Persiapan Bisnis Menjelang Bulan Ramadan 2023

Luthfa
|
March 16, 2023

Tidak terasa beberapa hari lagi sudah bulan Ramadan 2023. Bulan penuh berkah ini sangat dinanti oleh semua umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali para pengusaha. Bagaimana tidak, biasanya para pelanggan akan cenderung lebih konsumtif selama bulan puasa sehingga ini adalah peluang bagi pemilik usaha untuk meraup omzet sebanyak-banyaknya.

Seiring dengan daya beli masyarakat yang meningkat, transaksi menggunakan uang tunai juga ikut mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang dikutip dari situs resmi Bank Indonesia, sepanjang momentum Ramadan dan libur Idul Fitri 2022, realisasi penarikan uang tunai meningkat sebesar 16,6% dibandingkan tahun sebelumnya, dari sebesar Rp154,5 triliun menjadi Rp180,2 triliun.

Angka tersebut seakan menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk melakukan transaksi dengan uang tunai saat bulan puasa. Fakta ini sebenarnya tidak mengherankan karena bulan puasa identik dengan bazar takjil dan sembako, serta pembelanjaan di gerai retail yang mengharuskan mereka untuk membayar secara tunai.

Tingginya daya beli pelanggan selama bulan puasa menuntut para pebisnis untuk memikirkan strategi yang tepat agar momen yang hanya datang setahun sekali ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, termasuk menentukan strategi pengelolaan uang tunai.

Berikut beberapa langkah persiapan bisnis menjelang bulan Ramadan 2023 yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang.

Persiapan Bisnis Menjelang Bulan Ramadan 2023

Menjelang bulan puasa, permintaan berbagai kebutuhan sehari-hari cenderung meningkat. Matang atau tidaknya persiapan para pelaku usaha dapat menentukan kelancaran bisnis dan penjualan Anda.

Ditambah lagi dengan meningkatnya transaksi uang tunai. Tentu ini menjadi masalah lain yang juga harus dipikirkan solusinya. Sebab, apabila dilewatkan, maka strategi bisnis yang sudah Anda susun bisa-bisa buyar akibat ketidakmampuan dalam mengelola uang tunai.

Oleh karena itu, pemilik bisnis harus melakukan persiapan agar saat Ramadan tiba, Anda tinggal mengimplementasikan rencananya saja.

Berikut beberapa aspek yang perlu diperhatikan pelaku usaha dalam mempersiapkan bisnisnya dalam menyambut Ramadan 2023.

Pastikan stok barang sudah siap

bisnis ramadan 2023

Dalam hitungan hari lagi, Anda harus memastikan bahwa ketersediaan produk yang hendak dijual harus sudah siap. Apalagi jika bisnis yang Anda jalankan menjual barang hasil produksi sendiri tentu Anda harus melipatgandakan produksinya.

Selain itu, perlu diingat bahwa di musim seperti ini, persaingan bisnis akan semakin ketat sehingga Anda harus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk secara bersamaan agar bisa masuk ke dalam kompetisi sengit dalam menaikkan penjualan.

Siapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran

bisnis ramadan 2023

Sambil memproduksi barang, Anda juga harus menyusun perencanaan yang matang mengenai cara memasarkan produk Anda demi meningkatkan penjualan. Jika selama ini Anda hanya berjualan di satu channel penjualan, maka mulailah untuk memanfaatkan media lainnya.

Misalnya, selama ini Anda hanya mempromosikan di satu media sosial atau satu ecommerce saja, maka mulai gunakan media sosial dan ecommerce lain untuk berjualan. Anda juga bisa menggunakan sistem endorsement dengan influencer atau selebgram.  

Selain itu, Anda juga mungkin membutuhkan media pengiklanan Facebook, Instagram, atau Google selama bulan puasa 2023. Dengan begitu, Anda jadi lebih terarah dalam menyambut hari H nanti.

Pengelolaan uang tunai yang baik

cash deposit machine OY!

Dalam mempersiapkan bisnis jelang bulan Ramadan 2023, jangan hanya terpaku pada bagaimana Anda meningkatkan kualitas dan kuantitas produk saja, tapi pikirkan juga dengan strategi pengelolaan uang tunainya.

Terlebih penggunaan uang tunai di bulan puasa akan meningkat sehingga dibutuhkan proses efisien agar uang tunai yang telah Anda peroleh tidak tercecer, hilang, atau rusak akibat tidak langsung disetorkan ke rekening Anda dalam waktu cepat. Bila menyetorkannya lewat bank pun pasti membutuhkan waktu lebih lama sehingga menghambat pengelolaan arus kas.

Menjawab permasalahan tersebut, OY! Indonesia hadir dengan solusi pengelolaan uang tunai untuk bisnis. Dengan Cash Deposit Machine (CDM) atau mesin setor tunai yang dimiliki oleh OY!, Anda bisa langsung menyetorkan uang tunai kapan saja Anda mau tanpa perlu menggunakan kartu ATM, apalagi harus repot-repot ke bank.

Keuntungan lainnya, mesin setor tunai ini akan memastikan bahwa uang yang disetorkan akan langsung masuk ke rekening Anda secara real-time. Dilengkapi dengan cctv serta fitur yang dapat mendeteksi uang palsu atau uang rusak.

Fitur penghitungan uang otomatis akan memastikan nominal uang yang Anda setorkan sudah sesuai. Sekali setor Anda bisa menyetorkan hingga 17.000 lembar uang tunai dari pecahan terendah, yaitu Rp1.000 hingga pecahan tertinggi, yakni Rp100.000.

Anda pun bisa memantau riwayat transaksinya lewat dashboard OY! Bisnis sehingga memudahkan urusan pembukuan dan rekonsiliasi. Tak perlu khawatir soal keamanannya karena mesin CDM OY! berlisensi Bank Indonesia.  

Menariknya lagi Anda yang memiliki CDM bisa membukakan mesin CDM Anda ke pebisnis lainnya di sekitar daerah Anda yang ingin turut menyetorkan dananya melalui CDM. Anda akan mendapatkan pembagian hasil dari jumlah dana yang disetorkan apabila Anda membuka jaringan mesin CDM Anda.

Simak info lebih lanjut mengenai mesin setor tunai OY! di sini atau hubungi kami melalui form ini agar kami dapat menjadwalkan Anda dengan tim kami.

Itulah informasi mengenai langkah persiapan bisnis jelang Ramadan 2023. Bulan puasa yang segera tiba memang menuntut para pemilik usaha untuk mempersiapkan bisnisnya secara matang.

Sebab dengan persiapan yang tepat, Anda mempunyai peluang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan, mengembangkan bisnis, serta meraih berkah di bulan yang suci. Jangan ragu untuk mendaftarkan bisnis Anda di OY! Bisnis. Kami siap membantu Anda untuk melakukan transaksi dengan lebih mudah, cepat, dan aman.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023