Cara Cek Tagihan PLN dengan Praktis Tanpa Ribet

Shafira
|
May 3, 2021

Kini, semakin banyak cara cek tagihan PLN dengan cara praktis dan aman. Kamu nggak perlu lagi repot mengantre di loket PLN terdekat hanya untuk membayar dan mengetahui jumlah tagihan listrikmu. Selain memakan waktu, kamu juga harus melangkah keluar rumah. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, kamu hanya perlu duduk manis untuk cek tagihan PLN. Simak beberapa cara berikut ini!

Cara Cek Tagihan PLN

Cek Tagihan PLN Lewat Telepon

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan layanan telepon. Kamu dapat menghubungi PLN secara langsung untuk cek tagihan listrik di nomor 123. Nomor ini hanya bisa kamu akses dengan layanan telepon.

Lalu bagaimana caranya untuk menghubungi dari ponsel? Kamu hanya perlu mengubah formatnya dengan (kode area)-123. Misalnya, kamu sedang berada di Jakarta maka kamu hanya perlu menghubungi di nomor 021-123. Atau kamu berada di daerah Jambi maka formatnya menjadi 0741-123.

Setelah tersambung, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk dari operator PLN. Setiap panggilan akan dikenakan tarif telepon normal. Layanan ini tersedia selama 24 jam sehingga kamu bisa menggunakannya kapan saja.

Periksa Tagihan PLN Lewat Metode SMS

Untuk kamu yang ingin cek tagihan listrik dengan metode yang paling sederhana, kamu dapat menggunakan SMS. Asal bermodalkan pulsa yang cukup, kamu dapat menggunakan layanan ini di mana saja walaupun nggak ada sambungan internet.

Dengan layanan cek tagihan lewat SMS, kamu nggak hanya dapat melihat tagihanmu dalam kurun waktu 1 bulan, tapi juga mengaktifkan pemberitahuan tagihan secara otomatis serta menghentikan layanan penggunaan.

Kamu dapat melihat tagihan listrik untuk bulan ini dengan mengirimkan SMS dengan format:

REK (spasi) 12 Digit No ID Pelanggan, kirim ke 8123.

Jika kamu ingin berlangganan pemberitahuan tagihan melalui SMS otomatis, kamu dapat mengirim SMS dengan format:

PLN (spasi) ON (spasi) 12 Digit Nomor ID Pelanggan, kirim ke nomor 8123.

Untuk berhenti berlangganan cukup dengan mengirimkan SMS berformat berikut:

PLN (spasi) OFF (spasi) 12 Digit Nomor ID Pelanggan, kirim ke nomor 8123.

Hanya saja, untuk menggunakan layanan SMS ini nggak gratis. Biaya SMS yang dikenakan adalah Rp 500 (belum termasuk PPN 10%) per sms. Hal ini berlaku untuk setiap operator.

Cara Cek Tagihan PLN Melalui Aplikasi PLN Mobile

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi PLN Mobile selaku aplikasi resmi PT PLN untuk memeriksa tagihan listrik bulanan. Selain itu kamu juga dapat melihat riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, info status listrik, info progress permohonan, dan juga dapat kamu gunakan untuk pengaduan keluhan pelanggan.

Cek tagihan tanpa login

Kamu bisa langsung cek tagihan tanpa perlu login ke dalam aplikasi.

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile melalui App Store untuk pengguna iOS atau Google Play Store untuk pengguna android.
  2. Buka aplikasi PLN Mobile di smartphone-mu.
  3. Pilih menu MASUK TANPA LOGIN
  4. Klik menu Informasi pada tab menu, kamu akan diarahkan ke halaman pilihan informasi.
  5. Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  6. Masukan Nomor ID Pelanggan PLN atau Nomor Meteran.
  7. Klik Cari.
  8. Status tagihan listrik beserta besaran nominalnya akan muncul di layarmu.

Cara cek tagihan dengan login

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile melalui App Store untuk pengguna iOS atau Google Play Store untuk pengguna android.
  2. Buka aplikasi PLN Mobile di smartphone-mu.
  3. Untuk pengguna baru, set up profil PLN Mobile dengan klik menu Daftar. Jika kamu pengguna aplikasi lama maka klik menu Migrasi User untuk migrasi data lama ke aplikasi PLN Mobile.
  4. Isi semua data atau informasi lalu klik Simpan.
  5. Login ke aplikasi PLN Mobile. Setelah itu, profil serta tagihan listrik akan otomatis tertera saat kamu membuka aplikasi tersebut.
  6. Selanjutnya kamu akan melihat pop up yang permintaan informasi IDPEL (Nomor ID Pelanggan PLN) atau Nomor Meter milikmu.
  7. Masukkan nomor terkait lalu klik Cari.
  8. Jumlah tagihan listrik akan muncul pada layar.

Aplikasi ini juga berguna untuk mengakses layanan PLN lainnya. Mulai dari transaksi token, pemakaian kwh listrik, lokasi pembayaran terdekat, hingga status pengaduan pelanggan.

Periksa Tagihan PLN Lewat Aplikasi OY!

Nah, sekarang OY! Memiliki fitur untuk cek dan bayar tagihan lho! Kamu bisa cek besar tagihan listrikmu dan langsung bayar lewat aplikasi OY! Dengan satu aplikasi, kamu bisa melunasi tagihan listrik, baik meteran listrik konvensional maupun sistem token dengan mudah.

Cara cek dan bayar tagihan PLN melalui OY!

  1. Buka aplikasi OY! di smartphone-mu.
  2. Klik menu Tagihan & Top Up
  3. Pilih ikon Tagihan Listrik
  4. Masukkan Nomor Meter atau ID Pelanggan PLN milikmu, klik Lanjut.
  5. Pastikan cek data pelanggan sudah benar. Kamu akan melihat jumlah tagihan yang harus dibayar.
  6. Untuk membayar, pilih sumber dana lalu tekan Lanjut.
  7. Pilih Metode Transfer yang diinginkan.
  8. Ikuti petunjuk pembayaran dengan baik.
  9. Bayar tagihanmu berhasil!
  10. Bukti pembayaran bisa kamu simpan atau kamu bagikan melalui aplikasi perpesanan.

Dengan melihat berbagai cara cek tagihan PLN di atas, kamu nggak perlu ribet lagi untuk cek tagihan listrik bulanan. Kamu bisa mengetahui jumlah pemakaian dengan cepat, bahkan bisa langsung bayar dengan aman. Yuk unduh OY! sekarang untuk kemudahan dalam membayar segala macam tagihan!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023