Cara Memulai Usaha Dari Nol, Tanpa Butuh Modal Besar

Arin
|
October 10, 2022

Cara Memulai Usaha Dari Nol, Tanpa Butuh Modal Besar - Masih ada banyak orang yang berpikir bahwa dalam memulai suatu usaha maka membutuhkan modal atau dana dalam jumlah besar. Nyatanya, saat ini ada banyak sekali jenis usaha maupun bisnis yang bisa dilakukan tanpa memerlukan modal besar atau dana sepeser pun.

Meskipun begitu, bisnis yang dimulai dengan menggunakan modal kecil tetap memiliki peluang untuk bisa sukses, loh! Hal ini dikarenakan seperti bisnis lain pada umumnya, ketekunan dan kegigihan sang pemilik bisnis adalah kunci dari kesuksesan bisnis yang mereka jalankan. 

Ingin tahu cara memulai usaha dari nol tanpa membutuhkan modal besar, namun tetap bisa mendatangkan keuntungan? Yuk, simak artikelnya di bawah ini dan ketahui langkah-langkah yang bisa kamu ikuti!

Cara Memulai Usaha Dari Nol, Tanpa Butuh Modal Besar

Sekarang sudah ada semakin banyak orang-orang yang tertarik untuk terjun di dunia bisnis dan berangan-angan untuk bisa meraih kesuksesan di bidang tersebut. Namun sayangnya, impian mereka terhalang oleh berbagai macam kendala, seperti biaya misalnya.

Tidak bisa dimungkiri bahwa modal merupakan salah satu hal penting yang harus dipersiapkan sebelum memulai suatu bisnis atau usaha. Semakin besar modal yang dipersiapkan, maka perencanaan bisnis pun bisa berjalan dengan lebih lancar.

Akan tetapi, tahukah kamu kalau modal awal yang dimaksud tidak harus berupa uang? Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam hal yang ada di sekeliling sebagai modal dalam menjalankan bisnis sehingga biaya yang dikeluarkan pun bisa ditekan seminimal mungkin.

Berikut ini adalah beberapa cara serta langkah-langkah yang bisa kamu ikuti jika ingin memulai usaha yang tidak membutuhkan modal besar.

Gunakan aset yang sudah dimiliki

Seperti yang sudah disebutkan di atas, gunakanlah berbagai macam aset yang sudah kamu miliki untuk bisa menekan modal dalam bisnis. Misalnya, kamu bisa menggunakan laptop untuk membuat toko online atau menyusun rencana bisnis dengan bantuan software yang tersedia di internet.

Manfaatkanlah peralatan yang tersedia secara gratis untuk menyusun rencana bisnis dan mengetahui seberapa besar peluang bisnis yang akan kamu jalankan di pasaran. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu mengeluarkan modal sepeser pun pada saat tahap perencanaan bisnis.

Pilih bisnis sesuai hobi atau keterampilan

Cara Memulai Usaha Dari Nol, Tanpa Butuh Modal Besar

Selanjutnya, kamu bisa memilih bisnis sesuai dengan hobi atau kemampuan yang dimiliki. Dengan cara ini, maka kamu tidak memerlukan lagi biaya untuk training karena kamu sudah memiliki kemampuan yang bisa dijual atau ditawarkan.

Misalnya, jika kamu memiliki hobi bertanam maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menjual bibit tanaman ke pelanggan. Sementara itu, jika kamu memiliki keterampilan melukis, maka kamu bisa membuka les atau jasa melukis ke pelanggan yang tertarik.

Mulai bisnis dalam skala kecil

Cara lain untuk bisa menjalankan bisnis tanpa perlu membutuhkan modal besar adalah dengan memulai bisnis dalam skala kecil dan dijalankan sendiri terlebih dahulu. Dengan cara yang satu ini, maka kamu pun bisa fokus menjalankan bisnis tanpa perlu pusing-pusing memikirkan biaya lain seperti biaya untuk membayar gaji karyawan, biaya untuk pemasaran, biaya untuk stok barang, dan sebagainya.

Cara ini pastinya bisa mengurangi pengeluaran yang tidak perlu sehingga kamu pun bisa menekan jumlah modal yang diperlukan. Selain itu, memulai bisnis dalam skala kecil pun memungkinkan kamu untuk bisa fokus dalam melayani kebutuhan pelanggan sehingga bisa mencapai target bisnis secara berkala.

Manfaatkan berbagai media dan sarana pendukung yang ada

Cara Memulai Usaha Dari Nol, Tanpa Butuh Modal Besar

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan berbagai media atau sarana pendukung yang ada untuk membantu keberlangsungan bisnismu. Saat ini, sudah ada banyak jenis media serta sarana pendukung bisnis yang bisa kamu unduh di internet secara gratis sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan.

Misalnya, kamu bisa menggunakan Instagram serta TikTok sebagai media promosi bisnis. Buatlah konten yang menarik agar bisnis kamu semakin dilirik oleh pelanggan. Kamu juga bisa menggunakan OY! Bisnis dalam transaksi bisnis agar transaksi pembayaran bisnis berjalan dengan lebih mudah tanpa ribet.

Nah, setelah membaca artikel di atas dan mengetahui apa saja ide bisnis yang bisa dikembangkan dari hobi, apakah kamu semakin tertarik untuk menjalankan bisnis dari sekarang? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Transaksi Praktis Tanpa Ribet Pakai OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang