Bagaimana Cara Kerja Remitansi? Simak Caranya Di Sini!

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Di era globalisasi seperti sekarang, perekonomian internasional kian meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu faktor yang mendukung peningkatan tersebut adalah remitansi.

Berbagai macam kerjasama antar negara, khususnya bisnis internasional bisa dilaksanakan dengan adanya remitansi. Sebab, remitansi bertujuan untuk memudahkan pengiriman dan penerimaan uang dari dalam negeri ke luar negeri  atau pun sebaliknya.

Nah, sebenarnya apa itu remitansi? Bagaimana cara kerja remitansi? Simak terus artikel ini untuk tahu lebih lanjut mengenai remitansi dan cara kerjanya!

Pengertian Remitansi

Pengertian Remitansi

Remitansi atau remittance adalah layanan pengiriman uang yang dilakukan oleh lembaga perbankan. Bisnis remitansi tidak hanya mencakup pengiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri saja, namun remitansi juga mencakup pengiriman uang dari dalam ke luar negeri. 

Umumnya, remitansi dikaitkan dengan transfer uang yang dilakukan para pekerja asing ke penerima di negara asalnya. Selain sebagai bantuan internasional, uang yang dikirimkan oleh pekerja migran merupakan salah satu arus uang terbesar di negara berkembang. Remitansi pekerja adalah bagian penting dari arus modal internasional, terutama di negara-negara pengekspor tenaga kerja. 

Remitansi memainkan peran penting dalam ekonomi dari berbagai negara dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat. Bagi negara-negara tertentu, nilai remitansi bisa mencapai sepertiga dari nilai PDB (Produk Domestik Bruto).

Ingin tahu lebih lanjut mengenai remitansi? Klik tautan ini.

Sekarang waktunya kita bahas tentang cara kerja remitansi. Cermati ulasan berikut ini ya!

Cara Kerja Remitansi

Cara Kerja Remitansi

Saat ini, hampir semua bank telah menyediakan jasa atau layanan pengiriman uang ke luar negeri melalui remitansi. Jadi, kamu nggak perlu bingung dalam memilih bank yang akan dituju untuk mengirimkan uang ke luar negeri.

Secara umum, layanan remitansi memiliki cara tersendiri yang berlaku di semua bank. Lantas, bagaimana cara kerja remitansi? Simak tahapan cara kerja remitansi berikut ini!

  1. Pihak pengirim mendatangi bank yang menyediakan layanan remitansi baik sebagai nasabah maupun bukan nasabah.
  2. Pengirim meminta formulir pengiriman uang lalu mengisi informasi dengan benar dan lengkap, mulai dari jumlah atau nominal uang yang akan dikirimkan, identitas pengirim dan penerima, hingga bank tujuan penerima kiriman uang tersebut.
  3. Setelah formulir terisi lengkap, langkah selanjutnya adalah bank akan melakukan proses permintaan remitansi dalam bentuk valuta asing melalui debit dari tabungan valuta asing milik pengirim apabila mengirim dengan status sebagai nasabah bank. Jika pengirim bukan nasabah, jumlah nominal akan dikonversikan ke dalam bentuk valuta asing terlebih dahulu.
  4. Pihak bank pengirim akan melakukan proses permintaan remitansi dengan bank koresponden selaku penghubung atau perantara dari bank tujuan penerima uang.
  5. Bank tujuan akan menerima kiriman uang dan akan diteruskan kepada pihak penerima sesuai dengan instruksi dari pihak pengirim. Proses remitansi selesai.

Layanan Remitansi OY! Indonesia

Layanan Remitansi OY! Indonesia

Setiap bank biasanya masing-masing memiliki keunggulan layanan, mulai dari kecepatan proses transaksi hingga biaya layanan. Biaya layanan remitansi yang dibebankan oleh bank kepada pengirim umumnya berkisar antara US $5 hingga US $25 atau sekitar Rp72.000 hingga Rp361.000.

Bisa dilihat dari keterangan di atas bahwa biaya remitansi di bank lumayan mahal, kan? Nah, OY! Indonesia bisa jadi alternatif baru untuk melakukan remitansi bagi kalian yang ingin hemat saat kirim uang ke luar negeri!

Lewat OY! Indonesia, kamu bisa melakukan remitansi dengan cara yang praktis dan tentunya dengan biaya remitansi yang lebih rendah daripada lewat bank. Selain itu, data transaksi kamu dijamin aman selama proses transaksi jadi jangan khawatir!

Sebagai perbandingan, layanan remitansi lewat OY! Indonesia hanya mengenakan biaya remitansi sebesar Rp50.000 sedangkan biaya remitansi yang dikenakan oleh bank umumnya berkisar antara $5 hingga $25 atau sekitar Rp72.000 hingga Rp360.000. Perbedaan biayanya jauh sekali, kan?

Remitansi melalui OY! Indonesia memungkinkan pengguna OY! Indonesia untuk mengirim uang ke beberapa negara termasuk Inggris, Belanda, Prancis, China, Korea Selatan, India, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Australia. Cara kerjanya juga nggak rumit sama sekali.

Tertarik dengan layanan remitansi milik OY! Indonesia? Klik tautan ini untuk melakukan transaksi uang ke luar negeri melalui layanan OY! Indonesia.

Download aplikasi OY! Indonesia di gadget kamu untuk menikmati berbagai keuntungan saat melakukan transaksi keuangan. Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023