Cara Atasi Transfer Gagal Namun Saldo Tetap Berkurang

Mutia
|
May 3, 2021

Saat transfer uang antar bank maupun antar rekening, terkadang transaksimu bisa saja gagal. Ada berbagai alasan mengapa transaksimu bisa gagal, salah satunya adalah lalu lintas perbankan yang sedang mengalami kegagalan pada sistem. Namun terkadang saat transfer uang gagal, saldo rekeningmu tetap terdebet. Hal ini tentunya bisa membingungkanmu, khususnya saat nominal uang yang ditransfer nggak sedikit. 

Saat hal ini terjadi, uang yang kamu ingin transfer sudah berkurang dari saldomu namun nggak diterima oleh rekening tujuan. Uang yang telah kamu transfer ke bank lain namun nggak berhasil akan tersimpan di sistem BI sampai proses investigasi berhasil dilakukan oleh kedua belah pihak, baik bank pengirim dan bank penerima. 

Hal ini bisa sangat merepotkanmu karena masalah seperti ini biasanya memakan waktu yang lama untuk diselesaikan. Nah, agar kamu paham kenapa transfer uang antar bank bisa gagal dan bagaimana cara mengatasinya, simak ulasan berikut ini ya!

Kenapa Transfer Gagal Namun Saldo Berkurang?

transfer gagal

Ada berbagai alasan transfer uang antar bank bisa gagal. Transaksi yang gagal pun terkadang tetap dinyatakan berhasil saat kamu cek mutasi rekening. Penyebab dari kedua jenis transaksi yang gagal ini nggak jauh berbeda. Penyebab yang paling umum adalah bank yang sedang mengalami gagal sistem. Namun ada beberapa penyebab lainnya yang membuat transfer uang nggak berhasil. 

  • Transfer saat bank sedang gangguan.
  • Transfer saat bank sedang dalam kondisi Offline.
  • Transfer pada jam sibuk. Biasanya terjadi antara pukul 9-10 pagi.
  • Transfer saat kondisi cuaca buruk.
  • Transfer dengan Internet banking pada jaringan yang nggak stabil.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

transfer gagal

Jika kamu mengalami kejadian tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar laporanmu diproses dan sembari menunggu uangmu kembali. Hal yang harus kamu ketahui adalah bahwa pengembalian dana membutuhkan waktu yang berbeda untuk setiap nasabah. Yuk, simak cara-caranya di bawah ini. 

  1. Simpan bukti transaksi
  2. Minta mutasi rekening kepada rekening tujuan
  3. Buat laporan ke Bank
  4. Cek mutasi secara berkala
  5. Hubungi pihak Bank jika nggak ada pengembalian dana setelah 14 hari

Tips Agar Terhindar dari Transfer Gagal Antar Bank

Agar kamu nggak mengalami hal tersebut, hindari transaksi keuangan pada kondisi berikut ini:

  • Saat Bank sedang mengalami gangguan / maintenance.
  • Saat Bank sedang offline.
  • Saat cuaca sedang buruk.
  • Transfer pada jam sibuk di hari kerja 

Sekian penjelasan mengenai transfer yang gagal namun saldo tetap berkurang. Semoga setelah membaca ulasan ini kamu bisa terhindar dari pengalaman gagal transfer ya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023