Cara Memulai Jualan Makanan Online

Arin
|
May 20, 2022

Cara Memulai Jualan Makanan Online - Akhir-akhir ini, jualan makanan secara online dianggap sebagai salah satu prospek bisnis dengan hasil yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap mobilitas penduduk dan membuat mereka menjadi lebih terbiasa untuk membeli makanan secara online.

Selain itu, ide untuk berjualan makanan secara online juga banyak diminati karena saat ini sudah ada banyak teknologi yang mendukung pelaksanaan bisnis online. Berbagai macam aplikasi hingga marketplace tersedia dan mudah diakses untuk siapa saja.

Hal ini tentunya membuat berjualan makanan secara online sebagai salah satu ide yang bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis kamu. Nah, sebelum memulai bisnis online di bidang kuliner, yuk baca artikel di bawah ini agar kamu tahu apa saja yang perlu disiapkan.

Cara Memulai Jualan Makanan Online

Cara Memulai Jualan Makanan Online

Makanan merupakan hal pokok dasar yang dibutuhkan semua orang. Oleh karena itu, bisnis di bidang yang satu ini juga memiliki potensi yang besar di pasaran. Akan tetapi, bisnis di bidang kuliner bukan berarti tidak memiliki risiko sama sekali ya.

Seperti bisnis lain pada umumnya, jualan makanan secara online juga merupakan bisnis yang perlu dipersiapkan dengan matang. Jika kamu persiapan kamu kurang, maka jangan kaget kalau bisnis kamu malah gagal alih-alih terjual dengan laris.

Untuk memastikan agar jualan makanan online kamu berjalan dengan lancar. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebelum memulai bisnis makanan online agar jualan kamu menjadi laris manis.

Siapkan modal

Sebelum memulai suatu bisnis, kamu tentunya memerlukan modal awal. Nah, keuntungan dari berjualan makanan secara online adalah kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar karena kamu bisa memanfaatkan peralatan dan tempat yang telah kamu miliki.

Untuk memangkas biaya dengan lebih lanjut, kamu bisa melakukan persiapan lain seperti melakukan riset pasar secara mandiri dengan memanfaatkan internet dan media sosial.

Tentukan menu

Cara Memulai Jualan Makanan Online

Setelah menyiapkan modal, kamu bisa menentukan menu sesuai dengan budget yang kamu miliki. Pilihlah produk yang saat ini sedang naik daun atau viral agar banyak dicari masyarakat. Selain itu, kamu juga bisa membuat inovasi makanan yang unik agar makanan yang kamu jual semakin dilirik oleh pelanggan.

Contohnya, kamu bisa menjual dessert box dengan rasa yang banyak disukai masyarakat seperti Tiramisu atau Red Velvet. Kamu juga bisa coba untuk menjual burger vegan dengan roti bun dengan berbagai macam warna agar menarik perhatian banyak orang.

Promosikan produk

Saat ini, kegiatan promosi menjadi lebih mudah dengan adanya media sosial dan berbagai macam aplikasi marketplace. Kamu bisa melakukan promosi dengan berbagai cara, akan tetapi kamu harus memastikan bahwa promosi yang dilakukan sesuai dengan target pasaran yang kamu incar.

Contohnya, kamu bisa melakukan promosi di Facebook jika target kamu adalah kalangan orang tua, menggunakan thread Twitter, bahkan Instagram dan TikTok untuk kalangan dengan umur yang lebih muda. 

Selain itu, ada juga opsi untuk bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan bisnis kamu dengan berbagai macam cara dari membagikan review hingga melakukan konten mukbang dengan makanan yang kamu jual.

Daftar ke aplikasi pesan makanan

Cara Memulai Jualan Makanan Online

Ide selanjutnya yang bisa membuat jualan makanan online kamu semakin laris adalah dengan mendaftarkan bisnis kamu di aplikasi pesan makanan. Aplikasi pesan makanan terbukti dapat meningkatkan penjualan karena memiliki banyak pengguna.

Selain itu, pemesanan maupun penjualan dengan menggunakan aplikasi dianggap jauh lebih mudah dan praktis, baik untuk penjual maupun pembeli. Beberapa aplikasi pesan makanan yang bisa kamu gunakan sebagai platform untuk jualan makanan secara online antara lain adalah GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan sebagainya.

Ikut bazaar

Cara Memulai Jualan Makanan Online

Saat ini, nyaris semua hal bisa dilakukan secara online, termasuk bazaar. Bazaar biasanya dilakukan di berbagai macam marketplace pada perayaan-perayaan tertentu seperti hari kemerdekaan, menyambut lebaran, akhir tahun, dan sebagainya.

Saat bazaar, pasti ada saja orang yang mencari makanan serta minuman yang unik. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk menjual produk makanan dari bisnis kamu. 

Pasanglah foto atau video serta deskripsi makanan yang menarik. Selain itu, tawarkan juga berbagai macam promo agar jualan makanan kamu dilirik banyak orang.

Setelah membaca artikel tentang cara memulai jualan makanan secara online, apakah kamu juga tertarik untuk memulai bisnis online kamu? Untuk kamu yang mau memulai bisnis, ayo gabung dengan OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya.

Lancarkan Transaksi Bisnis Hanya dengan OY! Bisnis

 

OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

OY! Bisnis juga memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi penjualan secara digital dengan mudah dan efisien. Lewat produk yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah  transfer bank, e-wallet, hingga QRIS. 

Dengan banyaknya pilihan opsi metode bayar, pelanggan jadi bisa menyesuaikan dengan metode yang mereka inginkan. Selain itu,  OY! Bisnis juga memudahkan proses rekonsiliasi keuangan bisnis kamu karena kamu bisa mengecek seluruh riwayat transaksi di dalam satu dashboard.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Bisnis dalam memulai bisnismu? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023