Cara Hemat Membayar Tagihan PLN

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Penggunaan listrik yang tak terkendali akan membuat tagihan PLN melonjak. Apalagi semenjak pandemi COVID-19, aktivitas yang dilakukan sebagian besar masyarakat lebih sering di rumah sehingga biaya listrik kemungkinan mengalami peningkatan.

Biaya listrik yang meningkat drastis bisa menyebabkan kerugian yang besar. Lantas, apa yang harus dilakukan saat hal tersebut terjadi?

Dengan adanya peningkatan biaya tagihan PLN, harus ada cara yang bisa membuat pembayaran tagihan PLN menjadi lebih hemat. Bagaimana caranya agar bisa lebih hemat saat membayar tagihan PLN? Simak terus artikel berikut ini!

Tips Hemat Menggunakan Listrik

Tips Hemat Menggunakan Listrik

Salah satu upaya awal untuk menghemat saat membayar tagihan PLN adalah dengan mengubah gaya hidup kamu dalam menggunakan listrik. Berikut beberapa tips hemat menggunakan listrik agar tagihan PLN kamu bisa lebih murah.

1. Atur Pemakaian Alat Elektronik

Peralatan elektronik berdaya listrik besar seperti kulkas, mesin cuci, dan AC paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mampu menyebabkan peningkatan tagihan listrik secara drastis jika kamu nggak   menggunakan listrik dengan bijak.

Untuk mencegah terjadinya peningkatan tagihan listrik, penggunaan listrik perlu diatur agar bisa lebih hemat biaya. Sebagai contoh, kamu bisa menaikkan suhu AC kamu menjadi 25 derajat Celcius dan nggak terlalu sering membuka pintu supaya ruangannya tetap dingin. Selain itu, kamu bisa mengatur jadwal dan mengurangi durasi penggunaan berbagai peralatan elektronik.

Perubahan-perubahan kecil dalam penggunaan peralatan elektronik seperti ini bisa membuat tagihan listrik kamu nggak mengalami peningkatan, bahkan justru menurun tanpa disadari. Mulai biasakan lebih bijak saat menggunakan peralatan elektronik ya!

2. Matikan Lampu yang Nggak Digunakan

Nah, tindakan yang satu ini seringkali diabaikan. Membiarkan lampu menyala saat nggak dibutuhkan seperti pada siang hari merupakan kebiasaan buruk yang mampu menguras energi listrik. Alhasil, tagihan listrik pun melonjak.

Ubah kebiasaan buruk ini dengan mematikan lampu yang nggak dipakai untuk beraktivitas sehingga dapat menghemat listrik. Bukan hanya menghemat listrik, kamu juga bisa menjaga bumi dengan mengurangi penggunaan energi listrik.

3. Gunakan Lampu LED

Lampu menjadi salah satu peralatan listrik yang sudah menjadi kebutuhan setiap rumah tangga. Untuk menghemat listrik, gunakan lampu LED karena lampu ini memiliki daya listrik yang rendah tapi hasil penerangannya maksimal seperti bohlam. 

Umumnya, lampu LED memiliki daya listrik sebesar 7 watt, sedangkan bohlam berdaya 60 watt. Bayangkan, jika semua lampu di rumah menggunakan lampu LED, pasti tagihan listrik kamu akan jauh lebih murah.

Hemat dalam Pemakaian Listrik

Begitulah beberapa cara yang bisa bikin kamu lebih hemat dalam penggunaan listrik. Mau tahu cara mencegah tagihan listrik supaya tagihan nggak membengkak? Klik laman ini.

Pembayaran Tagihan PLN di Era Digital

Seperti yang telah disampaikan di atas, pembayaran tagihan PLN sudah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi karena listrik telah menjadi salah satu kebutuhan dasar  bagi setiap orang, khususnya di era digital seperti sekarang.

Awalnya, pembayaran tagihan listrik oleh PLN hanya bisa dilakukan di kantor PLN. Orang harus berlama-lamaan mengantre demi membayar tagihan bulanan ini karena dulu metode pembayarannya cuma satu, yaitu membayar tagihan listrik langsung di kantor PLN.

Cara Hemat Tagihan PLN di Era Digital

Seiring berkembangnya zaman, sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk membayar berbagai kebutuhannya dengan menggunakan aplikasi dompet digital atau e-Wallet. Selain itu, sudah banyak perusahaan penyedia layanan jasa teknologi finansial (fintech) yang memudahkan berbagai macam pembayaran.

Keberadaan fintech tentu sangat memudahkan kamu untuk bisa membayar tepat waktu dengan praktis. Kamu nggak perlu repot-repot lagi ke kantor penyedia layanan atau ATM hanya untuk melunasi tagihan.

Salah satu fintech yang bisa kamu andalkan untuk membayar berbagai tagihan adalah OY! Indonesia. OY! Indonesia menyediakan berbagai layanan transaksi, salah satunya adalah pembayaran tagihan PLN dengan cara yang praktis, mudah, dan hemat.

Bagaimana cara membayar tagihan PLN lewat OY! Indonesia? Cermati tahapannya di bawah ini!

Cara Membayar Tagihan PLN via Aplikasi OY! Indonesia

Cara Hemat Bayar Tagihan PLN dengan OY! Indonesia

Sebelum kamu mempelajari tahap pembayaran tagihan PLN melalui OY! Indonesia, pastikan kamu telah mengunduh aplikasi OY! Indonesia. Kamu bisa unduh aplikasi tersebut di App Store untuk pengguna iOS atau Google Play untuk pengguna Android.

Jika sudah mengunduh aplikasi OY! Indonesia, kamu bisa langsung bayar tagihan PLN lewat smartphone kamu dengan praktis dan mudah. Simak tahap pembayaran tagihan PLN berikut ini!

  1. Klik menu "Tagihan & Top Up".
  2. Pilih "Tagihan Listrik".
  3. Masukkan nomor meter/pelanggan PLN, lalu klik “Lanjut”.
  4. Cek data pelanggan dan pastikan semua datanya benar lalu pilih sumber dana dan klik “Lanjut”.
  5. Pilih “Metode Transfer” yang diinginkan.
  6. Ikuti petunjuk pembayaran.
  7. Bayar tagihan listrik berhasil dilakukan.
  8. Bukti transaksi bisa disimpan atau dibagikan melalui aplikasi perpesanan.

Simple kan cara pembayaran tagihan PLN lewat aplikasi OY! Indonesia? Apalagi layanan ini gratis, tanpa harus membayar biaya admin!

Selain bayar tagihan listrik, kamu juga bisa beli token listrik lewat aplikasi OY! Indonesia. Klik tautan ini untuk tahu caranya.

Sekian penjelasan mengenai cara hemat membayar tagihan PLN yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat ya!


Download aplikasi OY! Indonesia sekarang! Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023