Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Saat ini, penggunaan internet sudah menjadi salah satu rutinitas yang dilakukan oleh masyarakat, baik untuk memenuhi kebutuhan hidup maupun untuk hiburan semata. Apalagi bagi orang-orang yang tinggal di perkotaan yang sangat bergantung pada internet untuk menjalan kegiatan hariannya.

Untuk bisa mengakses internet, salah satu cara yang harus dilakukan adalah membeli kuota internet. Dengan membeli kuota internet, kamu bisa melakukan berbagai hal dengan mudah karena adanya koneksi internet.

Namun, penggunaan internet yang berlebihan seringkali menjadi penyebab utama kuota internet kamu cepat habis. Alhasil, kebutuhan kuota internet kamu semakin membengkak sehingga mengakibatkan pengeluaran kamu menjadi lebih boros karena harus membeli kuota internet secara berulang kali. 

Nah, OY! punya beberapa cara ampuh yang bisa kamu terapkan agar kuota internet kamu nggak cepat habis. Apa saja cara ampuh menghemat kuota internet? Simak terus artikel OY! berikut ini ya!

Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Versi OY! Indonesia

Perubahan dalam penggunaan kuota internet penting untuk dilakukan apabila biaya pembelian kuota internet kamu kian melonjak. Tentunya kamu nggak mau mengeluarkan banyak uang secara terus-menerus, kan?

Bagi kamu yang selama ini nggak merasa dirugikan oleh biaya pembelian kuota internet, nggak ada salahnya jika kamu tahu cara menghemat kuota internet. Anggap saja ini merupakan upaya untuk mencegah pengeluaran yang boros yang disebabkan oleh pembelian kuota internet.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa menghemat kuota internet? Pelajari cara ampuh menghemat kuota internet versi OY! Indonesia di bawah ini!

1. Tentukan Limit Penggunaan Kuota Internet

Tentukan Limit Penggunaan Kuota Internet

Salah satu upaya awal penghematan kuota internet adalah menentukan limit penggunaan kuota internet kamu. Sebagai informasi, kamu bisa mengetahui berapa besar kuota internet yang kamu gunakan setiap hari melalui smartphone kamu. 

Untuk menghemat kuota internet, kamu bisa masuk ke menu Settings dan mengatur jumlah limit penggunaan kuota internet di smartphone kamu. Nyalakan fitur peringatan agar kamu bisa mendapatkan notifikasi apabila kuota internet yang kamu gunakan hampir mendekati limit penggunaan yang telah ditentukan.

2. Atur Aplikasi Mesin Pencarian

Atur Aplikasi Mesin Pencarian

Beberapa aplikasi mesin pencarian seperti Google Chrome dan Opera Mini memiliki pengaturan yang memungkingkan kamu untuk memilih menu "Data Saver". Menu ini bisa digunakan untuk menghemat penggunaan kuota internet. 

Sebagai contoh, kamu bisa mengatur kualitas foto yang kamu unduh untuk menghemat kuota internet. Hal-hal kecil seperti ini mampu mempengaruhi penggunaan kuota internet kamu sehingga perlu kewaspadaan yang tinggi. Jangan disepelekan ya!

3. Matikan Kuota Internet Saat Nggak Dibutuhkan

Matikan Kuota Internet Saat Nggak Dibutuhkan untuk Menghemat Kuota Internet

Cara ini memang terdengar gampang tapi jangan salah! Mematikan kuota internet saat nggak dibutuhkan ternyata tak kalah ampuh loh!

Jangan lupa untuk mematikan kuota internet saat nggak dibutuhkan, misalnya saat sebelum tidur. Sebab, beberapa aplikasi dapat tetap berjalan dan menguras kuota tanpa disadari. Di samping itu, smartphone kamu juga bisa lebih hemat baterai jika kuota internet dimatikan. 

4. Hindari Penggunaan Aplikasi yang Memakan Banyak Kuota

Hindari Penggunaan Aplikasi yang Memakan Banyak Kuota untuk Menghemat Kuota Internet

Sejumlah aplikasi seperti Instagram, Facebook, dan Twitter memang bisa menjadi mood booster saat sedang bosan. Namun sayangnya, aplikasi-aplikasi tersebut memakan banyak kuota jika sering digunakan. Sebagai contoh, menonton Instagram Story di Instagram ternyata membutuhkan kuota internet yang cukup banyak. 

Oleh karena itu, hindari pemakaian aplikasi yang memakan banyak kuota secara berlebihan dan perhatikan penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut kalau kamu ingin lebih hemat kuota. Alangkah baiknya jika kamu memakai jaringan WiFi saat ingin memakai aplikasi-aplikasi yang memakan banyak kuota ini.

Selain itu, pengunduhan file juga bisa kamu lakukan agar file bisa diakses secara offline tanpa menguras kuota internet. Cara ini akan membantu kamu untuk tetap bisa menikmati video, film, musik, dan lainnya serta dijadikan sebagai alternatif yang menggantikan streaming.

5. Gunakan WiFi Saat Memungkinkan

Gunakan WiFi Saat Memungkinkan untuk Menghemat Kuota Internet

Penggunaan WiFi merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menghemat kuota internet. Jika situasi memungkinkan untuk menggunakan WiFi, beralihlah ke WiFi dan matikan kuota internet kamu. 

Meskipun kamu bisa lebih hemat kuota melalui penggunaan WiFi, kamu tetap harus berhati-hati terutama saat menggunakan jaringan WiFi yang tersedia di tempat umum. Hindari melakukan transaksi keuangan di smartphone kamu jika terhubung dengan jaringan WiFi umum untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan siber atau fraud cyber crime.

Itulah beberapa cara ampuh yang bisa kamu terapkan untuk menghemat kuota internet. Semoga bermanfaat dan bisa membuat kamu lebih hemat saat menggunakan kuota internet kamu ya!

Berbicara tentang kuota internet, tahukah kamu bahwa sekarang kamu bisa membeli kuota internet tanpa harus ke gerai operator seluler? Canggihnya teknologi memungkinkan masyarakat untuk membeli kuota internet melalui berbagai aplikasi e-Wallet atau fintech yang bisa diunduh di smartphone, misalnya aplikasi OY! Indonesia.

Aplikasi OY! Indonesia bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin membeli kuota dengan mudah, praktis, dan cepat. Yuk, kenal lebih lanjut dengan aplikasi yang menguntungkan ini!

Beli Kuota Internet dengan Praktis Melalui OY! Indonesia

Dengan menggunakan aplikasi OY! Indonesia, kamu bisa membeli kuota dengan praktis tanpa harus ribet pergi ke gerai operator seluler. Cara pembeliannya juga gampang banget dan nggak akan menyita banyak waktu loh!

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi OY! Indonesia di smartphone kamu untuk bisa membeli kuota internet dengan mudah. Petunjuk pembelian kuota internet sudah tertera di aplikasi sehingga kamu bisa mengikuti petunjuk tersebut saat ingin membeli kuota internet.


Melalui aplikasi OY! Indonesia, kamu akan sangat diuntungkan karena kamu nggak akan dikenakan biaya tambahan seperti halnya di gerai operator seluler. Kamu jadi bisa lebih hemat uang setiap kali ingin membeli kuota internet atau mengisi pulsa.

Yuk, download aplikasi OY! Indonesia sekarang untuk memperoleh keuntungan ketika membeli kuota internet. Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023