamu bisa mematikan TV saat sedang nggak ditonton supaya tagihan listrik jadi menyusut. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan TV LED karena jauh lebih hemat.

Itu dia beberapa cara untuk mencegah membengkaknya tagihan listrik rumahmu yang bisa kamu coba. Nah, untuk kamu yang sedang mencari cara membayar tagihan listrik yang nggak ribet, kamu bisa pakai aplikasi OY! Indonesia. Dengan OY!, kamu bisa bayar berbagai macam tagihan termasuk tagihan listrik dengan mudah, aman, dan praktis!

Yuk, download OY! sekarang dan nikmati berbagai kemudahannya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023